JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.2 NILAI DAN GURU PENGGERAK
Alhamdulillah sudah satu bulan saya mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Dalam kesempatan kali  ini saya akan menuliskan tentang berbagai kegiatan Pendidukan Guru Penggerak modul 1.2 yang sudah saya lakukan. Dalam jurnal ini, saya menggunakan pendekatan 4F yaitu Fact, Feeling, Findings dan Future.
1. Â Â Â Â Fact
Saya mempelajari modul 1.2 mulain tanggal 7 November 2022 yaitu dimulai dari modul 1.2.a.3 Mulai diri dan eskplorasi konsep. Saya mulai belajar tentang trapesium usia. CGP mendapatkan tugas membuat trapesium usia yang bisa dilihat di link youtube berikut
Pada tanggal 8 November, saya membelajari modul 1.2.a.4 yaitu tentang Eksplorasi Konsep dimana ada 22 poin yang harus dipelajari  dimana kita harus menjawab dan meninggalkan jejak dalam tiap materi. Selain itu juga ada video materi yang harus kita tonton.
Pada tanggal 9 November 2022 modul 1.2.a.4.1 CGP mengikuti forum diskusi eksplorasi konsep dimana membahas tentang nilai Guru Penggerak di LMS dan ada pertanyaan yang harus kita jawab.
Pada tanggal 11 November 2022 adalah modul 1.2.a.5 ruang kolaborasi mandiri dimana CGP membuat kelompok dan merancang satu nilai Guru Penggerak yang dibahas. Saat itu kelompok kami menyepakati membahas nilai Guru Penggerak kolaboratif dengan kegiatan Bazar. Dan CGP harus membuat surat untuk satu teman yang dikirim melalui pesan singkat yang berisi tentang satu nilai GP yang perlu dikembangkan.
Pada tanggal 14 November 2022 modul 1.2.a.5.1 adalah presentasi ruang kolaborasi modul 1.2 dengan mempresentasikan hasil diskusi mandiri tentang nilai GP yaitu Power Point yang berisi satu nilai GP.Â
Video juga bisa di link berikut
Pada tanggal 14-15 November 2022 pada modul 1.2.a.6 kegiatan yang CGP lakukan adalah demonstrasi kontekstual dengan tugas membuat narasi yang menggambarkan kita sebagai Guru Penggerak yang sedah menjalankan peran kita sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Saya membuat video sederhana yang dapat dilihat di link berikut
Pada tanggal 18 November modul 1.2.a.7 kita mengikuti googlemeet untuk elaborasi pemahaman dengan instruktur Bapak Matheus , dan didampingi oleh fasilitator dan Pengajar Praktik yang membahas tentang tumbuh kembang anak, cara keerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, mewujudkan profil pelajar Pancasila. Ada sesi tanya jawab juga dimana berlangsung sangat seru. Â 1.2.a.8 koneksi antar materi yang dilaksanakan mandiri dengan kegiatan membuat artikel di LMS tentang kaitan modul 1.1 dan modul 1.2 dan dapat dilihat di link berikut
2. Â Â Â Â Feeling
Saat saya mengikuti Pendidikan Guru Penggerak dan mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 saya merasa ada sebuah pencerahan. Dari awalnya karena diminta Kepala Sekolah untuk ikut program ini, saya merasakan manfaatnya sehingga merubah niat saya yang berawal dari anjuran Kepala Sekolah menjadi keinginan untuk merubah diri dan keluar dari zona nyaman. Saya ingin belajar karena belajar itu sepanjang hayat. Dan setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 , saya baru memahami kenapa guru itu sangat perlu untuk mengikuti pendidikan ini.  Karena Pendidikan Guru Penggerak adalah wadah untuk belajar bagaimana kita menjadi seorang pendidik yang harus terus belajar untuk membawa perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik dan  pendidik harus mengajar serta mendidik dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Sungguh saya merasa bersyukur karena mendapat kesempatan untuk mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak.
3. Â Â Â Â Finding
Sebelum mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2, saya merasa pembelajaran yang saya lakukan sudah benar. Â Sebelumnya saya juga masih focus pada nilai bukan pada proses. Yang saya utamakan adalah ketuntasan, padahal seharusnya saya menuntun anak. Saya juga belum meminta rekan sejawat untuk melihat cara pembelajaran saya dan meminta mereka untuk memberi kritik dan saran sehingga saya tidak melakukan perbaikan. Saya juga kurang berinovasi dalam pembelajaran dan masih kurang berani mengambil langkah sebelum dapat perintah. Namun setelah mempelajari modul 1.1 dan modul 1.2 saya termotivasi dan memahami bahwa nilai-nilai GP yang dipajari dalam modul 1.2 menguatkan peran Guru Penggerak untuk membawa perubahan di sekolah.
4. Â Â Â Â Future
Aktivitas yang akan saya lakukan untuk mewujudkan nilai-nilai Guru Penggerak adalah
a. Â Â Â Â Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna
b. Â Â Â Â Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid
c. Â Â Â Â Berkolaborasi dengan teman sejawat untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa dan melakukan praktik baik
d. Â Â Â Â Mengikuti pelatihan baik offline maupun online
e. Â Â Â Â Melakukan refleksi dalam pembelajaran dan melakukan perbaikan diri
f. Â Â Â Â Â Aktif dalam organisasi sekolah seperti Gugus, IGTKI, PKG, PGRI
g. Â Â Â Â Membuat alat peraga sendirin yang interaktif
h. Â Â Â Â Membuat video pembelajaran
i. Â Â Â Â Â Kolaborasi dengan praktisi pendidikan untuk mengembangkan diri
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H