Mohon tunggu...
Yoshepina Sendra Kumala Sari
Yoshepina Sendra Kumala Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Sejarah

Meninggalkan Jejak Sejarah Lewat Tulisan Untuk Dikenang Di Masa Mendatang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sendang Sirahan sebagai Tempat Pertunjukan Ledhek Tayub

6 Juni 2021   18:30 Diperbarui: 6 Juni 2021   18:47 861
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata sendang adalah kolam/sumber air di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus. Salah satu sendang yaitu sendang Sirahan, dimana sendang ini terletak di dukuh Sirahan Rt 03/Rw 07, Kelurahan Pundungrejo, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Solo. Sendang ini dianggap para warga sebagai tempat suci dan sakral. 

Dimana sendang ini juga sangat begitu penting terhadap berlangsungnya kehidupan masyarakat dukuh Sirahan. Sebelum membahas sendangnya, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai asal usul dukuh Sirahan. 

Arti kata Sirahan dalam bahasa Jawa yaitu Sirah, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kepala. Asal usul nama dukuh Sirahan berawal dari adanya peperangan antara Bandung Bondowoso dengan Prabu Boko. Terjadinya peperangan ini diawali karena Prabu Boko sebagai raja ingin memperluas wilayah kerajaannya dan merebut kerajaan Bandung Bondowoso. Tetapi dalam pertempuran Prabu Boko berhasil dikalahkan oleh Bandung Bondowoso. Lalu kepala sang prabu dibuang jauh ke hutan belantara, di mana sekarang telah menjadi desa yang bernama Sirahan. 

Di dalam desa tersebut terdapat suatu Sendang. Sendang ini berfungsi sebagai tempat pemandian, sumber air minum, dan tempat penyelenggaraan tradisi kebudayaan setempat. Menurut salah seorang sumber yang saya wawancarai bernama Harso (81th), beliau mengatakan bahwa "Sendang tersebut merupakan peninggalan dari masa hindu-buddha. 

Pada awalnya hanya terdapat dua Sendang yaitu Sendang untuk minum dan Sendang untuk mandi para wanita. Di dalam sedang minum tersebut terdapat sebuah patung tanpa kepala yang konon katanya, sebagai penggambaran sang prabu Boko. Zaman dahulu yang diperbolehkan mandi di sendang hanya para wanita, kemungkinan para pria mandi di tepi sungai. Lalu pada zaman kolonial Belanda, dibangunlah satu sendang lagi untuk para pria. Tujuan pembangunan ini adalah untuk peninggalan dari Belanda". (Rabu, 26 Mei 2021). Berikut akan saya tampilkan gambar dari sendang yang berada di Sirahan.

Dokpri
Dokpri

Saat itu saya melakukan observasi langsung ke Sendang tersebut, dapat saya gambarkan suasana disana seperti menyimpan banyak mistis, sejuk, tenang, dan airnya sangat jernih serta segar. Tetapi kebersihan lingkungan sekitar Sendang kurang terjaga, dimana masih banyak sampah dedaunan yang mengotori Sendang tersebut. 

Untuk Sendang air minum, ada larangan khusus untuk tidak membasahi sekitar Sendang. Jadi ketika kita menimba air di Sendang tersebut, dan ingin mencuci tangan/kaki, maka saat menuangkan air tidak boleh langsung ditempat melainkan diluar Sendang. Hal ini demikian, menurut analisis saya mungkin karena Sendang itu dianggap suci dan dijaga kebersihannya. 

Dan pada gambar dapat dilihat terdapat bekas taburan bunga dan pembakaran dupa. Hal ini menunjukkan bahwa warga sekitar masih melakukan ritual mendoakan sang prabu dengan membakar dupa, demi melestarikan kebudayaan dan menjaga keamanan desa tersebut. Berkaitan dengan menjaga keamanan desa, para warga melakukan tradisi bersih desa dengan maksud agar terhindar dari berbagai bencana ataupun penyakit. Salah satu tradisi bersih desa yang tetap dilakukan hingga sekarang ialah pertunjukan ledhek/tayub. 

Dimana telah diyakini dengan melakukan tradisi bersih desa maka desa akan aman dari segala hal, dan jika tidak dilaksanakan desa tersebut akan mendapatkan suatu musibah. Pertunjukan tayub ini dilakukan di Sendang karena dianggap sebagai pusat dari desa tersebut dan tempat suci. Sehingga ketika pertunjukan ledek tayub dilakukan para warga berkumpul di Sendang tersebut. Di Sendang tersebut dibangun sebuah aula kecil atau pendopo sebagai tempat menarinya para ledhek, dan gamelan yang mengiringinya. 

Dokpri
Dokpri
Berdasarkan hasil wawancara saya dengan seorang narasumber bernama Dwiyanto (40 th), mengatakan bahwa "Tujuan dilaksanakannya pertunjukan tayub ini tidak hanya untuk tradisi bersih desa melainkan juga melestarikan kebudayaan Jawa atau nguri-nguri kabudayan Jawa (bahasa Jawa). Untuk tempat dan waktu pelaksanaannya wajib dilakukan di Sendang Sirahan dan setahun sekali tepatnya pada hari Jumat Kliwon bulan Agustus atau bisa disebut dengan rasulan. Dan tahun ini akan tetap dilaksanakan tepatnya pada bulan Agustus pada hari Jumat Kliwon, dengan tetap memenuhi protokol kesehatan. 

Seluruh proses pelaksanaan pertunjukan tayub ini dibiayai oleh  kas RT termasuk menyewa para penari, gamelan, dan membuat makanan. Secara bersama para warga bergotong-royong untuk menyelenggarakan acara tersebut, seperti menyiapkan tempat, makanan dan lainnya. Tak hanya mempertunjukkan penari, tetapi juga terdapat acara kenduri (makan bersama) atau dalam bahasa Jawa disebut dengan kondangan. Maka dari itu untuk menyiapkan makanan, biasanya proses memasak dilakukan di rumah RT setempat. Hal yang menandai proses berakhirnya pertunjukan ini adalah dengan makan bersama (kenduri)". (Minggu, 14 Maret 2021).

Maka dapat disimpulkan bahwa terselenggaranya pertunjukan tayub sangat berkaitan dengan Sendang Sirahan. Di mana Sendang ini sebagai tempat suci desa tersebut. Sesuai dengan tujuan dilakukannya pertunjukkan tayub adalah untuk tradisi bersih desa atau menjaga keamanan desa dari segala hal. Bahkan sekaligus dapat digunakan sebagai media dalam melestarikan kebudayaan Jawa dan menjaga silaturahmi sesama warga desa Sirahan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun