Mohon tunggu...
M Yusuf Is
M Yusuf Is Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Sosialisator Penggerak Literasi Nasional 2022

Menulis itu ibarat makanan yang terserap dalam tubuh dan menjadi energi yang dahsyat dalam bertindak, Jangan ragu-ragu untuk memberikan yang terbaik. __Tulisan mempunyai hak cipta__ Contact : 085362197826 FB : Muhammad Yusuf Ismail Ar-Rasyidi Tweeter : @ismayusuf Email : Ismailyusuf8@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Lampor Terbang (Bagian 1)

31 Januari 2022   21:46 Diperbarui: 31 Januari 2022   21:53 613
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar | tribun jogja

Malam agak dingin, jalanan lorong belum di pasang penerangan seperti jalan setapak lain di desa itu. Pepohonan tumbuh rimbun di kiri kanan sayap jalan, sesekali bulan sabit terlihat di pucuk pohon pinang seakan ingin menyayat-nyayatnya.

Seperti biasa, Tona, Remon dan Osep keliling desa dahulu sebelum naik ke pengajian. Saatnya malam itu melalui jalanan rabat beton yang di cor kiri kanan badan jalan dengan sepeda mereka masing-masing.

Setiba di persimpangan tiga jalan, Mereka berhenti si Osep menoleh ke kanan ke arah pohon Ketapang besar yang tumbuh subur di perkuburan dan tak sanggup tangan orang dewasa jika memeluknya karena saking besarnya pohon itu.

Tiba-tiba si Osep terkejut dan melaju cepat sepedanya ke arah kiri, berjarak lima belas meter mereka berhenti lagi, si Osep merasa terengah-engah.

Lalu tanya si Remon, ehh ...Sep apa kau kek gitu ? Asep juga balik tanya, jadi kau juga kek gitu, kenapa ? 

Mereka saling berpandangan, seperti ada sesuatu yang baru terjadi.

Sejurus kemudian Asep menjawab, aku melihat seperti hitam melayang diatas, tapi aku tak tahu itu apa Mon.

Wah,,kok sama Sep, jawab Remon.

"Aku juga barusan kek gitu juga, kayak ada sesuatu yang melayang berayun di udara seukuran papan, kalau burung kelelawar bukan juga, karena besar ukurannya."

Lalu mereka mengayuh sepeda secepatnya, tiba-tiba rantai gear sepeda Osep putus, lalu Osep terus berusaha lari secepatnya dalam gelap, tanpa alas kaki lagi.

Sepeda Osep ditinggal begitu saja di jalanan setapak itu. 

-------------------------

Selang beberapa menit sampailah mereka ke jalan yang lebih bagus dan Osep tanpa sepedanya lagi, dan disana lampu jalan pun sudah terpasang di kiri kanan jalan. Tak ada yang takutinya lagi.

Lalu Remon bertanya pada si Osep, gimana sepeda mu itu Sep ? Yahh begitu lah Mon,,,,jawab Osep sambil terengah engah,, 

Osep : mau gimana lagi ? Balik pun tak mungkin, orang lagi takut pun.

Kata Remon : jangan gitu lah, itu sepeda Acun kau pinjam.., 

Osep : Iyah tahu lahh.., gimana kamu aja yang ambil aku bayarin 500 rupiah.

Dijalan, hampir sampai di pasar mereka terus berdebat satu sama lain, tentang sepeda yang ditinggalkan si Osep, si Tona diam saja tak banyak ikut campur malam itu. 

Si Osep sampai-sampai berani membayar si Remon untuk mengambil sepeda tersebut......

(bersambung......)

(YS)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun