Mohon tunggu...
Yesi Hendriani Supartoyo
Yesi Hendriani Supartoyo Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Panca PRIMA, Layanan Unggulan Jaringan PRIMA Mendukung Transaksi Non Tunai

18 Juni 2019   16:56 Diperbarui: 18 Juni 2019   17:07 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bank Indonesia melalui Program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), telah merumuskan pelbagai upaya elektronifikasi, tanpa terkecuali dalam transaksi finansial. Serta, terdapat pula kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) diantaranya melalui transaksi Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK). 

Transaksi APMK tersebut terdiri dari transaksi kartu kredit dan kartu debit maupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Selain itu, uang elektronik menjadi salah satu penunjang transaksi non tunai.

PT. Rintis Sejahtera (RINTIS) yang berdiri sejak tahun 1991 dipimpin oleh Bapak Iwan Setiawan selaku President Director, lantas ditunjuk oleh Bank Indonesia untuk membantu dalam pengembangan dan implementasi GPN pada tahun 2017 silam. 

Sesuai dengan visinya "To become the most admired and valuable electronic financial transaction solution provider in Indonesia" dengan mengusung misi "To honorably serve and enrich our Stakeholders' life". Maka, nilai yang terkandung dari perusahaan dan jaringan tersebut adalah: Placing the interest of the one we serve first; Renew our commitment for outstanding quality in everything we do on daily basis; Inspire, innovate and empower teamwork; Make triumph happens; A continous quest for the highest standard of integrity in everything we do.

Rekam jejak perusahaan RINTIS di bidang keuangan selang 28 tahun antara lain: Pada tahun 2000, PT. Rintis Sejahtera berdiri sebagai perusahaan EFT Switching yang melayani jaringan transaksi keuangan elektronik di Indonesia; Pada tahun 2010, PT. Rintis Sejahtera meluncurkan layanan Payment Solution dan transaksi internasional; Pada tahun 2015, PT. Rintis Sejahtera memperkenakan layanan Top-Up uang elektronik dan terkoneksi dengan jaringan APN; Lalu, pada tahun 2017, PT. Rintis Sejahtera membantu dalam pengembangan dan implementasi GPN secara nasional.

Jaringan PRIMA merupakan layanan switching yang dikelola oleh PT. Rintis Sejahtera sejak tahun 2000 silam. Jaringan PRIMA didukung dengan web-based complaint handling system yang efektif dan efisien. Produk yang dimiliki oleh PT. Rintis Sejahtera melalui Jaringan PRIMA yang selanjutnya secara disclaimer saya sebut sebagai "Panca PRIMA" antara lain: PRIMA ATM, PRIMA Debit, PRIMA Payment Solution, Transaksi Internasional, dan Top-Up Uang Elektronik. Jaringan PRIMA secara publik memberikan kemudahan transaksi untuk beragam kebutuhan.

Sebagai konsumen, saya merasakan kemudahan yang semakin berarti pasca diresmikannya kerjasama Jaringan ATM Prima dengan pelaku industri Go-Jek pada tahun 2017 silam. PT. Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan ATM PRIMA dan payment gateway Bersama PT. Go-Jek Indonesia meresmikan kerjasama model bisnis Payment Aggregator dengan layanan Top-Up Go-Pay Customer. Berkenaan dengan hal tersebut, Jaringan PRIMA berkomitmen untuk mendukung strategi Go-Jek dalam meningkatkan layanan transaksi elektronik pengguna aplikasi Go-Jek secara aman, efisien dan dengan tingkat layanan yang tinggi. Hal ini menjadi salah satu wujud kontribusi guna mendukung gerakan cashless society.

dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
dok: pribadi
dok: pribadi
Per Januari 2019, PT. Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan PRIMA juga telah meresmikan kemitraan Jaringan PRIMA dengan 14 mitra bank guna mendukung Program GPN -- Bank Indonesia berupa model bisnis Jaringan PRIMA ATM dan PRIMA Debit. Jaringan PRIMA berkomitmen mendukung kebijakan GPN oleh Bank Indonesia demi terwujudnya interkoneksi dan interoperabilitas ekosistem pembayaran. Jaringan PRIMA mengembangkan berbagai inovasi produk pembayaran berupa kartu maupun digital untuk terus meningkatkan layanan Jaringan PRIMA. Kemudahan bertransaksi dengan menggunakan Jaringan PRIMA dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup di zaman kini menjadi aspek penting.

dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
PRIMA ATM merupakan produk dari Jaringan PRIMA yang memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah mitra bank PRIMA ATM untuk keperluan transaksi tarik tunai, cek saldo dan transfer dana antar bank di seluruh mesin ATM berlogo PRIMA. Keunggulan yang dimiliki oleh PRIMA ATM adalah: Kemudahan dan kenyamanan transaksi ATM di seluruh Indonesia; Transaksi transfer dana antar bank diproses secara real time online (24 jam non-stop); Terhubung dengan lebih dari 80 bank di Indonesia; Memiliki lebih dari 120 ribu jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia; dan, Efisiensi waktu bagi nasabah mitra bank ATM PRIMA.

Sebagai nasabah Bank BNI, saya merasa terbantu dan memiliki kemudahan dalam bertransaksi. Mengingat PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk merupakan salah satu mitra Bank BUMN dalam Jaringan PRIMA ATM dengan kode bank 009. Ketersediaan Jaringan PRIMA ATM untuk Bank BNI juga sangat banyak dan tersebar merata. Sehingga saya tidak pernah merasa kesulitan untuk menemukan Jaringan PRIMA ATM tersebut baik berupa fasilitas setor tunai maupun tarik tunai.

dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
PRIMA Debit menjamin tersedianya kemudahan transaksi pembayaran elektronik yang aman, berkualitas dan efisien pada semua mesin EDC yang terdapat di seluruh Indonesia. PRIMA Debit merupakan produk Jaringan PRIMA yang selaras dengan kebijakan GPN oleh Bank Indonesia. PRIMA Debit bersinergi dengan Proram GPN untuk memberikan kemudahan bertransaksi non tunai di seluruh Indonesia melalui kartu ATM/Debit guna melakukan transaksi pembayaran di semua mesin EDC.

Kemudahan yang saya peroleh ialah kemudahan dalam bertransaksi semisal ketika belanja dan melakukan pembayaran secara non tunai dengan menggunakan kartu debit berlogo Jaringan PRIMA. Saya dapat bertransaksi di semua mesin EDC bank seluruh Indonesia (tanpa kena potongan sepeser pun alias bebas biaya oleh merchant!). Berkat Jaringan PRIMA Debit, saya memperoleh kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja.

dok: pribadi
dok: pribadi
PRIMA Payment Solution memberikan kemudahan pembayaran online untuk seluruh nasabah mitra bank Jaringan PRIMA melalui channel ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Teller, dan PPOB yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA. Keunggulannya antara lain: Transaksi diproses secara real time online; Beragam channel pembayaran di lebih dari 20 mitra bank Jaringan PRIMA; Telah terhubung di lebih dari 88 mitra biller dengan latar belakang bisnis yang beragam; dan Telah terhubung di lebih dari 20 Collecting Agent (bank dan non-bank) yang telah terkoneksi dengan PRIMA Payment Solution.

dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
Kemudahan yang saya peroleh melalui Jaringan PRIMA Payment Solution diantaranya di bidang transportasi, karena Bank BNI (ATM) merupakan mitra Biller diantaranya untuk maskapai Sriwijaya Air. Semisal, pada pekan lalu saya dan suami memesan tiket pesawat Sriwijaya Air rute Manado -- Sorong. Berkat Jaringan PRIMA Payment Solution, saya memperoleh fasilitas dalam bertransaksi berupa ketepatan waktu dan kemudahan pembayaran tiket penerbangan tersebut.

dok: jaringanprima.co.id
dok: jaringanprima.co.id
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Transaksi Internasional melalui Jaringan PRIMA memberikan kemudahan bagi para nasabah mitra bank Jaringan PRIMA saat berada di luar negeri untuk dapat melakukan transaksi Tarik Tunai dan Cek Saldo pada jaringan ATM yang berlogo MEPS (Malaysia), ATM Pool (Thailand), dan EXK (Korea Selatan).

Selain itu, Jaringan PRIMA juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi skala internasional. Semisal, pengalaman saya dalam perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia dan Bangkok, Thailand tempo hari. Sepanjang perjalanan saya merasa tenang karena tidak perlu khawatir kehabisan uang ataupun kesulitan memperoleh akses untuk melakukan transaksi. Hal ini dikarenakan jaringan PRIMA telah bersinergi dengan ATM berlogo MEPS dan ATM Pool yang memberikan kemudahan kepada para wisatawan dalam melakukan transaksi keuangan tanpa perlu khawatir perjalanannya terganggu.

dok: pribadi
dok: pribadi
Top-Up Uang Elektronik melalui Jaringan PRIMA memberikan kemudahan transaksi isi ulang semisal uang elektronik Flazz dengan menggunakan kartu debit mitra bank ATM PRIMA. Jaringan PRIMA telah menghubungkan berbagai bank dengan uang elektronik Flazz untuk kemudahan pengguna. Keunggulannya ialah: Transaksi diproses secara real time online; Proses isi ulang saldo uang elektronik lebih mudah; Isi ulang saldo dapat menggunakan sumber dana bank lain yang merupakan mitra bank ATM PRIMA; dan Biaya transaksi yang kompetitif.


Akhir kata, Jaringan PRIMA benar-benar memberikan layanan prima baik berupa layanan ATM, Debit, Pembayaran, Transaksi maupun Top-Up uang elektronik. Mitranya pun sangat beragam dengan bidang bisnis yang bervariasi. Jaringan PRIMA tidak hanya mengakomodir perbankan umum (4), melainkan juga perbankan Syariah (10) dan bank swasta nasional (48) serta Bank Pembangunan Daerah (17). Yuk, pakai PRIMA. Mudah, kok!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun