Bank Indonesia melalui Program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), telah merumuskan pelbagai upaya elektronifikasi, tanpa terkecuali dalam transaksi finansial. Serta, terdapat pula kebijakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) diantaranya melalui transaksi Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK).Â
Transaksi APMK tersebut terdiri dari transaksi kartu kredit dan kartu debit maupun Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Selain itu, uang elektronik menjadi salah satu penunjang transaksi non tunai.
PT. Rintis Sejahtera (RINTIS) yang berdiri sejak tahun 1991 dipimpin oleh Bapak Iwan Setiawan selaku President Director, lantas ditunjuk oleh Bank Indonesia untuk membantu dalam pengembangan dan implementasi GPN pada tahun 2017 silam.Â
Sesuai dengan visinya "To become the most admired and valuable electronic financial transaction solution provider in Indonesia" dengan mengusung misi "To honorably serve and enrich our Stakeholders' life". Maka, nilai yang terkandung dari perusahaan dan jaringan tersebut adalah: Placing the interest of the one we serve first; Renew our commitment for outstanding quality in everything we do on daily basis; Inspire, innovate and empower teamwork; Make triumph happens; A continous quest for the highest standard of integrity in everything we do.
Rekam jejak perusahaan RINTIS di bidang keuangan selang 28 tahun antara lain: Pada tahun 2000, PT. Rintis Sejahtera berdiri sebagai perusahaan EFT Switching yang melayani jaringan transaksi keuangan elektronik di Indonesia; Pada tahun 2010, PT. Rintis Sejahtera meluncurkan layanan Payment Solution dan transaksi internasional; Pada tahun 2015, PT. Rintis Sejahtera memperkenakan layanan Top-Up uang elektronik dan terkoneksi dengan jaringan APN; Lalu, pada tahun 2017, PT. Rintis Sejahtera membantu dalam pengembangan dan implementasi GPN secara nasional.
Jaringan PRIMA merupakan layanan switching yang dikelola oleh PT. Rintis Sejahtera sejak tahun 2000 silam. Jaringan PRIMA didukung dengan web-based complaint handling system yang efektif dan efisien. Produk yang dimiliki oleh PT. Rintis Sejahtera melalui Jaringan PRIMA yang selanjutnya secara disclaimer saya sebut sebagai "Panca PRIMA" antara lain: PRIMA ATM, PRIMA Debit, PRIMA Payment Solution, Transaksi Internasional, dan Top-Up Uang Elektronik. Jaringan PRIMA secara publik memberikan kemudahan transaksi untuk beragam kebutuhan.
Sebagai konsumen, saya merasakan kemudahan yang semakin berarti pasca diresmikannya kerjasama Jaringan ATM Prima dengan pelaku industri Go-Jek pada tahun 2017 silam. PT. Rintis Sejahtera selaku pengelola Jaringan ATM PRIMA dan payment gateway Bersama PT. Go-Jek Indonesia meresmikan kerjasama model bisnis Payment Aggregator dengan layanan Top-Up Go-Pay Customer. Berkenaan dengan hal tersebut, Jaringan PRIMA berkomitmen untuk mendukung strategi Go-Jek dalam meningkatkan layanan transaksi elektronik pengguna aplikasi Go-Jek secara aman, efisien dan dengan tingkat layanan yang tinggi. Hal ini menjadi salah satu wujud kontribusi guna mendukung gerakan cashless society.
Sebagai nasabah Bank BNI, saya merasa terbantu dan memiliki kemudahan dalam bertransaksi. Mengingat PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk merupakan salah satu mitra Bank BUMN dalam Jaringan PRIMA ATM dengan kode bank 009. Ketersediaan Jaringan PRIMA ATM untuk Bank BNI juga sangat banyak dan tersebar merata. Sehingga saya tidak pernah merasa kesulitan untuk menemukan Jaringan PRIMA ATM tersebut baik berupa fasilitas setor tunai maupun tarik tunai.
Kemudahan yang saya peroleh ialah kemudahan dalam bertransaksi semisal ketika belanja dan melakukan pembayaran secara non tunai dengan menggunakan kartu debit berlogo Jaringan PRIMA. Saya dapat bertransaksi di semua mesin EDC bank seluruh Indonesia (tanpa kena potongan sepeser pun alias bebas biaya oleh merchant!). Berkat Jaringan PRIMA Debit, saya memperoleh kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja.
Selain itu, Jaringan PRIMA juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi skala internasional. Semisal, pengalaman saya dalam perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia dan Bangkok, Thailand tempo hari. Sepanjang perjalanan saya merasa tenang karena tidak perlu khawatir kehabisan uang ataupun kesulitan memperoleh akses untuk melakukan transaksi. Hal ini dikarenakan jaringan PRIMA telah bersinergi dengan ATM berlogo MEPS dan ATM Pool yang memberikan kemudahan kepada para wisatawan dalam melakukan transaksi keuangan tanpa perlu khawatir perjalanannya terganggu.
Akhir kata, Jaringan PRIMA benar-benar memberikan layanan prima baik berupa layanan ATM, Debit, Pembayaran, Transaksi maupun Top-Up uang elektronik. Mitranya pun sangat beragam dengan bidang bisnis yang bervariasi. Jaringan PRIMA tidak hanya mengakomodir perbankan umum (4), melainkan juga perbankan Syariah (10) dan bank swasta nasional (48) serta Bank Pembangunan Daerah (17). Yuk, pakai PRIMA. Mudah, kok!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H