Mohon tunggu...
Yesi Hendriani Supartoyo
Yesi Hendriani Supartoyo Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Trace&Tracking: Terobosan "Supply Chain" Jalur Nugraha Ekakurir Tepis Moral Hazard

8 November 2014   15:35 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:19 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pertama-tama, ucapan terimakasih sebesar-besarnya saya haturkan kepada Bapak H. Soeprapto Suparno selaku pendiri perusahaan. JNE mungkin tidak akan setenar sekarang tanpa perjuangan dan kerja keras beliau. Tak terasa telah 24 tahun lamanya JNE melayani para pelanggan setia. Usia yang terbilang cukup matang untuk berekspansi. Tak heran JNE kerap menjadi pilihan terbaik karena sejalan dengan visi perusahaan yaitu menjadi Perusahaan Rantai Pasok Global Terdepan di DUNIA. Misi yang diemban pun dilaksanakan dengan sepenuh hati yaitu Memberi Pengalaman Terbaik kepada Pelanggan Secara Konsisten. Serta tak luput memegang nilai-nilai dasar berupa jujur, disiplin, tanggung jawab dan visioner sehingga mampu mengantarkan JNE ke pintu gerbang kejayaan 24 tahun lamanya. Mungkin sedikit berbagiself experience selama menjadi pelanggan JNE, yang kerap kali saya gunakan sebagai salah satu pilihan ekspedisi pengiriman barang terbaik khususnya untuk online shopsaya dalam rangka meluaskan jangkauan usaha sejak 2011 silam. JNE menjadi pilihan karena prosesnya sangat mudah dengan waktu pengiriman yang sangat efisien dan dapat dikondisikan sesuai kebutuhan. Proses pengiriman barang ke konsumen menuntut tingkat keefisienan dan keefektifan yang tinggi. Hal ini semata-mata demi memberi kepuasan kepada para konsumen. Tak pelak saya membutuhkan perusahaan ekspedisi yang bisa memenuhi semua kebutuhan saya demi memuaskan konsumen dan untungnya JNE mampu memenuhi itu semua. Terimakasih, JNE!

Online shop yang saya geluti semenjak 2011 silam sejak masih berada di Manado sering menggunakan layanan JNE dimana jaringannya di Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado terdiri dari 1 cabang dan memiliki 3 agen.

[caption id="attachment_373179" align="aligncenter" width="549" caption="Sumber: jne.co.id"][/caption]

Selain melakukan pengiriman barang melalui JNE (untuk usaha online shop yang saya geluti), saya juga kerapkali melakukan belanja onlinedan memposisikan diri sebagai konsumen yang ingin terlayani secara puas. Seperti tempo hari, saya belanja online melalui hijabenka/berrybenka dan ternyata mereka berpartner dengan JNE sebagai pilihan tim ekspedisi.


[caption id="attachment_373184" align="aligncenter" width="406" caption="Online shop melalui partner ekspedisi JNE"]

1415408025579201611
1415408025579201611
[/caption]

Maka, dengan mudahnya saya dapat mengetahui status pesanan saya melalui website JNE dengan memasukkan Airway Bill pada kolom yang tersedia, seperti tampak di bawah ini:


[caption id="attachment_373185" align="aligncenter" width="607" caption="Trace and Tracking"]

1415408105597528426
1415408105597528426
[/caption]

Selanjutnya, akan muncul hasil berupa STATUS pengiriman barang kita.

[caption id="attachment_373187" align="aligncenter" width="620" caption="Tracking status ON PROCESS"]

14154082061490364591
14154082061490364591
[/caption]

Selang sehari setelah saya mengecek status pengiriman barang pesanan saya, eh keesokan harinya barang sudah tiba dengan selamat, tak kurang sesuatu apa pun. Dan saya cek kembali statusnya di website JNE, jne.co.id benar saja, statusnya telah berubah :)

[caption id="attachment_373188" align="aligncenter" width="520" caption="Tracking status DELIVERED"]

14154083871817435784
14154083871817435784
[/caption]

Informasinya sangat lengkap! Melalui kolom Tracking ini, kita bisa mengecek status kita beserta pengiriman pesanan barang kita lengkap dengan nama, alamat tujuan, tanggal penerimaan, diterima oleh siapa dan statusnya apa. Alhamdulillah barang pesanan saya tiba dengan selamat melalui pengiriman reguler, diterima oleh Pak Uci (penjaga kosan) pada tanggal 6 November lengkap dengan jam nya yaitu pukul 5 sore.

Pola Tracking seperti ini tentu memudahkan dan meningkatkan kepercayaan konsumen baik terhadap perusahaan online itu sendiri maupun perusahaan ekspedisi. Sekali lagi terimakasih JNE, sepertinya misinya benar-benar tersampaikan untuk memberi pengalaman terbaik secara konsisten kepada konsumen. Semoga saja kedepannya semakin konsisten pula dalam melayani dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasarnya. Selamat menempuh perjalanan seperempat abad. Sukses!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun