Mohon tunggu...
Yesi RatnaLestari
Yesi RatnaLestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa di universitas pamulang dengan jurusan manajemen yang memiliki semangat yang tinggi untuk terus belajar dan berkembang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Business Leadership "The Next Boba"

30 Juni 2024   10:31 Diperbarui: 30 Juni 2024   10:38 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Minuman boba merupakan produk yang sangat populer di kalangan masyarakat dan bahkan saat ini menjadi salah satu gaya hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari -- hari. Market minuman boba sangat besar baik untuk perempuan atau laki -- laki, mulai dari anak -- anak, remaja sampai dewasa. 

The next boba dengan konsep boba kafe meimiliki visi untuk menjadi kedai minuman boba terbaik dari indonesia. The next boba memiliki tampilan boba yang unik dengan tekstur yang sangat lembut, chewy dan memiliki rasa yang khas serta lebih sehat dikarenakan menggunakan bahan -- bahan yang premium. 

Selain itu the next boba juga memiliki komitmen untuk menyajikan "FRESH BOBA EVERYDAY" dimana kualitas boba yang disajikan selalu freshly cooked agar menjaga kepuasan konsumen dan membuat konsumen mendapatkan experience yang berbeda dalam minuman boba.

CORE VALUE THE NEXT BOBA

* Produk Berkualitasi

* Kepuasan Konsumen

* Bahan Baku Premium

* Hygiene & Food Safety

* Inovasi & Development

* Management Professional

SITUATION ANALYSIS

Fokus The Next Boba adalah menjaga produk tetap segar. Kami memiliki usaha bisnis

di daerah Sentul, Bogor. The next boba memfokuskan upaya pada penerapan strategi, program, dan taktik yang diuraikan dalam rencana bisnis asli. Membedakan diri dari kafe tradisional lainnya dan kopi ataupun teh, kami membuat membuat gelembung (BOBA) kami setiap 3 jam, jadi bisa dikatakan bahwa setiap minuman dibuat sesuai pesanan baru ditempat. Waktu kami didedikasikan untuk memberikan rasa otentik disetiap cup atau gelas.

Layanan teknologi telah meningkat dan memainkan peran utama dalam setiap bisnis. Dengan bantuan layanan internet dan demografi bermanfaat lainnya, 

The Next Boba akan mencoba untuk fokus pada tujuan dari rencana pemasarannya yaitu untuk Memperluas dan memperkenalkan kesadaran akan merek The Next Boba kepada konsumen, serta Berencana untuk menarik lebih banyak pelanggan untuk memilih merek The Next Boba.

Latar Belakang

BAB I PENDAHULUAN

Minuman Boba merupakan salah satu jenis minuman kekinian yang saat ini banyak bermunculan di tengah masyarakat indonesia. Minuman boba pertama kali ditemukan ditaiwan pada tahun 1980. Minuman ini mirip dengan teh tarik, yaitu campuran susu dan pilihan gula yang dipercantik dengan topping bola-bola tapioka. 

Bola-bola yang menyerupai gelembung menjadi identitas awal dari nama bubble. Topping pada bubble tersebut merupakan produk olahan tapioka yang umumnya berwarna hitam dan berbentuk bulat seperti bola dengan tekstur yang kenyal, bisasanya berdiameter 2-8 mm. Bubble yang belum dimasak mempunyai tekstur yang keras, tetapi jika sudah dilakukan pemasakan akan menjadi menjadi translusent dan kenyal serta lembut.

Tekstur boba yang kenyal menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar minuman manis. Bahan utama boba adalah tepung tapioka atau tepung singkong. Tapioka tidak mempunyai rasa, namun rasa manis pada boba diperoleh dari gula atau madu yang sengaja ditambahkan sebelum disajikan. 

Pada boba yang biasanya digunakan sebagai topping hanya mengandung karbohidrat dan kalori. Pada 50 gram boba terkandung energi sebanyak 181 kkal. Saat ini The Next Boba dikembangkan dengan menambahkan susu sehingga berubah nama menjadi bubble milk tea. 

Di indonesia boba (tapioca pearl) digunakan sebagai isian minuman modern seperti milk tea, smoothie, teh, kopi, jus yang dapat ditemukan pada kedai-kedai minuman di pusat perbelanjaan dengan nama dan brand tersendiri, misalnya chatime, quickly bubble tea, calais-artisan bubble tea & coffe, presotea, thai tea, xie xie boba, xi bo ba, kam-si boba, dan lainnya.

Sementara pada minuman tradisional Indonesia, boba sebagai isian minuman sudah dilakukan sejak lama namun lebih dikenal dengan nama pacar cina atau biji mutiara. Pacar cina atau biji mutiara ini sering ditemukan pada minuman sekoteng, es campur, es doger, kolak, bubur sumsum, dan bubur mutiara. 

Tidak seperti isian pada minuman modern yang cenderung berbentuk bulat dan berdiameter sama, mutiara tapioka dalam minuman tradisional lebih bervariasi dalam hal bentuk dan diameternya. Biji mutiara atau pacar cina dalam minuman tradisional Indonesia bisa ditemukan dalam bentuk persegi panjang. Selain digunakan sebagai isian minuman, saat ini boba

juga dikembangkan ke dalam makanan seperti Boba Pan dari Ban Ban Cheese Tea yang merupakan roti french toast yang dilumuri dengan real cream cheese dan boba, Boba Cake, kue kering boba, pancake boba, es krim boba dan lain lain.

2. Visi dan Misi Usaha

a. Visi

Menghadirkan konsep minuman kekinian yang lezat namun tetap memperhatikan

kualitas serta kandungan didalamnya dengan harga terjangkau.

b. Misi

1) Menghadirkan cita rasa bubble milkyang bervariasi sesuai dengan selera masyarakat.

2) Menyajikan bubble milk dengan bahan yang berkualitas serta terjangkau bagi masyarakat.

3) Menyajikan bubble milk yang berbeda dari pesaing lainnya.

4) Menyajikan bubble milk yang segar, higienis dan rendah kalori.

5) Menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal yang utama dalam setiap pelayanan

yang diberikan.

3. Analisis Produk

The Next Boba ini merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang kuliner, khususnya pada minuman. Produk yang ditawarkan The Next Boba ini merupakan minuman seperti drink milk dan jus. Minuman ini memiliki banyak varian rasa seperti Dalgona Coffe, Taro, Oreo, Vanilla, Milo, Smoothies Strawberry, Premium Redvelvet, Premium Ovaltine, Premium Matcha, Premium Boba Milk Brownsugar, Avocado Choco, dan lainnya. 

Usaha bubble milk ini sendiri awalnya ditemukan di Taiwan, dan bukan merupakan usaha baru di sentul, bogor. Kehadiran The Next Boba ini dipicu oleh keinginan pemilik untuk menambah pilihan produk bubble milk yang ada pada saat ini, dengan menghadirkan menu-menu yang belum ditawarkan oleh pesaing dan mengubah pola konsumsi masyarakat dari soft drink berkarbonasi menjadi minuman yang lebih menyehatkan untuk tubuh.

The Next Boba ini memasarkan produknya dengan mempergunakan media cetak, media sosial, dan strategi mout to mout. Pada aspek keuangan, The Next Boba dinyatakan layak usahanya dengan menggunakan metode-metode payback period, dan BEP. Mengembangkan dan menuangkan inovasi dalam bidang kuliner agar lebih menarik dan populer. Usaha ini memiliki profit yang menjanjikan dalam jangka panjang. 

The Next Boba ini memiliki kelebihan dibanding dengan produk yang serupa dipasaran, dimana the next boba ini fokus pada bahan-bahan berkualitas, rasa yang inovatif, juga pelayanan pelanggan yang sangat baik. Selain itu juga minuman the next boba ini terbuat dari bahan-bahan premium yang diracik menggunakan gula aren tanpa pemanis buatan sehingga menghasilkan citra rasa yang berbeda dengan minuman bubble milk lainnya yang ada dipasaran saat ini.

4. Analisis Usaha

A. Analisis SWOT

* Strength (Kekuatan)

1) Minuman ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.

2) Sedikitnya pesaing yang memproduksi minuman ini dengan bentuk boba yang

unik.

3) Terdapat banyak varian rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa seusai dengan rasa yang diinginkan dan konsumen dapat memilih rasa yang lain ketika hendak membeli agar tidak bosan.

4) Design kemasan yang digunakan cukup menarik dengan gambar serta nama usaha ini.

5) Proses pembuatan cepat dan mudah sehingga konsumen tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu.

* Weakness (Kelemahan)

1) Permintaan konsumen yang menurun ketika sedang musim penghujan.

2) Banyaknya pesaing yang juga menjual minuman di sekitar tempat usaha ini.

* Opportunities (Peluang)

1) Melihat masyarakat yang antusias terhadap minuman bubble, usaha ini dapat

berkembang dengan cepat.

2) Pemilihan tempat yang strategis salah satunya di sekitar area kampus, karena salah satu dari peminat minuman ini ialah dari kalangan mahasiswa.

3) Penggunaan bentuk unik pada bubble dan banyaknya varian rasa disini juga dapat menarik minat masyarakat.

* Threath (Ancaman)

1) Munculnya produk pesaing minuman ini dengan merek lain.

2) Terdapat pesaing yang juga membuka usaha yang sama di area sekitar dengan penawaran yang lebih menarik.

3) Konsumen yang sudah bosan dengan varian rasa yang telah tersedia.

4) Kurangnya faisilitas serta kenyamanan tempat untuk konsumen.

5. Analisis Produksi

Tren minuman boba sangat merajalela karena cocok dengan lidah orang Indonesia. Tekstur boba yang kenyal menghadirkan suatu konsep minuman yang fresh dikalangan masyarakat, khususnya anak-anak muda. Selain itu, segelas minuman boba pun cukup mengenyangkan perut di tengah kepadatan aktivitas anak-anak muda sehari- hari. 

Hal itu akhirnya menjadi nilai tambah yang dilirik oleh mereka. Tak hanya dari segi rasa, added value dari segelas minuman boba pun berperan penting sebagai salah satu faktor berkembangnya bisnis minuman boba di Indonesia. Added value yang dimaksud adalah nilai yang ditambahkan pada suatu produk, seperti life style, prestise, atau faktor kekinian di lingkungan. 

Generasi milenial dan generasi Z rela menghabiskan uang mereka demi mengikuti tren yang kekinian tersebut.Jadi, kita cari minuman boba bukan karena kita haus, tetapi karena value minuman itu dianggap keren. Usaha minuman boba mungkin memiliki product life cycle yang cukup cepat karena termasuk dalam sektor minuman. Daur hidup produknya itu bergerak sangat cepat sehingga mungkin tren tersebut tidak akan bertahan dalam waktu yang lama .

Namun, untuk yang ingin membuka bisnis minuman boba dalam waktu dekat, ia mengatakan supaya tidak perlu takut untuk mengambil tantangan tersebut. 

Dengan kondisi demografi Indonesia yang sangat luas, masih banyak pasar yang belum dijangkau.Seperti Usaha The Next Boba yang saya jalankan walaupun lokasi bisa dibilang tidak terlalu ke kotatetapi terbukti bahwa profit The Nxet Boba sangat menjanjikan jika ditekuni lebih lama. 

Usaha ini hanya memerlukan ketlatenan karena tidak sulit untuk menjalankan usahanya. Perkembangan Minuman Boba saat ini cukup pesat tetapi dengan berbagai cirri khas dan keunikan tersendiri usaha Minuman boba ini masih minim pesaing tentunya hal ini menjadi point plus untuk menjalankan usaha The Next Boba.

6. Analisis Pasar

a. SosialMedia

Berkembangnya teknologi membuat pekerjaan semua orang menjadi lebih

mudah dilakukan, termasuk dalam urusan pemasaran minuman boba. Dulu cara paling mudah mempromosikan suatu produk yaitu dengan memasang iklan baris dikoran, menyebarkan brosur dan pamflet, dan memasang baliho.Saat ini cara-cara tersebut sudah jarang dilakukan karena sebagian besar pelaku usaha baik yang berskala kecil hingga besar lebih memilih menggunakan strategi digital marketing. 

Strategi pemasaran minuman boba menggunakan digital marketing yang paling murah dan mudah yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Di zaman seperti sekarang siapa yang tidak punya akun media sosial? 

Sebagian besar masyarakat di Indonesia mulai dari remaja hingga dewasa pasti memiliki akun media sosial pribadi. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kinerja pemasaran pada usaha boba ini.Bisa juga dengan membuat akun Instagram yang berisi usaha minuman The Next Boba ini dan serta hastag yang berkaitan di setiap postingan yang dibuat.

b. Membangun Komunikasi dan Pelayanan yang baik dengan Pelanggan

Pelayanan dan tutur kata yang dilontarkan oleh penjual yang kurang baik akan menimbulkan rasa kesal terhadap konsumen. Rasa kekesalan tersebut akan berujung dengan rasa tidak ingin lagi membeli di tempat tersebut. Sebab itu penjual harus dengan sabar dan sopan melayani para pelanggannya. 

Jika hal tersebut diabaikan dapat dipastikan usaha yang dijalankan tersebut tidak bisa bertahan lama. Ketika terjadi kendala atau masalah sebaiknya dikomunikasikan dengan baik-baik kepada pelanggan, agar mereka tidak salah paham dengan sikap Anda. Pelayanan prima berpengaruh signifikan terhadap prilaku konsumen,karena jika merasa nyaman maka

konsumen akan balik lagi untuk membeli.

c. Membuat Postingan yang menarik di Media Sosial untuk menarik Pelanggan

Setelah memilih strategi pemasaran minuman boba menggunakan media sosial, hal yang harus dipikirkan adalah membuat postingan yang menarik. Jika hanya membuat postingan tentang penawaran barang saja mungkin semua orang bisa melakukannya. Tapi postingan yang demikian akan kurang mendapat attention dari target pelanggan. 

Maka perlu menjadi copywriter dadakan untuk membuat postingan dagangan menjadi lebih menarik dan dilihat banyak orang. Mengusahakan Foto minuman boba yang ditawarkan harus terlihat menarik, dengan foto dagangan yang estetik mungkin agar terlihat lebih menggugah selera.Karena sebagian besar sasaran usaha ini adalah pengguna media social tentu cara ini efektif untuk menambah profit penjualan dan pemasaran produk.

7. Analisis Sumber Daya Manusia

Dalam usaha minuman boba yang dijalankan, saya dibantu dengan kedua teman saya dalam proses produksinya. Dan dalam penjualannya saya bersama teman saya membuka lapak dilingkungan dekat rumah saya, saya melibatkan teman-teman untuk membantu promosi. Karena usaha ini tergolong kecil jadi saya belum memiliki karyawan. Usaha ini juga tidak memerlukan SDM yang memiliki keahlian khusus, tetapi dalam menjalankan usaha ini kita dituntut untuk produktif serta tlaten.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun