Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bu Nia: Tak Sabar Menunggu Pagi

28 Agustus 2019   05:22 Diperbarui: 28 Agustus 2019   06:05 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Hari ini saya ngajar di kelas digital bu. Rencananya ada persembahan lagi tentang siklus menstruasi. Sudah direncanakan di minggu sebelumnya, siapa yang akan bernyanyi, dan alat musik apa yang akan digunakan. Semoga hasilnya sesuai yang diharapkan...

jadi ingin segera pagi bu "

Sebenarnya saya risi saat mengetahui sekolah tempat bu Nia bekerja membuka kelas digital dan menarik sumbangan dari orangtua/wali. Rasanya bertentangan dengan upaya menuju Sekolah Ramah Anak. Pesan di atas adalah salah satu alasan saya untuk bersabar menyaksikan perjalanan Bu Nia, pendidik inklusif dan ramah anak, membimbing anak-anak di kelas digital menjadi komunitas pembelajar yang inklusif dan keranjingan berprestasi.

"Ternyata, anak2 juga hampir sama perasaannya, tidak sabar ingin segera belajar biologi, semua menunggu kejutan yang mengasyikkan".

Nah, kalau sudah begini, saya angkat topi tinggi-tinggi kepada bu Nia.

Bagaimana Cara Bu Nia Mengubah Kelas Eksklusif jadi Inklusif

Sebenarnya model pembelajarannya sama, Bu Nia mengajarkan pembuatan mind mapsesuai ketentuan berlaku, agar hasil belajarnya bisa terukur dengan kelas. 

Keuntungan membuat mind map sangat banyak,

1. Bagi guru: mudah mengukur ketercapaian penguasaan konsep, Bu Nia membuat kelompok tumbuh, kembang,  dan mandiri dengan batasan yang jelas;

2. Bagi peserta didik: belajar membuat catatan dengan cara yang asyik dan menarik. Biasanya dari pengalaman sebelumnya, anak jadi penasaran dan ingin tahu informasi.lebih banyak tentang materi yang sedang dipelajari.

Lebih mengasyikkan jika kita menyimak catatan Bu Nia mendidik anak autis sebut saja ABK di kelas 

BERBEDA ITU BUKAN MASALAH...

Bisa berkomunikasi dengan ABK agak lama dengan kalimat yang panjang itu sesuatu banget lah...ditambah lagi, bisa membuatnya betah ada di kelas selama 3 jam pelajaran dengan mencatat itu juga pencapaian terhebat yang bisa saya lakukan. Karena biasanya ABK mampu bertahan di kelas tidak lebih dari setengah jam saja.

Ini terjadi hari ini, selasa 27 Agustus 2019 jam pelajaran ke.5 - 7. Pada saat saya di kelas mengajak anak2 kelas 9E memahami siklus menstruasi dengan membuat mind map bersama-sama. 

Pas masuk kelas, tampak ABK masih menghabiskan sisa makanan yang dibuatkan ibunya. Saya dekati dan bilang padanya, "sok  habiskan saja makanannya". Sambil mengecek kebersihan kelas, pemilahan sampah, dan kehadiran siswa, saya tetap membiarkan ABK menghabiskan makanan dan minumannya. Saya sempat melirik menunya,ternyata nasi, kentang goreng, naget dan saus sambal. Setelah bekalnya habis, ABK nyelonong saja keluar kelas, tapi saya kejar dan bilang padanya, "kalau ABK mau keluar harus ijin dulu ke ibu yaaa..kalau kamu mau masuk kembali ke kelas harus ketok pintu dan ucapkan salam. ABK mengangguk.

Benar saja, saat dia masuk, ternyata ketuk pintu tapi salam nya lupa diucapkan. Saya meminta dia keluar lagi dan memintanya mengulangi kembali. ABK harus mengetuk pintu dan mengucapkan salam.  

Eh, ternyata dia mau melakukannya, walaupun dengan ketukan dan ucapan salam yang sangat pelan....

wah, saya senang banget.

Lalu saya mulai membimbing membuat mind map sambil melakukan kuis dan tanya jawab. Saya memberikan reward 100 bagi yang bersedia menjawab dan menyampaikan pendapatnya. Terlihat anak-anak asyik melakukannya, tapi ABK tidak bisa ikut terlibat, dia tampak kesulitan mengikutinya. Berkali-kali dia bertanya, "itu apa tulisannya?" Dan saya kembali mengulangi penjelasannya, sambil meminta ijin kepada teman sekelasnya, kalau saya akan mengulang penjelasan jika ABK memintanya.

Alhamdulillah anak-anak setuju. Tampak dia bisa mengikutinya, sesekali saya dekati, eh...ternyata dia kembali bertanya, "tulisannya benar? Bisa kebaca ngga?" Sambil menunjukkan catatannya. Dan saya bilang. "benar, bagus....hebat ABK"...dia tampak tersenyum senang. 

Lalu dia tanya lagi, " bagus mana? Sambil menunjukkan dua buku yang ada tulisannya, satu catatan biologi yang baru dibuat, satu lagi catatan pelajaran lain. Saya coba mengamati, dan bilang padanya,"catatan biologi lebih bagus" dan kembali dia tersenyum...

Di akhir pelajaran, saya minta pendapat teman2-teman sekelasnya, apakah mereka setuju jika ABK diberi nilai reward 100? Serentak mereka bilang....setuju buuu... Tapi kembali saya tanyakan, kenapa kalian setuju? Dan jawabannya sangat mengharukan, mereka bilang,"' karena  ABK bertahan di kelas selama 3 jam pelajaran, untuk usahanya, dia harus diberi reward yang sama dengan usaha kita menjawab pertanyaan dari ibu".

Ah...senangnya.

Ternyata mereka hebat, usaha yang berbeda harus mendapatkan reward yang sama...karena berbeda itu bukan masalah...

Terimakasih ABK,  sudah mengajarkan kami tentang indahnya sebuah perbedaan.

Sayang selama proses belajar, ABK menolak di foto, jadi saya tidak punya foto nya 

Setelah ABK masuk, saya minta semua anak membuka buku IPA dan membaca halaman 22 tentang siklus menstruasi. Saya beri waktu 5 menit saja. Ternyata dalam waktu 2 menit, ABK sudah bilang selesai dan dia segera berdiri untuk bersiap ke luar kelas. Tapi saya tahan lagi dan bilang padanya, "ABK, kamu harus duduk dan belajar sama ibu, jika tidak mau, kamu akan disuruh pulang dan tidak boleh sekolah". Dan diapun mau duduk dengan wajah yang ketakutan. 

Saya sedikit khawatir, lalu saya segera minta maaf padanya. "ABK, maafkan ibu yaaa, kamu harus belajar IPA 3 jam pelajaran nanti ibu beri nilai 100",  dan diapun kembali mengangguk. 

Ah...saya lega rasanya...

Menjelang subuh, Bu Nia mengirimkan komentar cerdas dari anak-anak yang sudah lulus dari kelas digital binaan sebelumnya setelah membaca kisahnya di atas .

Anak 1:  wahhhh... keren bgt buu...temen temen kelasnya keren
Anak 2: keren bangett temen temennya udah sadar mana porsi nya ABK mana porsinya mereka, progres dari ABK sama temen2 nya bener bener diapresiasi, bu nia juga keren bisa ngertiin cara ABK belajar, semoga guru2 lainnya gitu ya bu. Dikasih kesempatan yang setara sama anak yang lainnya

Nia Kurniati: Terimakasih masukan...
Iya nih, jadi PR kita semua, harus bisa membuat pendidikan yang memanusiakan manusia ya..

Anak 2: setara juga kan ga mesti sama tapi sesuai yaa buu

Anak 2: iyaa buu

dokpri
dokpri
Di bawah ini obrolan Bu Nia dengan Arlian, youngchangemaker Ashoka binaannya yang melanjutkan kuliah ke Farmasi dan sudah mulai memproduksi kosmetik aman dan halal

Nia Kurniati: Dapat komentar dari Arlian yang tak kalah keren bu...

Arlian ZeroWaste: Ibu ini keren banget

Arlian ZeroWaste: Arlian langsung ngebayangin murid SMPN  11 dan ibu keren bgt, bisa memahami ABK dan membantu ABK memahami pelajaran

Arlian ZeroWaste: Padahal Arlian aja kadang kalau dikelas suka kesel sendiri suka ada anak yg lama pahamnya. Dan sebel kalau pelajaran diulang ulang.

Nia Kurniati: Mereka menjadi peer helper, bahkan pernah ada teman laki2 nya yang bersedia nyebokin ABK saat dia BAB di celana...keren abizz lah..

Arlian ZeroWaste: Ya allah bu arlian terharu dengernya

Arlian ZeroWaste: Luar biasa sekali mereka bisa menghargai dan memahami ABK

Arlian ZeroWaste: Padahal biasanya terjadi bullying dalam situasi seperti itu

Arlian ZeroWaste: Memang Sekolah Ramah Anak itu perlu dukungan dari berbagai elemen tidak hanya guru,tetapi juga teman teman nya yg saling peduli

img-20190828-wa0005-5d65ab630d823076410f00f2.jpg
img-20190828-wa0005-5d65ab630d823076410f00f2.jpg
Wah  coba banyak guru yang tak sabar menunggu pagi untuk bertemu anak-anak dengan gembira seperti bu Nia ya...

Anak-anak pasti jenius saking gembiranya belajar bersama pendidik inklusif dan ramah anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun