Mohon tunggu...
YANI RIANI
YANI RIANI Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas di SD Negeri Sukamanah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang

Selain sebagai seorang guru saya juga mempunyai hobi di bidang olah raga dan seni tari,jadi disetiap ada kegiatan lomba baik olah raga maupun seni saya selalu mengikut sertakan peserta didik untuk mengikuti lomba tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Menyusun Best Practice (Praktik Baik)

21 Januari 2023   21:25 Diperbarui: 21 Januari 2023   21:34 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SDN Sukamanah

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan TIK  dalam pembelajaran siswa kelas V pada mupel IPA dan B.Indonesia,Tema 6.Panas danPerpindahannya Subtema 1.Suhu dan Kalor Pembelajaran 5 dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL).

Penulis

Yani Riani,S.Pd.

Tanggal

9 Januari 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

  • Guru masih belum maksimal dalam menggunaan TIK.
  • Dengan menggunakan model ceramah,pembelajaran siswa kurang fokus.
  • Pemahaman mengenai perpindahan panas atau kalor belum optimal..
  • Penggunaan media pembelajaran belum maksimal.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

  • Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena:
  • Praktik pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK.
  • Praktik pembelajaran ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya, meningkatkan hasil belajar siswa,supaya pembelajaran lebih menarik.

    Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:
  • Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai seorang guru,yang mempunyai tanggung jawab  untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan inovatif melalui penyajian gambar  dan vidio pembelajaran yang relevan dengan materi.

 

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah:

  • Mencari gambar/ vidio yang relevan dan menarik
  • Kemampuan dalam memahami dan menerapkan model PBL,pendekatan saintifik dalam pembelajaran belum maksimal


    Siapa saja yang terlibat?
  • Guru sebagai pengajar/fasilitator.
  • Siswa sebagai subjek proses pembelajaran.
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing pelaksanaan pembelajaran.
  • Rekan sejawat yang telah membantu kelancaran proses pembelajaran.
  •  

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:

  • Melakukan pencarian gambar/vidio di youtube.
  • Menentukan gambar/vidio yang terpilih.
  • Mengedit vidio untuk menyesuaikan dengan waktu dalam PBM..
  • Mengunduh vidio.
  • Menambahkan ke slide PPT

Strategi apa yang digunakan?

  • Strategi yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada siswa.Dimana kegiatan tersebut telah disesuaikan dengan sintaks yang ada pada model pembelajaran(PBL) yang dipilih dan diancang oleh guru dalam RPP.

Bagaimana prosesnya?

  • Proses yang dilakukan oleh guru yaitu:
  • Pada pembelajaran ini guru memilih model pembelajaran Proses Based Learning(PBL) yang terdiri dari 5 sintaks pembelajaran yaitu:
  • Sintaks 1: Orientasi peserta didik pada masalah.
  • Sintaks 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.
  • Sintaks 3: Membimbing penyelidikan secara individu atau kelompok.
  • Sintaks 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
  • Sintaks 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
  • Yang dituangkan dalam kegiatan pendahuluan,inti dan penutup.
  • Menampilkan gambar/ video pembelajaran pada sintaks 1 dan sintaks 3.

Siapa saja yang terlibat?

  • Guru sebagai perancang dan pelaksana praktik pembelajaran.
  • Rekan guru yang membantu dalam mempersiapkan praktik pembelajaran dan juga memberikan masukan dan semangat.
  • Siswa sebagai subjek praktik pembelajaran.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan stategi ini?

  • RPP K13
  • Bahan ajar yang disesuaikan dengan tingkat kelas siswa.
  • slide powerpoint(media pembelajaran)
  •  Laptop,LCD Proyektor,Pointer.Layar.
  •  

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?

  • Penggunaan media ajar dalam bentuk slide powerpoint yang ditampilkan melalui LCD proyektor sangat membantu pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
  • Siswa lebih fokus dalam pembelajaran.

Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif?

  • Aksi yang telah dilakukan dengan menerapkan metode dan model pembelajaran yang dipilih, menunjukkan hasil yang efektif.Keefektifan tersebut terlihat dari hasil belajar  siswa yang telah dianalisis dan hasil observasi guru selama proses praktik pembelajaran sebagai berikiut:
  • Tercapainya tujuan pembelajaran.
  • Penilaian hasil belajar siswa diatas KKM.
  • Siswa terlihat aktif dan antusias dalam mengikuti proses praktik pembelajaran.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

  • Secara umum respon dari teman sejawat terkait dengan pelaksanaan praktik pembelajaran ini sudah baik. Respon dari guru pamong pun secara umum mendapat respon yang baik,namun ada bebrapa hal yang menjadi masukan pada saat praktik antara lain:
  • Pada saat menyanyikan lagu Nasional seharusnya tidak dipotong dan diganti dengan lagu yang lain yang kurang tepat.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

  • Faktor yang menentukan keberhasilan pembelajaran ini, adalah:
  • Penguasaan guru terhadap metode dan model pembelajaran yang dipilih dan media pembelajaran yang digunakan pada saat praktik pembelajaran,juga langkah-langkah pelaksanaan dalam rancangan RPP yang telah dibuat.
  • Maksimalnya persiapan yang dilakukan.yakni memilih gambar/vidio yang menarik dan relevan.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut? 

  • Guru harus menguasai model pembelajaran yang digunakan.
  • Guru harus menguasai materi secara mendalam/wawasan yang luas tentang materi.
  • Selalu membuat persiapan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran,agar mendapatkan hasil yang maksimal.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun