Mohon tunggu...
Ari Awaludin Jamil
Ari Awaludin Jamil Mohon Tunggu... Guru - guru

sebelum bertindak berfikirlah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practise

28 Juli 2023   14:46 Diperbarui: 28 Juli 2023   14:47 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan  Peserta didik Dalam Pembelajaran

Lokasi

SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN KAB.KEBUMEN

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Tujuan yang ingin dicapai

  • Melalui Model pembelajaran Problem Bassed Learning tentang materi Teknik dasar bola voli, Passing Bawah diharapkan  peserta didik mampu menyebutkan, menjelaskan, dan mempraktikkan Teknik dasar  passing bawah  dengan baik dan benar  sehingga meningkatkan semangat serta Motivasi dalam bermain bola voli, sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, dengan menunjukkan perilaku sikap disiplin, jujur, tanggung jawab, kerjasama, dan percaya diri.

Penulis

ARI AWALUDIN JAMIL, S.Pd.

Tanggal

15  JUNI 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
  • Peserta didik kurang motivasi dalam materi pembelajaran PJOK tentang permainan bola voli (passing bawah).
  • Peserta didik merasa takut mencoba melakukan permainan bola voli, karena merasa tangannya sakit.
  • Peserta didik merasa bolanya keras jadi perlu adanya modifikasi alat/bola.
  • Mengapa praktik ini perlu dibagikan:
  • Karena penulis menilai bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang bisa merubah strategi/cara-cara guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas/lapangan.
  • Karena ada informasi dan temuan baru yang bisa diadopsi oleh orang lain agar nantinya bisa melaksanakan praktik yang sama dengan situasi yang berbeda di kelas/lapangan masing-masing.
  • Karena pembelajaran di kelas/lapangan harus memuat bahan ajar yang relevan, penggunaan strategi pembelajaran yang berorientasi pada masalah, media ajar, dan lain-lain.
  • Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab penulis dalam praktik ini:
  • Peran penulis adalah seorang praktikan di kelas/lapangan yang bertanggung jawab mencatat hal-hal penting yang terjadi di kelas sehingga dapat dibuat bahan penelitian ilmiah.
  • Peran penulis juga seorang guru di kelas yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya proses kegiatan pembelajaran.
  • Peran penulis juga seorang Observer/pengamat di kelas yang bertanggung jawab memberikan jawaban yang otentik berdasarkan instrumen yang disusun dengan didukung bukti yang terjadi di kelas/lapangan

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

  • Tantangan yang dihadapi oleh penulis adalah:
  • Meningkatkan motivasi dan menumbuhkan minat belajar dan percaya diri  Peserta didik terhadap mata pelajaran PJOK, tentang materi permainan bola voli (passing bawah).
  • Kondisi  Peserta didik yang kurang mengembangkan diri untuk melatih kemampuan dalam materi PJOK tentang permainan bola voli (passing bawah).

  • Siapa yang terlibat dalam kegiatan ini:
  • Teman sejawat yang mengampu mapel yang sama dengan penulis sehingga apa yang menjadi masalah dan tantangan di kelas/lapangan kurang lebih sama dengan yang dialami oleh penulis.
  • Penulis juga melakukan koordinasi dengan guru lintas mapel dengan harapan bisa menemukan solusi/upaya apa yang sesuai dan tepat dengan tantangan yang kami hadapi, sehingga apa yang menjadi tujuanpembelajaran akan bisa tercapai dengan maksimal.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang sudah dilakukan penulis untuk menghadapi tantangan antara lain:

Mengidentifikasi masalah awal yang ada di kelas/lapangan, seperti: kurangnya motivasi  Peserta didik pada materi pembelajaran PJOK, tentang praktik permainan bola voli (passing bawah).

Mengeksplorasi akar permasalahan apa yang paling dominan di kelas/lapangan, seperti: kurangnya pengenalan tentang permainan bola voli kepada  Peserta didik dan diperlukan modifikasi alat atau aturan permainan bola voli sehingga  Peserta didik bisa menjadi lebih percaya diri untuk melakukan praktik permainan bola voli.

Menentukan solusi dengan didukung kajian teori, seperti: Penulis memodifikasi alat dari bola resmi menjadi bola plastik/spon ( bola plastik/spon yang diisolasi atau dilakban) dalam praktik pembelajaran permainan bola voli.

Membuat modul ajar dengan menggunakan model PBL.

  • Strategi Pembelajaran:

  • Memilih model pembelajaran yang berorientasi pada masalah.
  • Strategi penulis yang diaplikasikan dalam pembelajaran adalah PBL (Problem Based Learning).
  • Kegiatan pembelajaran diintegrasikan  dalam Sintak yang ada pada PBL.
  • Sumber daya atau materi yang di perlukan:
  •  
  • Buku Paket/Modul
  • Chanel Youtube
  • Internet
  • HP /komputer/laptop
  • Kamera profesional
  • Tripod
  • Stop kontak/ Power
  • Lapangan yang nyaman


  • Proses pembelajaran:
  • Mengorientasikan  Peserta didik pada masalah (masalah aktual dan otentik):
  • Bagaimana mengantisipasi bola yang datang dari arah lawan secara cepat agar bola bisa di kembalikan dengan baik saat bermain bola voli?  Peserta didik sebagian besar menjawab " dengan gerakan passing bawah"
  •  Peserta didik memberikan respon/jawaban terhadap pertanyaan pemantik dari penulis.
  •  Peserta didik memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
  •  Peserta didik mendengarkan dan memperhatikan semua yang disampaikan dan dijelaskan oleh guru.

Mengorganisasikan  Peserta didik untuk belajar menganalisis masalah:

  • Guru mengajak  Peserta didik ke lapangan bola voli  sekolah untuk melakukan pemanasan dengan permainan sederhana sebelum melakukan materi inti.
  • Guru menyampaikan materi tentang Teknik dasar  dalam permainan bola voli (passing bawah), dan mendemonstrasikannya.
  • Guru meminta  Peserta didik untuk mempraktikkan semua gerakan yang telah didemonstrasikan oleh guru secara bergantian.

 

  • Guru membagi  Peserta didik menjadi 5 kelompok untuk berdiskusi dan mengerjakan tugas dari hasil pengamatan  Peserta didik. 
  • Guru membagikan LKPD.
  •  

Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok:

  • Guru membimbing  Peserta didik dalam mengerjakan LKPD.
  •  Peserta didik bertanya kepada guru terkait poin-poin penting/pertanyaan yang belum bisa dipahami dan belum jelas.
  •  

Mengembangkan dan menyajikan karya hasil diskusi:

  •  Peserta didik bersama kelompok masing-masing mengengembangkan hasil dari pengamatan mereka terkait materi Teknik dasar  permainan bola voli, dan menjawab semua pertanyaan yang tertuang pada LKPD dan juga menuangkan hasilnya dalam bentuk menjawab pertayaan  quiz melalui Aplikasi Google form dan Quizziz dengan tampilan yang nenarik.
  •  Peserta didik secara bergantian mewakili kelompoknya mempresentasikan hasil LKPD di depan semua  Peserta didik.
  • Kelompok lain memberikan tanggapan dan komentar baik secara langsung maupun  berupa forum  diskusi di dalam aplikasi Quizziz.
  • Guru memberikan apresiasi berupa sanjungan Tepuk tangan  kepada setiap kelompok yang sudah mempresentasikan di depan kelas.

Mengevaluasi proses pemecahan masalah:

  • Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.
  • Guru memberikan evaluasi terkait materi yang kurang dipahami oleh  Peserta didik seperti: (teknik passing bawah).
  • Guru memberikan penguatan kepada  Peserta didik tentang materi kombinasi gerak teknik dasar (passing bawah ) dalam permainan bola voli.
  • Materi dan sumber belajar:
  • Buku  Siswa  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan kelas 8  tahun 2017 Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
  • Irwanto, E. (2016). Metode Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 102-118. penggunaan metode pembelajaran memodifikasi bola, dan proses pembelajaran, serta minat bermain mempengaruhi hasil belajar passing bawah bolavoli. yang sering digunakan dalam proses pembelajaran passing bawah bolavoli adalah metode permainan dan modifikasi bola.

  • Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah:
  • Teman sejawat dan guru mapel lain yang ikut membantu terlaksananya seluruh  kegiatan pembelajaran
  • Karena kegiatan PP1 dan PPL2 mengunakan teknik Pengambilan Video yang secara live (langsung di pantau Oleh Dosen pembimbing dan Guru Pamong) dengan aplikasi Google Meet,  Penulis memerlukan Patner /teman yaitu Operator Kamera dan kelengkapanya.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

  • Hasil refleksi pada kegiatan PPL 1(pertemuan    1 dan 2) dapat dijelaskan:

  • Hal-hal efektif yang terjadi saat pembelajaran:
  •  Peserta didik sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas/lapangan. Ini terbukti pada saat melakukan praktik permainan bola voli  Peserta didik merasa nyaman, tidak merasa canggung dan lebih percaya diri.
  •  Peserta didik lebih giat berlatih sendiri/mandiri tanpa bimbingan guru.
  •  Peserta didik lebih aktif ketika mengerjakan Preetest dan Postest karena menggunakan Perangkat  yang mereka sering gunakan (HP).

Hal-hal yang tidak efektif saat pembelajaran: 

  • Diskusi dalam kelompok masih kurang optimal, masih ada  Peserta didik yang belum bisa pro aktif di dalam kelompoknya.
  • Pengelolaan waktu kurang sedikit maksimal.
  • Sarana dan prasarana sekolah belum mendukung, sehingga perlu memodifikasi

  • Respon dari hasil refleksi ini adalah
  • Dari Kepala Sekolah:
  • Sangat mendukung karena ada perubahan cara mengajar guru di kelas/lapangan yang lebih inovatif.
  • Kepala Sekolah memberi masukan, guru harus berani melakukan perubahan dalam pembelajaran terutama dalam hal pemanfaatan media, bahan ajar, dan strategi pembelajaran yang berpihak pada  Peserta didik.

Dari Teman Sejawat:

  • Sangat membantu dalam hal penerapan strategi pembelajaran.
  • Memberikan saran agar kegiatan pembelajaran tersebut bisa diimbaskan pada semua guru di sekolah.

Dari  Peserta didik:

  • Sangat positif karena dengan pembelajaran yang dikemas menarik dan inovatif, minat dan motivasi  Peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK terutama pada materi permainan bola voli sangat meningkat.

  • Faktor Keberhasilan:
  • Sudah menumbuhkan rasa percaya diri  Peserta didik, terutama pada minat dan motivasi  Peserta didik dalam hal belajar, khususnya dalam materi permainan bola voli.
  • Ketersediaan sarpras dan koneksi internet yang mendukung kegiatan pembelajaran ketika di sekolah.
  • Dukungan positif dari anggota sekolah, meliputi: Kepala sekolah, guru, dan  Peserta didik.

  • Kesimpulan dari refleksi PPL 1( pertemuan 1 dan 2) adalah:
  • Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik dan maksimal diperlukan model pembelajaran yang inovatif (modifikasi alat dan juga aturan permainan dalam permainan bola voli) pada pembelajaran PJOK.
  • Dukungan dari seluruh anggota sekolah yang juga menjadi faktor utama tercapainya kegiatan pembelajaran.
  • Peran aktif  Peserta didik sangat dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran. 
  • Yan tidak kalah penting yaitu faktor dukungan keluarga dan lingkungan untuk menumbuhkan peserta didik menyukai permainan bola voli.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun