Mohon tunggu...
Leo Kurniawan
Leo Kurniawan Mohon Tunggu... profesional -

Dokter dan penulis tentang vaksin, vaksinasi untuk bayi, dewasa, orang tua dan pelancong. Juga tertarik dengan masalah kesehatan secara umum

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Sehat Cara Alamiah - Apa Itu Cholesterol? Apa yang Menyebabkan High Cholesterol?

28 Desember 2012   03:30 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:55 926
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apa Itu Cholesterol ? Apa Yang Menyebabkan High Cholesterol ?

Dari pengalaman saya sehari-hari, saya mempunyai kesan bahwa banyak diantara kita yang tidak benar-benar mengerti apa itu Cholesterol ?

Banyak dari kita yang langsung berpendapat negatif begitu mendengar kata cholesterol, mereka langsung menghubungkan semua penyakit jantung, penyakit pembuuh darah dan penyakit stroke dengan keberadaan cholesterol dalam tubuh manusia, menurut pendapat merreka, bahwa cholesterol itu tidak boleh berada dalam tubuh kalau kita ingin tetap sehat dan terhindar dari sederet penyakit khronis dan serius yang tadi saya sebutkan diatas.

Bahkan lebih lucu lagi, yang pernah saya alami baru-baru ini, yaitu saya pernah mempublikasikan artikel tentang cholesterol, saya mencoba memberikan gambaran yang objektif dan pentingnya zat cholesterol untuk kesehatan tubuh dan menjaga kelangsungan kehidupan dari mahluk hidup, dari menghasilkan keturunan hingga bertumbuh dan hidup yang normal dan sehat.

Langsung ada seorang yang juga katanya banyak menulis tentang cholestrol bertanya kepada saya, kenapa saya berani mempromosikan cholesterol sebagai zat yang berguna, padahal semua pakar kedokteran, termasuk beliau ini yang menentang pendapat cholesterol yang saya kemukakan dalam posting saya. Beliau juga mengutip sejumlah artikel posting yang dipublikasi oleh beliau didalam suatu media.

Saya agak terkejut juga awalnya mendapat umpan balik yang tampaknya ilmiah dan berbobot.ini, karena beliau juga mengutip beberapa publikasi dari kolega dokter dari fakultas kedokteran yang cukup terpandang di Jakarta.

Saya kemudian coba menelusuri posting artikel-artikel beliau tentang cholesterol, juga literature dari kolega yang ditunjukkan oleh beliau, juga literatur tentang lemak tubuh dan cholesterol khususnya,saya benar benar bingung, saya mencoba membaca berulang-ulang, namun kesimpulan saya adalah bahwa : memang semua mahluk hidup perlu cholesterol, karena dari zat satu ini, akan dibentuk dinding sel tubuh kita, juga dari cholesterol ini, tubuh akan membentuk semua jenis hormon penting untuk proses kehidupan, membuat empedu untuk pencernaan makanan, terutama untuk mencernakan lemak yang kita makan, dan masih banyak lagi fungsi penting cholesterol yang tidak bisa digantikan perannya oleh zat apapun.

Akhirnya kesimpulan saya, beliau yang menghubungi saya ini rupanya tidak mengerti betul apa yang telah dia tulis sendiri dan dipostingkan dalam forum terbuka suatu media, dia juga telah salah membaca dan salah meng-interpretasi-kan isi literature kolega dari suatu fakultas kedokteran yang saya sebutkan tadi.

Kasihan memang beliau ini, capek-capek menulis sesuatu yang tidak dimengerti betul.

Karena merasa ter-panggil untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap, namun sederhana, sehingga mudah dimengerti dan mudah dicernakan bagi semua orang, maka saya ingin membahas tentang cholesterol dari sisi sudut pandang seorang awam, apa sih sebetulnya cholesterol itu ? Apakah kita memerlukan cholesterol ? Berapa banyakk yang kita perlukan untuk dikatakan masih dalam batas sehat dan normal ? Kalau kelebihan cholesterol, apa efeknya terhadap kesehatan kiita ?  Tapi sebaliknya bila kekurangan cholesterol, maka apa yang akan terjadi pada tubuh dan kesehatan kita ?

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa Itu Cholesterol ? Apa Saja Yang Menyebabkan Cholesterol Meningkat ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun