Petugas keamanan memang menjadi garda terdepan baik di perusahaan swasta maupun pada pemerintahan. Namun tak jarang kita mendapati pelayanan yang diberikan oleh petugas satpam ini kurang pas dan ramah?
Penulis sendiri banyak mendapati petugas keamanan yang kurang menunjukkan sikap profesionalismenya saat bekerja. Tak jarang kalau kita bertanya arah ataupun meminta bantuan terkait prosese pendaftaran antrean misalnya, terkesan kurang menguasai dan tidak ramah.Â
Nah bagaimana caranya agar satpam ini memiliki jiwa profesionalisme terhadap pekerjaannya?Â
Semua orang bekerja pasti mengejar Gaji. Gaji yang kecil dan dibawah upah minimum tentu memberikan dampak kepada karyawan, termasuk satpam. Sikap ogah-ogahan dalam melayani semua customer akan berdampak pada kelancaran proses bisnis dalam suatu usaha.Â
Maka dari itu memberikan gaji sesuai dengan standar yang telah ditetapkan bahkan memberikan insentif lebih jika pelayanan yang diberikannya prima maka akan memberi motivasi lebih kepada satpam untuk mampu memberikan kinerja terbaiknya.
2. Pelatihan
Terkadang karna kurangnya pelatihan softskill baik itu berbicara dengan customer atau mitra kerja yang datang ke perusahaan menjadikan satpam tidak kompeten dalam berkomunikasi.Â
Pelatihan ini memberikan bekal dan insight baru setiap tahun atau bahkan setiap bulannya agar performa satpam stabil bahkan cendrung meningkat. Setidaknya perusahaan atau pemerintah yang memperkerjakan profesi ini memberikan training berkala untuk meningkatkan keterampilannya.