Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Grab, #AplikasiUntukSemua, Solusi Masalah yang Nyata

12 November 2019   18:34 Diperbarui: 5 Desember 2019   12:53 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
www.grab.com/sg.cnp-content

Kaum urban, terutama warga Jabotabek merasakan sulitnya mendapatkan transportasi yang cepat,aman dan nyaman karena belum terintegrasinya antar moda transportasi dan kemacetan yang melanda kota-kota besar seperti Metropolitan Jakarta.   

Kesulitan dan kebutuhan ini ternyata dapat dipenuhi dengan adanya #AplikasiUntukSemua ,Grab.  Solusi yang tepat demi kelancaran mobilisasi para mover pekerja , pekerja yang harus bolak balik .

Pengalamanku  dengan GRAB:

Ketika anak saya yang milenial itu baru  diterima bekerja, dua pertanyaan yang cukup mengganggu pikiran saya adalah "bagaimana nanti jika saya harus bertransportasi di Jakarta karena saya tidak mau menyetir, macet!" 

Satu pertanyaan belum selesai sudah menambah pertanyaan yang lainnya,  "Bagaimana nanti saya makan di tempat kerja dan kos karena saya pekerja mover (ngga suka memasak)?"

Pertanyaan ini timbul dari seorang anak milenial karena dia melihat bagaimana dulu ibunya  merasakan cape naik mobil sendiri karena macet.  Setelah saya mengalami stres dan sakit akibat kemacetan, saya beralih kepada moda transportasi pool car.  

Saat menggunakan pool car, tinggal duduk enak. Namun karena jumlah penumpang berkurang, bubarlah pool car. Lalu,  saya beralih kepada moda transportasi umum yang berganti-ganti. 

Dari rumah harus cari naik angkot menuju ke stasiun kereta,  lalu dari kereta api harus sambung dengan angkot lagi.   Waktu dihabiskan untuk menunggu angkot dan harus berganti-ganti moda transportasi.

Sekarang, setelah ada teknologi ,internet, saya menyarankan kepada anak untuk gunakan Grab, #AplikasiUntuk Semua.   Tiap kali mau berangkat ke kantor cukup dengan gunakan GrabCar maka dari rumah akan dijemput dan tinggal duduk diam, tanpa harus pindah-pindah kendaraan umum, sampai di tempat tujuan, kantor.    

Penggunaan aplikasinya untuk generasi milenial sudah sangat mudah dan cepat sekali, tinggal download dari playstore dan aplikasi GoCar atau GoBike jadi pilihannya.    

Hanya dalam waktu yang singkat, jari tangan bisa memesan transportasi yang diinginkan. Anak dapat memantau lokasi driver , berapa lama driver akan tiba.  Driver pun datang menjemput di rumah tempat tinggal , tanpa kita harus ke luar rumah.   

Selama dalam perjalanan pun kita memantau berapa lama kita akan tiba di tempat tujuan. Setelah tiba di tempat tujuan, tanpa uang tunai, kita bisa membayarnya  dengan Ovo, semuanya #SelaluBisa.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
 Pengalaman menarik lainnya, ketika satu hari, anak lupa menambahkan dana Ovo di saldonya, dia juga lupa mengambil uang tunai karena sibuk dengan pekerjaannya .  Begitu order  GrabCar sudah ditekan, dia langsung gembira karena pesanan Grabcar mendapat diskon dari paket hemat GrabCar. "Murah banget!" serunya gembira dan senang hatinya. Dengan diskon itu, dia masih bisa menggunakan sisa saldo Ovo untuk membayar.

Bagi saya yang sudah malas dengan kemacetan di Jakarta, jika ada undangan pernikahan atau pertemuan dengan teman di mall,  maka saya pun tak mau ketinggalan dengan anak saya.  

Punya aplikasi Grab yang #SelaluBisa membantu saya untuk sampai ke tempat tujuan tanpa stres, cape setir, aman dan nyaman. Mobilisasi saya tidak tergantung dengan anak, suami atau orang lain,  tiap kali ada keperluan, satu-satunya alat pembantu untuk mengantarkan dan mengembalikan saya ke rumah adalah  Aplikasi Grab.

Kembali ke pertanyaan anak yang kedua, soal makanan.   Saya sering khawatir tidak bisa mengirimkan makanan siang sejak dia tinggal di kos.  Membayangkan nanti jika jajan terus gizinya kurang, atau tidak higenis. Berbagai macam pikiran sebagai orangtua menghinggapi diri saya . 

Namun, ketika solusi transportasi sudah terselesaikan, anak saya langsung mendapat jawaban soal makanan.  Awalnya dia melihat  GrabFood yang termasuk salah satu layanan di aplikasi Grab. 

Lalu begitu dia memasukkan nama makanan yang ingin disantapnya ,"Hoka Hoka Bento ", ternyata setelah dicari, keluarlah nama makanan itu dan terdapat beberapa lokasi. 

Setelah dia mendapatkan resto yang lokasinya dekat dengan kantor, dia pun order dan membayar dengan Ovo.   Saking gembiranya, dia menceriterakan pengalaman itu kepada saya.    

Profil Grab Sebagai  Platform Layanan Transportasi Panggilan terbesar di Asia Tenggara (Southeast Asia's Leading Ride-hailing Platform)  

www.grab.com/sg.cnp-content
www.grab.com/sg.cnp-content
Platform yang dibangun untuk pertama kali di headquarter Malaysia dan pindah ke  Singapore ini ,sekarang ini telah menjadi  decacorn start-up dan platform terbesar dalam pelayanan transportasi publik.    

Aplikasi Grab di platform Android dan iOS telah mendapat unduhan lebih dari 17 juta kali dan 320.000 pengemudia di 30 kota di 6 negara Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia,Thailand dan Vietnam.

Pertumbuhan Grab hingga tahun 2016 meliputi pelayanan jasa untuk pelayanan transportasi dalam satu mobile aplikasi  baik itu taxi atau mobil, motor, mobil disewa bersama-sama, hingga jasa pengiriman.

Sebagai Market Leader, Grab melihat kesempatan market yang masih luas, yaitu $25 milyar  untuk menjangkau masyarakat dengan taxi, mobil, motor dan jasa pengiriman.

Potensi market ini berdarkan dari jumlah warga di Asia Tenggara 620 juta yang melebihi dibandingkan jumlah warga di  New York .  Potensi jumlah kepemilikan mobil yang sedikit di Asia Tenggara (untuk kasus Jakarta, problem kemacetan) dibandingkan dengan di China.  Meningkatnya jumlah penduduk berdampak meningkatnya pemakaian internet dan permintaan  transportasi.  

Layanan transportasi Grab dianggap berkontribusi besar bagi kaum urban di Indonesia. Hal ini membuat bisnis Grab melesat sejak Januari 2016 dan rebrand dari nama GrabTaxi.

Optimasi layanan machine learning dan kemampuan analitik data  untuk pengguna untuk memahami seluruh layanan yang dimiliki Grab.  Dampaknya di tahun 2016 layanan GrabBike tumbuh 300 persen dibanding tahun sebelumnya.

Grab memfokuskan bisnis di Jakarta dimana lebih dari 30 juta penduduk berada di sini dengan fitur pelayanan yang sangat lengkap mulai dari  GrabCar (mobil), GrabBike (motor), GrabFresh  (belanja bulanan), GrabFood (pemesanan makanan),  pemesanan tiket BookMyShow, nangis nonton drama (Hooq), GrabExpress  (pemesanan kurir) hingga  pembayaran tanpa uang tunai , OVO

Keuntungan Gunakan "Grab"

1. Pengalaman menggunakan aplikasi Grab relatif lebih smooth dan minim terjadi error . Nilai plusnya, Grab juga punya fitur chat dan panggilan telepon di dalam aplikasi.Jadi, tidak perlu biaya tambahan (koneksi seluler) ketika harus menelepon atau SMS, karena berbasis data internet. Fitur komunikasi ini membuat driver maupun penumpang tidak saling tahu nomor telepon sehingga privasi lebih terjaga.

2.Grab juga mencantumkan plat nomor kendaraan si driver pada aplikasinya, sehingga memudahkan penumpang menemukan driver yang menjemput.

3. Kualitas  driver Grab juga terbilang lebih disiplin menggunakan seragam sebagai salah satu tanda pengenalnya.

4. Pengalaman saya ketika memesan GrabCar tujuan ke stasiun kereta api  yang terkena kebijakan Genap Ganjil,  saya tidak bingung lagi apakah plat nomer Grab ganjil atau genap.  Fitur aplikasi sudah menyediakan pemesanan  disesuaikan dengan kebijakan genap ganjil.

5. Pengalaman menarik ketika order GrabCar pada hari Sabtu tanggal 2 Nopember lalu, begitu kami masuk ke dalam mobil, ada persediaan makanan kecil dan minuman dijual di dalam mobil  disajikan dengan sangat unik, konsumen dapat membelinya. 

Ketika saya tanyakan kepada driver, kenapa menyediakan cemilan dan minuman?   Dijawab bahwa sering terjebak macet, penumpang merasa lapar dan minum karena pulang kerja, jadi saya sediakan makanan/minuman.

6. Ada tambahan rute perjalanan, misalnya saya dan teman pulang bersama dengan tujuan berbeda, maka aplikasi penunjang untuk dua rute dalam satu perjalanan tersedia.

7. Respon pembelian GrabFood cepat respond apabila makanan yang dipesan ternyata telah habis, ditawarkan untuk makanan yang lainnya .  Supir penuh inisiatif untuk membantu mencarikan makanan lain di tempat yang masih sama.

8. Semua kebutuhan saya mulai dari pemesanan makanan (GrabFood),  belanja bulanan (GrabFresh,  tiket film (BookMyShow di grab), nonton drafma (Hooq di Grab), hingga pemesanan kurir (grabExpress)  dapat dipenuhi dengan cepat, mudah dan pasti harganya , tanpa tawar menawar.

9. Pesta diskon ada di Grab 

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Contohnya Paket Combo Grab Car.   Dengan ambil paketCombo GrabCar Rp.20.000 (bayar),  kita bisa berhemat Rp.54.000.   Saya dapat Voucer GrabCar, dskon Rp.7,000 x 8 =  RP.56.000 dan Rp.9,000 x 2 =  Rp.18,000 total diskon RP.65.000 .  Berarti saya berhemat : Rp.74.000- Rp.20.000 -- Rp.45.000 =  Rp.54.000 yang dapat dipakai dalam jangka waktu 2 minggu.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Paket Hemat Grab Food:   Dengan ambil paket Hemat GrabFood Rp.75.000 kita bisa berhemat Rp.150.000.  Saya dapat kupon diskon 5x Rp.35.000 =  Rp.175.000  dan  diskon GrabFood  10x Rp.5.000 dg OVO=  Rp.50.000 total diskon Rp.225.000.  Berarti saya berhemat :  Rp.225.000 -- Rp.75.000 =  RP.150.000

10.  #AplikasiUntukSemua, itu bukan sekedar slogan saja, tetapi benar adanya. Ketika saya berobat ke  Penang, saya pun perlu transportasi dari Bandara ke Rumah Sakit, Grab Application jadi andalannya (tentunya harus ganti sim card dulu di Bandara Penang).

Bagi pengguna setia GrabCar maupun GrabFood, skema paket yang ditawarkan ini sangat menarik karena ada sejumlah diskon dan voucher yang membuat harga jadi lebih murah.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Grab "Super App" adalah "Aplikasi Untuk Semua", andalan seluruh masyarakat Indonesia, karena terbukti jadi solusi semua kebutuhan baik itu transportasi, makanan, ekspedisi maupun yang lainnya.

Solusi dari masalah nyata untuk menyeimbangkan ketimpangan askes transportasi , ketertinggalan infrastuktur,  kesempatan mendapat pendapatan yang layak sebagai mitra.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun