Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar. Ketika kita berbagi ilmu dengan murid-murid kita maka akan semakin kita ingat ilmu tersebut. Ilmu yang ada pada diri kita semakin bertambah. Hikmah dari suatu ilmu adalah bisa mengangkat derajat seseorang. Hal ini terdapat dalam kitab suci Al-quran.
Perdalamilah suatu ilmu. Ilmu atau pengetahuan tersebut yang akan menjaga kehidupan kita kelak. Saya mempelajari matematika. Pelajaran yang menurut orang lain itu sulit. Memang tidak salah pernyataan tersebut. Namun dibalik kesulitan pasti ada kemudahan dalam mempelajarinya. Pelajarilah ilmu tersebut secara konsisten (istiqomah) dan berkelanjutan. Inshaallah ilmu tersebut akan bisa kita pahami meskipun itu sulit. Yang terpenting kita tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan.
Tentu butuh ide dalam pengajaran jika kita mengajar anak yang tidak paham dengan bahasa yang kita gunakan. Contohnya adalah anak-anak dari luar negeri yang belajar ke Indonesia. Kebetulan bimbel kami HTC mengadakan program holiday (liburan) di Pacet, Kabupaten Mojokerto. Kami menyewa sebuah villa namanya villa Pakis selama beberapa minggu.Â
Hari ini (Sabtu, 8-7-2018), saya kebagian mengajar pelajaran matematika. Muridnya ada empat anak. Jadi kami bagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok terdiri dari dua anak. Kelompok pertama diajar oleh teman saya pelajaran bahasa inggris. Sedangkan kelompok yang satunya, saya yang mengajar. Nanti akan bergantian saya dan teman saya tersebut dalam mengajar kedua kelompok.
Kelompok pertama yang saya ajar. Kedua muridku adalah perempuan. Namanya Putri (kelas VII) dan Fida (kelas V). Mereka bersaudara, Putri kakaknya sekolah di SMP Negeri 1 Mojokerto. Adiknya Fida bersekolah di SDIT Permata Mojokerto. Materi yang saya sampaikan adalah aljabar.Â
"Anak-anak tahukah kalian manfaat mempelajari aljabar? Rugi lho kalau kita mempelajari matematika yang menurut kita pelajaran paling sulit tetapi kita tidak mengetahui manfaatnya. Sekarang Mr eki akan memakai suatu ilustrasi cerita ya!"
Misalkan Putri membeli dua tahu isi dan satu pisang harganya Rp.5000,00. Sedangkan Fida membeli satu tahu isi dan dua pisang harganya Rp.4000,00. Terus ada Shela yang memperhatikan kedua anak yang membeli makanan tersebut. Berapakah uang yang harus dibayarkan oleh Shela apabila dia ingin membeli satu tahu isi dan satu pisang?
Bagaimana cara Shela untuk menentukan harga masing-masing makanan. Tentu mudah bagi Shela jika langsung menanyakan kepada penjual makanan. Kendalanya adalah Shela tidak berani bertanya. Maka caranya adalah dia harus mencoba memasukkan harga pada masing-masing makanan yang dibeli Putri dan Fida. Jika cocok maka jawaban itu betul. Dari ilustrasi tersebut. Itulah pentingnya kita belajar aljabar. Dengan memahaminya, kita bisa menyelesaikan dengan metode pada SPLDV.
Materi matematika dipelajari dari dasar sampai yang rumit. Begitu juga dengan materi aljabar, kita mempelajari aljabar dasar terlebih dahulu. Seperti operasi hitung aljabar. Setelah itu baru materi diatasnya yaitu persamaan linier satu variabel (PLSV) dan pertidaksamaan linier satu variabel(PtLSV). Kemudian kita bisa melanjutkan ke materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Kalau sudah menguasai maka kita akan melanjutkan lagi belajar ke materi program linier. Suatu materi matematika SMA yang berguna untuk mencari keuntungan maksimum dari penjualan suatu makanan.
Misalkan kue donat. Dalam pembuatan donat kita memanfaatkan beberapa bahan. Ada gula, tepung terigu, dan mesis. Dalam program linier kita mencari keuntungan maksimum dari bahan-bahan yang tersedia. Jika kalian mampu mempelajari materi-materi penunjang dengan baik. Maka kalian sudah saya anggap mampu untuk belajar materi program linier. Manfaatnya begitu besar bisa kita terapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari.
Pada pembelajaran kali ini, anak-anak masih mempelajari materi aljabar dasar, PLSV, dan PtLSV. Kedua anak memiliki daya tangkap yang berbeda dalam menerima pelajaran. Salah satu anak ada yang begitu cepat dalam menangkap materi pelajaran.Â
Namun ada pula anak yang selalu ingin dituntun setiap langkah demi langkah oleh tutornya. Ketika dua anak yang memiliki kemampuan berbeda, yakni ada yang cepat dan lambat. Maka kita bisa lebih fokus untuk mengajari siswa yang lambat. Untuk yang tipe cepat cukup kita suruh mengerjakan tugas saja. Setelah selesai baru kita koreksi benar atau salahnya. Dengan sistem seperti itu maka kedua anak bisa sama-sama jalan dalam belajar.
Pada kelompok berikutnya saya berkesempatan mengajar Sheila dan Divia. Kedua anak ini sudah lama hidup diluar negeri. Mereka tinggal bersama orang tuanya di Amerika Serikat sejak masih kecil. Orang tuanya asli Indonesia yang kemudian tinggal di Amerika Serikat. Selama setahun ini mereka berdua tinggal bersama tantenya di Indonesia. Dan mereka bersekolah disini. Mereka bersekolah di MI Nurul Huda 2 kota Mojokerto. Harapan keluarganya untuk mengikutkan mereka program holiday HTC adalah agar mereka berdua bisa memahami Bahasa Indonesia. Memang kendala mereka berdua adalah kesulitan dalam berkomunikasi dalam mengunakan Bahasa Indonesia. Sehingga tutor  berusaha untuk menerjemahkan soal-soal matematika berbahasa indonesia ke bahasa inggris.
First, Today Mr eki will open lesson our class. Let's pray together please! Finish. Hello mychildrens. Before we start our lesson today. I will introduce my self. My name is eki tirtana zamzani. I am math teacher in HTC. You can call me Mr eki. I live in empunala street Mojokerto city. Ok, now I dont know your name childrens. What is your name?'' my name is sheila. Now i sixth (6th) class in elementary school. And you? My name is Divia. I fifth (5th) class. Do you can speak Indonesia language? After that They answer " I don't understand indonesia language Mr Eki. Some word in indonesia language there know but little mr. Help we study math Mr, Please!"
Saya mendapatkan tantangan untuk mengajar anak yang fasih berbicara bahasa inggris. Karena saya tidak begitu menguasai kosa kata dalam bahasa inggris. Sehingga saya kadang-kadang tidak memahami apa yang mereka ucapkan. Tetapi dalam matematika semua angka dimanapun kan sama bentuknya. Yang terpenting saya tahu bahasa inggrisnya operasi penjumlahan (plus), pengurangan (minus), pembagian (devided by), dan perkalian (time), dan sama dengan (is).
Ketika saya kesulitan dalam mengungkapkan kata-kata ke dalam bahasa inggris. Maka saya membuat ilustrasi dengan menggambar di buku tulis. Pelajaran saat itu adalah mengenai potongan harga (diskon). Dalam diskon terdapat materi mengenai bruto, tara, dan netto. Dengan menggunakan buku tulis saya mencontohkannya dengan gambar sekarung beras. Saya jelaskan kepada mereka melalui gambar kalau tara itu adalah berat bungkus, netto itu adalah berat beras, dan bruto itu gabungan berat bungkus dengan beras. Anak-anak pun memahaminya dengan bahasa ala tarsan saya. He he.
Ketika saya bertanya kepada mereka.Â
"Childrens, do you like mathematic lesson?'' "yes mr I like mathematic lesson" answer them. But we don't know meaning word from indonesia language".
Mereka berdua sebenarnya suka pelajaran matematika. Namun kendalanya pada bahasa yang digunakan. Mereka belum begitu paham kata-kata dalam bahasa indonesia. Sehingga tugas tutor untuk memahamkanya dengan bahasa inggris semampunya. Kalau memang mereka masih belum paham yaitu dengan cara digambarkan di buku tulis.
Semoga bermanfaat
Mojokerto, 8-7-2018
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H