ANALISIS SWOT KELURAHAN LUBUKLINGGAU ULU
KEC.LUBUKLINGGAU BARATIIKOTALUBUKLINGGAU
Oleh : Deny N
PROLOG
Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh organisasi maka diperlukan alat-alat sarana (tools) atau unsur-unsur manajemen. Unsur manajemen adalah sesuatu yang menjadi bagian mutlak sebagai pembentuk manajemen, seperti yang dikemukakan oleh G.R Terry dengan istilah the six M’S in management. Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan.
sesuai dengan pengertian manajemen yaitu suatu kegiatan usaha kearah pencapaian tujuan tertentu dengan melalui kerja sama orang lain serta dengan pemanfaatan sumber-sumber lain yang tersedia, maka unsur-unsur manajemen meliputi:
1. Manusia (pelaksana yang handal dan terampil)
2. Money    (ketersediaan dana)
3. Mesin    (perlengkapan mesin-mesin sebagai alat bekerja,apabila diperlukan)
4. Metode  (cara)
5. Material (sarana dan prasarana)
6. Market   (pemasaran, pemasyarakatan dan pembudayaan)
Unsur-unsur manajemen tersebut di atas perlu dilakukan SWOT untuk mengetahui secara menyeluruh hal-hal sbb : Strength/Kekuatan, Weakness/ Kelemahan, Opportunity/Kesempatan, Threat/Ancaman, di dalam suatu organisasi. Pada Kesempatan ini penulis akan melakukan SWOT pada Kelurahan Lubuklinggau Ulu Kecamatan Lubuklinggau Barat II Kota Lubuklinggau.
SWOT
Tools Of Management
Ket /
Comments
Men
S
-Memiliki Kompetensi
-Mayoritas Pegawai memiliki Good Character
-SDM Berpengalaman
-Tingkat Pendidikan S 1 dan Min. SMA
-Kerja Keras, Loyalitas,dll
-Pengalaman Kerja rata-rata di atas 2tahun kerja
W
-Kesenjangan Pendidikan
-Longgarnya Punish and Reward antara SDM yang GoodCharacter and Bad Character
-Kurangnya Inovasi dan Kreatifitas (bkerja berdasarkan kebiasaan dan budaya terdahulu)
-Kurangnya kuantitas jumlah pegawai sehingga dapat menghambat kinerja dan pelayanan prima
-3 orang S1 dan 4 orang SMA
-1 orang pegawai mendapat teguran dari Lurah dan belum mendapatkan sanksi dari inspektorat
-Bekerja berdasarkan pengalaman atau kebiasaan terdahulu / tradisi
-Staf Kelurahan hanya 4 orang serta 1 orang Seklur dan 1 orang Kepala Seksi sedangkan 3 jabatan kepala seksi lainnya belum terisi.
0
-Peningkatkan kualitas kompetensi dan kapasitas SDM
-Peningkatan kuantitas SDM
-Pemberian Punish and Reward yang efektif
-SDM lebih kreatif dan inovatif melalui motivasi yang terus menerus
-Melalui pendidikan di perguruan tinggi maupun diklat-diklat internal
-Penambahan jumlah pegawai untuk mengatasi kelemahan
-Motivasi melalui contoh perilaku pimpinan
T
-Persaingan kinerja SDM antar Kelurahan
-Setiap tahun SDM /pegawai makin bertambah
-Masyarakat dapat membandingkan kualitas pelayanan antar SDM
-Pegawai lama harus senantiasa meningkatkan kualitas diri agar tidak tersisih dalam persaingan yang makin kompetitif
SWOT
Tools Of Management
Ket /
Comments
Money
S
-Adanya anggaran dana Kelurahan dari APBD Kota Lubuklinggau
-Adanya dana bantuan dari Gubernur Propinsi Sumsel
-Adanya dana bantuan dari beberapa Dinas dan Kantor dalam bentuk kerjasama kegiatan
-APBD
-APBD I (Program Bangub)
-Stimulan-BPMPK, Rehab Pos Jaga-Kesbanglinmas, dll
W
-Anggaran dana Kelurahan hanya untuk belanja rutin dan operasional Kelurahan
-Dana Bangub juga untuk operasional secara umum
-Kerjasama dengan instansi lain hanya bersifat sporadis atau kondisional
-Masih minimnya dana pendukung program pembangunan dan pelayanan yang khusus dianggarkan pada anggaran kelurahan
0
-Anggaran dana swadaya masyarakat
-Anggaran dana dari pihak ke III melalui kerjasama dengan Kelurahan
-Anggaran dana untuk Kelurahan tetapi pengerjaannya dilaksanakan oleh instansi lain
-Swadaya/dana urunan masyarakat
-Misalnya : PNPM,P2KP,dll
-Misalnya rencana pembangunan hasil Musrenbang Tk. Kelurahan yang pengerjaannya dilaksanakan oleh Dinas PU
T
-Masyarakat menganggap dana/anggaran adalah tugas dari Pemerintah
-Anggaran dari pihak ke III tidak melalui koordinasi dengan pihak kelurahan
-Program pembangunan yang diusulkan melalui Musrenbang tidakdisetujui sehingga tidak ada anggaran dana pembangunan Musrenbang di Kelurahan
SWOT
Tools Of Management
Ket /
Comments
Materials
S
-Tanah dan gedung kantor milik sendiri
-Adanya komputer dan mesin tik
-Blangko-blangko administrasi dan yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat lengkap
-Dokumentasi/arsip/buku registrasi lengkap
-Dokumen PP,Perda,Perwali,Tupoksi dll sebagai dasar bekerja lengkap
-Adanya Listrik /penerangan yang memudahkan kinerja dan proses pelayanan kepada masyarakat
-Gedung permanen
-Komputer adalah materials yang sangat vital dalam hal efektifitas dan efisiensi pelayanan serta kinerja
-Blangko telah tersedia sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih cepat
W
-Gedung kantor sudah butuh perehaban
-Sarana dan prasarana keseluruhan secara umum butuh penambahan, pergantian dan perawatan
-Pencairan anggaran dana untuk biaya perawatan kadangkala tidak tepat waktu karena harus melewati beberapa prosedur
-Misalnya : Komputer yang ada tidak up to date (Pentium IV) dan sering padam sendiri sehingga dapat menghambat kinerja dan pelayanan
0
-Adanya anggaran dana dan program untuk perehaban gedung kantor serta sarana dan prasarana lainnya
-Dapat menggunakan komputer/laptop pribadi pegawai
-Misalnya : melalui APBD, Bangub, Stimulan, Musrenbang, Hibah, dll
T
-Kurang puasnya masyarakat dalam hal efektifitas dan efisiensi pelayanan serta kinerja relevansinya terhadap keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di Kelurahan
-Misalnya : kurangnya sarana dan prasarana kebutuhan Karang Taruna dalam hal kepemudaan dan olahraga
SWOT
Tools Of Management
Ket /
Comments
Machine
S
-Menggunakan Komputer sebagai unsur mesin yang utama
-Menggunakan mesin ketik sebagai pendukung
-Adanya ListrikPLN sebagai sarana pendukung operasional mesin
-Komputer adalah materials yang sangat vital dalam hal efektifitas dan efisiensi pelayanan serta kinerja sedangkan mesin ketik adalah sebagai sarana pendamping atau alternatif
W
-Komputer yang ada butuh penambahan atau pergantian danperawatan
-Mesin ketik tidak optimal lagi untuk digunakan, butuh penambahan atau pergantian danperawatan
-Tidak adanya alternatif selain Listrik-PLN
-Misalnya : Komputer yang ada hanya 1 buah, tidak up to date (Pentium IV) dan sering padam sendiri sehingga dapat menghambat kinerja dan pelayanan
-Mesik ketik juga sudah mengalami kendala dalam mengoperasikannay
-Alternatif sumber listrik, misalnya Genset, dll
0
-Adanya anggaran dana dan program untuk penambahan atau pergantian komputer dan mesin ketik serta alternatif sumber listrik
-Dapat menggunakan komputer/laptop pribadi pegawai
-Misalnya : melalui APBD, Bangub, Stimulan, Musrenbang, Hibah, dll
T
-Kurang puasnya masyarakat dalam hal efektifitas dan efisiensi pelayanan serta kinerja relevansinya terhadap keterbatasan kerja mesin-mesin yang ada di Kelurahan
-Misalnya : Komputer yang ada hanya 1 buah, tidak up to date (Pentium IV) dan sering padam sendiri sehingga dapat menghambat kinerja dan pelayanan
SWOT
Tools Of Management
Ket /
Comments
Methods
S
-Metode pembagian kerja jelas (adanya job description)
-Kinerja dan pelayanan berdasarkan peraturan (PP, Perda, Perwali, dll)
-Adanya TUPOKSI dan uraian tugas masing-masing seksi dan individu
-Adanya kerjasama yang baik antar pegawai
-Berdasarkan per seksi (dapat dilihat di lampiran struktur organisasi) sehingga lebih efektif dan efisien serta agar tidak terjadi over lapping kewenangan
W
-Struktur organisasi dalam hal pengisian jabatan (Kasi) belum lengkap
-Belum ada SOP dan SPM untuk pengejewantahan peraturan di atasnya (PP, Perda, Perwali, dll)
-SOP (Sistem Operasional Prosedur), SIM (Sistem Informasi Manajemen)
0
-Melakukan pengusulan pengisian jabatan struktural yang kosong
-Membuat rancangan SOP dan SPM
T
-Hubungan eksternal untuk bidang tertentu terkendala karena kurang atau tidak adanya SDM pada bidang tersebut
-Standar pelayanan publik yang makin baik dari instansi publik lainnya
SWOT
Tools Of Management
Ket /
Comments
Markets
S
-Kelurahan Lubuklinggau Ulu memiliki 6 RT (jumlah penduduk tetap dan pendatang yang lumayan besar)
-Kelurahan Lubuklinggau Ulu memiliki letak yang strategis dekat dengan Kecamatan dan Pusat Ibukota Lubuklinggau
-Terdapat 1 Sekolah Dasar dan 1 PAUD
W
-Sistem administrasi kependudukan yang belum optimal dan online (6 RT)
-Letak Kelurahan Lubuklinggau Ulu yang strategis belum termanfaatkan dengan baik
0
-Memperbaiki sistem administrasi kependudukan melalui program sistem aplikasi pendataan penduduk Dinas Capil
-Dengan akses jalan yang mudah dan berada di lingkungan Ibukota Lubuklinggau membuat banyak peluang di bidang sosial ekonomi.
-Kemudahan akses birokrasi karena dekat dengan Kantor Kecamatan, Puskesmas dan Sekolah.
T
-Sistem Administrasi Kependudukan yang belum baik dapat menyebabkan tidak akuratnya data base kependudukan Kota Lubuklinggau
-Akses jalan raya yang mudah dan besar berisiko menimbulkan kecelakaan bagi warga.
-Letak Kelurahan Lubuklinggau Ulu yang strategis juga dapat menimbulkan ancaman di bidang kebersihan, ketertiban, keamanan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H