Mohon tunggu...
Wuri Handoko
Wuri Handoko Mohon Tunggu... Administrasi - Peneliti dan Penikmat Kopi

Arkeolog, Peneliti, Belajar Menulis Fiksi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Komik dan Animasi Arkeologi: Adaptasi Budaya Populer

3 Juli 2020   01:25 Diperbarui: 3 Juli 2020   02:12 782
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrasi Gambar Komik Rajaban Abimanyu. Sumber : Putra Kamajaya

Komik dan Animasi Arkeologi : Adaptasi Budaya Populer 

Bagi generasi milleneal 4.0 mungkin bidang ilmu arkeologi tidak menarik. Arkeologi identik dengan fosil, kuno, masa lalu dan hal yang telah usang lainnya.  Namun, arkeologi akan menjadi menarik apabila, dikemas dengan cara mengadaptasi perkembangan budaya populer yang kekinian. 

Jadi bahan baku hasil riset arkeologi yang ilmiah, bisa diadaptasikan kedalam budaya populer agar lebih bisa diterima oleh publik, terutama kalangan millennial. Putra Kamajaya, seorang illustratrator, komikus dan animator yang cukup punya pengalaman dan kompetensi. Putra Kamajaya, yang lulusan Universitas Airlangga itu juga adalah staf desain grafis Balai Arkeologi Sulut.

Menurut Putra, arkeologi perlu diadaptasikan ke ranah budaya populer, akan lebih diterima oleh masyarakat. Katanya, budaya populer lebih bisa dinikmati oleh anak-anak dan remaja (trend). Pun tinggalan arkeologi di Indonesia, hingga saat ini tampaknya kurang dikenal kalangan remaja. Dengan cara memperkenalkan ke dalam budaya populer, akan lebih menarik minat anak-anak dan remaja untuk mengenal arkeologi. Perkembangan budaya populer yang semakin diminati anak-anak dan remaja adalah komik dan animasi. 

Oleh karenanya, arkeologi perlu diadaptasi kedalam kedua contoh budaya populer itu. Mengapa perlu mengadaptasi arkeologi ke dalam komik dan animasi? Menurut Putra, setidaknya ada dua sebab, yaitu pertama, informasi dalam bentuk visual lebih mudah ditangkap. Kedua, anak-anak dan remaja lebih menyukai konten yang menghibur. Gambar visual lebih banyak bercerita. Dengan gambar, dalam satu frame saja, semua cerita bisa mengalir karenanya.

Mengadaptasi arkeologi ke dalam budaya populer perlu kolaborasi. Peneliti atau arkeolog tidak bisa kerja sendiri. Begitupun illustrator, komikus atau animator. Tidak mungkin bekerja sendiri. Karena interpretasi arkeologi adalah ranah peneliti. Komikus bertugas menerjemahkannya ke dalam bahasa visual. 

Bahasa gambar komik. Bahasa animasi. Cerita dan alur bisa dibuat arkeolog. Kolaborasi itu penting. Karenanya lahir cerita sekaligus pengetahuan. Membuat publikasi arkeologi untuk kalangan pelajar dengan visual yang menarik sesuai selera dan trend yang mereka ikuti. Dan jangan lupa membuat publikasi di sosial media.

Kolaborasi, memainkan peran masing-masing. Kolaborasi saling memberikan ruang, berbagi peran. Arkeolog atau peneliti arkeologi mensuplai informasi, tentang temuan arkeologi, tentang ilmunya, tentang situs arkeologi dan segala ihwal yang melekat di dalamnya. Arkeologi berperan melahirkan informasi, melahirkan knowledge atau pengetahuan. Sementara insan kreatif (animator, komikus, illustrator), merekayasa, mendesain dan menyisipkan elemen visual dari pengetahuann arkeologi agar bisa dinikmati publik. Memanjakan mata dan rasa.

Lalu, pengetahun yang dikemas dalam bahasa visual itu, perlu ruang. Lembaga riset, seperti Balai Arkeologi, bisa membangun web komik. Web komik, formatnya ramah untuk pembaca.  Animasi (layanan video streaming), lebih cepat viral dan mudah untuk dishare. Jangan lupa memanfaatkan medsos sebagai media promosi. 

Demikian Putra Kamajaya, staf desain grafis Balai Arkeologi Sulawesi Utara mendemonstrasikan pengetahuan dan pengalamannya menjadi komikus, animator dan illustrator. Putra lalu memberikan contoh platform web komik, seperti komik Wonder Boven adalah komik dengan genre drama tapi dengan latar belakang masa Hindia Belanda. Komik ini mensimulasi kehidupan penduduk pada masa itu, latar belakang tempat digambar sesuai dengan referensi bangunan kolonial. 

Tentang komik Wonder Boven Wonder, menurut Putra menyuguhkan referensi foto sangat membantu dalam pembuatan background bangunan kolonial. Lebih jauh, Putra juga menyajikan contoh karya komik yang pernah dibuatnya. Berlatar tentang kisah Mahabarata, berjudul "Rajaban Abimanyu". Berisi kisah perjuangan Abimanyu, dalam perang Kurusetra. Kisah ini hanya sepenggal dari kisah panjang Baratayudha. Yang jelas menurutnya, publik Indonesia, merespon dengan baik kisah komik yang mengangkat tema warisan budaya.

Sejatinya, ada kerinduan, ada spirit, ada antusiasme, ada harapan publik Indonesia, agar kisah-kisah komik, berisi tentang atau diangkat dari warisan budaya leluhur bangsa. Kisah yang mendidik, sekaligus menghibur. Ini yang sesungguhnya menginspirasi. Balai Arkeologi Sulawesi Utara, juga mulai mendengungkan Gerakan Literasi Arkeologi, khususnya di wilayah kerja Balai Arkeologi Sulawesi Utara. Bahwa edukasi untuk kalangan millennial, perlu terus digaungkan. Edukasi yang menghibur dan mencerahkan. Anak-anak diajarkan, disuplai pengetahuan tentang keluhuran budaya masa lalu, dengan cara yang menghibur, menggugah, sekaligus menginspirasi.

Balai Arkeologi atau Instansi pemerintah sebatas membuat konten yang edukatif, inspiratif, kreatif tapi menghibur (entertaining). Dan masyarakat umum bebas untuk berkreasi  dengan referensi dari hasil penelitian oleh peneliti arkeologi di Instansi pemerintah. 

Oleh karenanya, Instansi pemerintah harus memposisikan diri sebagai penyedia konten yang isinya berdasarkan data dan kajian ilmiah supaya adaptasi arkeologi ke dalam budaya popular memiliki rujukan yang proporsional, tetap menghibur tanpa kehilangan makna dan tujuan edukasinya. Tayangan-tayangan film arkeologi berlatar arkeologi seperti Tomb Rider, Indiana Jones, Lord of The Ring, karya asing, perlu mulai digeser dengan karya-karya anak bangsa, dengan mengangkat tema-tema warisan budaya leluhur Nusantara, melalui komik dan film-film animasi arkeologi bermutu.

 Indonesia, melalui para arkeolog, akan mampu menghasilkan daya tarik, nilai jual dari tema arkeologi. Karena arkeologi bisa menceritakan pengalaman yang di dalamnya ada kisah misteri dan petualangan,  menceritakan kehidupan masa lampau. Lalu mengemasnya ke dalam bahasa visual, entah itu komik atau film animasi. Sekali lagi, itu semua menjadi media edukasi yang menghibur. Balai Arkeologi Sulawesi Utara selumnya juga telah menghasilkan dua buah judul komik tentang Taman Megalitik Lore Lindu, dengan Judul Misteri Purba di Taman Megalitik Lore Lindu dan Petualangan Empat Anak Hebat Menyelamatkan Warisan Budaya.

Sekali lagi, perlunya kolaborasi. Saling melengkapi. Informasi dan pengetahuan arkeologi dihadirkan oleh peneliti, oleh arkeolog. Insan kreatif (komikus, illustrator, animator) mengemasnya dalam Bahasa visual yang mendidik dan menghibur. Dengan itu, maka akan lahir karya anak bangsa yang dapat memberikan konstribusi bagi dunia Pendidikan di Indonesia, sekalgus menawarkan alternatif hiburan yang edukatif. Hasil penelitian arkeologi, yang diolah menjadi knowledge, oleh arkeolog, lalu ditangkap oleh publik, oleh masyarakat untuk berkarya, berkreasi dan berinovasi. 

Demikianlah, sebenarnya, yang selalu digaungkan pula oleh lembaga riset, seperti Balai Arkeologi untuk membudayakan inovasi, menginovasikan budaya, sebagaimana yang pernah ditulis juga di Kompasiana sebelumnya. Juga menggaungkan soal pengembangan industri kreatif. Seni visual itu juga bagian dari industri kreatif yang punya peluang di masa depan arkeologi di Indonesia.  Salam Budaya....Salam Inovasi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun