Â
Dosen Pembimbing        : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          : Ds. Jiwan Kec. Jiwan Kab. Madiun
Waktu Observasi          : 6 Juli 2024
Tim Observer               : Elok Kurnia Eka  ( 2203102216 )
LATAR BELAKANG
Pujasera adalah salah satu cafe usaha dana desa yang terletak di lokasi Ds. Jiwan Kec. Jiwan Kab. Madiun yang berkonsep cafe terbuka. Pujasera dari tahun ke tahun makin survive dan makin berkembang karna lokasinya yang strategis ,tempatnya bersih nyaman dan instagramable. Pujasera mempunyai 8 kios dapur yang melayani berbagai menu makanan dan menerapkan sitem antrian one get way. Dengan bertambahnya pelanggan , pelayanan kasir dan penyajian di dapur pun makin sibuk sehingga menyebabkan antrian kadang membludak. terlebih saat waktu-waktu ramai , Jam malam, weekend, dan bulan ramadhan. Â Manajemen Pujasera ingin meningkatkan efisiensi sistem antrian untuk mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kepuasan pelanggan..
Â
TUJUAN
- Restoran Pujasera Jiwan mengalami lonjakan pelanggan pada jam malam, weekend , dan bulan Ramadhan
- Jumlah pegawai sekarang ada 34
- Kasir 4 orang ( kerja shif ) dengan 2 komputer kasir
- Pramusaji 8 orang
- Koki 7 orang
- Bagian dapur 5 orang
- Bagian cuci 2 orang
- Barista 4 orang
- Security 1 orang
- Pak kebon 1 orang
- Manajer 2 orang
- Pemesanan sistem Get one way
- Pengunjung lebih banyak pada waktu malam hari, weekend, dan ramadhan untuk buka bersama
- Jam operasional  jam 8 pagi- 10 malam
- Rata-rata Omset setiap hari
- Weekday pagi Rp 1.500.000
- Weekday malam Rp 6.000.000 -- Rp 7.000.000
- Weekend pagi Rp 2.500.000
- Weekend malam Rp 15.000.000
- Bulan ramadhan bisa berkali lipat dari omset weekend malam
- Nasi goreng menjadi menu best seller , sehingga pelanggan terkadang menunggu lebih lama untuk penyajian menu ini
- Selain pembayaran tunai juga sudah bisa melakukan pembayaran menggunakan  kartu debet, qris
METODOLOGI
- Wawancara dengan manajer Pujasera  untuk memperoleh data mengetahui  tantangan yang dihadapi
- Observasi langsung terhadap proses pemesanan dikasir dan penyajian makanan.
- Analisis menu-menu best seller yang menyebabkan antrian terlalu lama
HASIL YANG DIHARAPKAN
- Membuat barcode menu agar pelanggan yang ingin melakukan pemesanan secara scan barcode bisa langsung memilih menu dan payment E-wallet, karna ini lebih praktis
- Menambah koki pada menu best seller nasi gporeng
- Menambah loket kasir pada weekend dan bulan ramadhan
- Melakukan survei kepuasan pelanggan untuk mengetahui perubahan persepsi mereka terhadap layanan.
- Melakukan promo pada moment-moment tertentu , agar pelanggan tetap antusias untuk datang.
KESIMPULAN
Dengan mencapai hasil-hasil ini, restoran Pujasera di Jiwan dapat meningkatkan kinerja operasionalnya, memberikan pengalaman baik pada pelanggan , meningkatkan penjualan dan bisa mempertahankan daya saingnya di berbagai perubahan budaya dan pasar .
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H