Â
Dosen Pembimbing        : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.Ak
Lokasi Observasi          : PT. Indomarco Prismatama Cabang Sidomulyo, Kec. Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur 63157
Waktu Observasi          : 30 Juni 2024 -- 7 Juni 2024
Tim Observer              : Syifa Dinillah (2203102191)
Â
Â
LATAR BELAKANG
Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m. Toko pertama dengan nama Indomart dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 20 Juni 1988, dikelola oleh PT Indomarco Prismatama. Pada tahun 1997, perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai. Jumlah gerai hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan bulan Juni 2022, jumlah gerai sebanyak 20.000 gerai.
Dengan menyediakan bahan kebutuhan pokok sehari-hari, pastinya mayoritas masyarakat memenuhi kebutuhan tersebut dengan berbelanja kebutuhan pokok di indomaret. Hal ini membuat beberapa gerai kewalahan dengan banyaknya pelanggan yang berbelanja apalagi pada event dan jam jam tertentu. Hal ini membuat penuruan kepuasan pelanggann karena mangantre yang cukup lama dan mempengaruhi tingkat operasional toko. Dengan ini manajemen indomaret ingin meningkatkan system antrian di kasir untuk mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan pengalaman belanja pelanggan yang baik.
Â