Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kasus Riset Operasional: Sistem Antrian di Geprek Ayame Dr.R

13 September 2024   03:45 Diperbarui: 13 September 2024   03:48 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Antrian Geprek Dr. R/dok. pri

Dosen Pembimbing     : Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd.,M.Ak

Lokasi Observasi         : Jl.Thamrin No.05, Klegen, Kec.Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Waktu Observasi         : 20 Juni 2024

Tim Observasi             : 1. Tarisya Permata Dewi (2203102003)

                                      2. Sulis Setiyowati (2203102013)

                                      3. Hildan Rabbani (2203102018)

                                

LATAR BELAKANG

            Usaha Geprek Ayame Dr.R merupakan salah satu waralaba kuliner yang cukup populer di Indonesia. Usaha ayam geprek merujuk pada konsep kuliner yang memadukan ayam goreng dengan/tanpa tepung yang kemudian digeprek bersamaan dengan sambal yang diulek kasar yang kemudian dibuat lauk untuk disantap bersamaan dengan nasi hangat serta beberapa lalapan segar.

            Geprek Ayame Dr.R menggunakan konsep Self-Service Rice yang dimana pelanggan dapat mengambil nasi, sambal atau lalapan sendiri sesuai dengan keinginan mereka. Konsep ini bisa menjadi daya tarik tambahan bagi pelanggan yang menyukai kontrol atas porsi makanan mereka, dan juga dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif dalam proses pesanan makanan.

            Harapan dari pemilik Geprek Ayame Dr.R pada konsep ini juga sebagai sedekah yang menggabungkan aspek bisnis dengan amal atau memberi keringanan kepada yang membutuhkan.

TUJUAN

Menganalisis dan mengoptimalkan sistem antrian di Geprek Ayame Dr.R untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab antrian panjang, mengurangi waktu tunggu pelanggan dan meningkatkan efisiensi pelanggan.

DATA DAN ASUMSI

  • Jam Operasional                        : 09.00 WIB -- 21.00 WIB
  • Jumlah kasir yang tersedia        : 1 Kasir
  • Jumlah pelanggan per hari         : 100 - 150
  • Waktu pelayanan pelanggan     : 5 -- 10 menit
  • Waktu tunggu pelanggan          : 5 -- 10 menit
  • Waktu kedatangan pelanggan   : Pelanggan datang setiap waktu, akan tetapi lebih ramai saat jam makan siang atau jam istirahat kantor, sore menjelang malam, dan pada saat diadakannya diskon pada hari-hari tertentu.

METODOLOGI

  • Mengumpulkan data historis tentang kedatangan pelanggan dan memposisikan diri menjadi pelanggan untuk melihat waktu antrian dan pelayanan di kasir.
  • Observasi langsung yang dilakukan pada Kamis, 20 Juni 2024 untuk memverivikasi data jumlah pelanggan dan waktu tunggu pelanggan.
  • Wawancara dengan staff untuk mengetahui jumlah pelanggan per hari.

HASIL YANG DIHARAPKAN

  • Waktu Tunggu Rata-Rata : Mengurangi waktu tunggu rata-rata dari 5 -- 10 menit menjadi 5 menit.
  • Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya : Diharapkan peningkatan dalam efisiensi penggunaan staff
  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan : Diharapkan meningkatnya kepuasan pelanggan dengan adanya peningkatan dalam pelayanan dan pengurangan waktu tunggu
  • Peningkatan Penjualan : Dengan mengurangi waktu tunggu diharapkan peningkatan dalam penjualan
  • Pengoptimalisasian Pada Teknologi Yang Disediakan : Diharapkan dengan adanya QRIS dan Self-Service Rice dapat mempercepat proses transaksi dan lamanya pelayanan yang diberikan oleh staff.

SKENARIO HASIL DARI TIM OBSERVER PRODI S1 MANAJEMEN FEB UNIPMA

  • Peningkatan Kapasitas : Menambah jumlah kasir untuk mengurangi antrian.
  • Penerapan Teknologi Antrian : Mengimplementasikan sistem QRIS untuk pembayaran untuk meminimalisir lamanya uang pengembalian belanja.
  • Penjadwalan Staff yang Lebih Efisien: Menjadwalkan Staff sesuai dengan jam-jam sibuk untuk mengoptimalkan pelayanan.

IMPLEMENTASI DAN REKOMENDASI

  • Menambah 1 kasir lagi dan menambah metode barcode menu agar pelanggan tidak berlama-lama memilih menu yang dipesan didepan kasir dan menimbulkan antrian panjang di kasir.
  • Menambah jumlah tempat pengambilan nasi, es teh dan lalapan segar agar pelanggan tidak saling menunggu.
  • Mendisiplinkan jadwal kerja/tugas staff sesuai dengan pola kedatangan pelanggan.
  • Melakukan pengecekan stok nasi, es teh dan lalapan segar yang dihidangkan ditempat pengambilan selalu terpenuhi.
  • Melakukan survei kepuasan pelanggan untuk mengetahui perubahan persepsi mereka terhadap layanan.

Tim Observer/dok. pri
Tim Observer/dok. pri

KESIMPULAN

Dengan menerapkan hasil riset operasional, Geprek Ayame Dr.R dapat mengurangi waktu tunggu pelanggan di kasir secara signifikan, meningkatkan kinerja operasional dan para staff, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Rekomendasi yang dihasilkan dari riset ini dapat memberikan dampak positif pada manajemen pelayanan di Geprek Ayame Dr.R.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun