Mohon tunggu...
Wiwin Juliyanti
Wiwin Juliyanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Prodi S1 Manajemen UNIPMA

Hi! Salam Kenal :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PA II: Laporan Investigasi Pengelolaan Piutang Usaha di UMKM Toko Sella

5 Juni 2024   23:30 Diperbarui: 5 Juni 2024   23:59 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tanggal: 31 Maret 2024

Reporter :Tim Mahasiswa Kelas 2G, Semester 2, Prodi Manajemen      FEB UNIPMA.

1. Nurlinda Wahidatul Munawaroh(2303102155)

2. Intan Sri Purwanti(2303102158)

3. Astrid Viena Lingga(2303102174)

Dosen Pembimbing : Ibu Wiwin Juliyanti S.E., S.Pd., M.AK

Pendahuluan:

Dalam konteks mata kuliah Pengantar Akuntansi II dibawah bimbingan ibu Wiwin Juliyanti. Kami, tim mahasiswa kelas 2G, melakukan investigasi terkait pengelolaan piutang usaha di UMKM lokal. Tujuan kami adalah untuk memahami kebijakan dan praktik yang diterapkan oleh UMKM dalam mengelola akun Piutang Usaha, termasuk kebijakan terkait penagihan dan penanganan keterlambatan pembayaran.

Metode:

Kami melakukan wawancara langsung dengan Ibu Sella, pemilik UMKM "Toko Sella", yang bergerak dalam bidang industri perdagangan. Wawancara dilakukan secara tatap muka ditoko tersebut dan berlangsung selama satu jam. Kami mencatat semua informasi yang diberikan oleh Ibu Sella dan menyusunnya dalam laporan ini.

Hasil Wawancara:

  1.  Pengelolaan Piutang Usaha:

Toko Sella berdiri pada tahun 2019 sebelum terjadinya COVID-19. Ibu Sella menjelaskan bahwa setiap transaksi penjualan akan tercatat dalam buku piutang usaha. Pelanggan yang melakukan pembelian secara kredit dikenai maksimal biaya sebesar Rp 200.000.00. Beliau mengatakan diatas biaya yang telah ditentukan, maka pelanggan tidak bisa melakukan pembelian secara kredit. Karena sebelum dilakukan maksimal biaya tersebut, banyak pelanggan yang tidak membayar hutang sebagaimana mestinya. Itu menyebabkan stabilitas arus kas menurun dan mengakibatkan kerugian bagi toko. 

Catatan Piutang Toko Sella (Dok. Pribadi)
Catatan Piutang Toko Sella (Dok. Pribadi)
  1.  Kebijakan Terkait Keterlambatan Pembayaran:

Ibu Sella mengatakan bahwa beliau tidak memberi bunga atau denda atas keterlambatan pembayaran. Beliau memberikan kebebasan dalam waktu pembayaran. Namun, Toko Sella memiliki kebijakan dalam mencegah terjadinya keterlambatan pembayaran. Seperti, mengingatkan debitur atas kewajiban mereka dalam membayar Hutang.

  1.  Strategi Penagihan:

Ketika terjadi keterlambatan pembayaran, maka toko sella akan mengirimkan pengumpulan pesan yang jelas dan informatif kepada pelanggan yang terlambat membayar. Pesan ini mencangkup detail tentang tagihan. Jika pesan tidak cukup efektif, nyaman untuk melakukan panggilan telepon langsung kepada pelanggan atau memberitahu langsung jika pelanggan berkunjung kembali ke toko.

  1.  Kerjasama Dengan Pelanggan:

"Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang terlambat membayar dapat membantu dalam menyelesikan masalah" Ujar Ibu Sella. Hal ini mencangkup diskusi bagaimana mereka dapat mengelola masalah dengan baik. Terlepas dari keterlambatan pelanggan dalam membayar tagihan. Toko Sella berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan memastikan bahwa pelayanan mereka melebihi ekspetasi pelanggan. 

Analisis:

Dari hasil wawancara bersama dengan Ibu Sella pemilik toko tersebut. Kami dapat menyimpulkan bahwa "Toko Sella" mengelola piutang usaha dengan baik dan menggunakan pendekatan yang efektif dengan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan berbelanja. Meskipun tanpa menggunakan bunga dalam keterlambatan pembayaran, mereka memiliki solusi dengan membatasi maksimal kredit agar tidak mengganggu stabilitas arus kas. 

Kesimpulan:

Pengelolaan piutang yang efektif adalah kunci penting dalam bisnis, khususnya untuk bisnis kecil, untuk memastikan aliran kas yang stabil dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Strategi pengumpulan yang baik melibatkan komunikasi yang aktif dengan pelanggan dan menggunkan teknologi untuk memudahkan proses pengumpulan. 

Rekomendasi:

Kami merekomendasikan kepada "Toko Sella" untuk menerapkan sistem penagihan hutang dengan menggunakan komunikasi yang proaktif, jangan ragu untuk menghubungi pelanggan secara proaktif jika terjadi keterlambatan dalam pembayaran. Gunakan pendekan yang ramah dan professional untuk mengingatkan mereka tentang tagihan jatuh tempo. Dan sebaiknya memberikan batas waktu untuk menghindari resiko kerugian.

Tim Penyusun:

Tim Mahasiswa kelas 2G, Prodi Manajemen, FEB UNIPMA

  1. Nurlinda Wahidatul M. (2303102155)

  2. Intan Sri Purwanti (2303102158)

  3. Astrid Viena Lingga(2303102174)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun