Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Kelas VII SMP Muslimin Cililin Dalam Pembelajaran Descriptive Text
LINGKUP PENDIDIKAN: Sekolah Menengah Pertama (SMP).
TUJUAN YANG INGIN DICAPAI: Meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII pada materi descriptive text melalui model pembelajaran problem based learning (PBL).
PENULIS: Wiwin Damayanti, S.Pd.
TANGGAL: Sabtu, 07 Januari 2023
SITUASI
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
Setelah melakukan identifikasi masalah, mengeksplorasi dan menentukan penyebab masalah pada bulan Oktober 2022 terkait hasil proses pembelajaran/ asesmen peserta didik dalam materi descriptive text (sebagai sampel, pendidik mengambil dari hasil asesmen formatif pada tahun pelajaran 2020/2021, tepatnya pada tanggal 18 April 2020 melalui media asesmen quizizz). Di mana hasilnya, ketepatan peserta didik tidak mencapai 100% tetapi hanya 55 %.
Dari sana disimpulkan bahwa kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah kurangnya pemahaman peserta didik pada materi descriptive text, yang disebabkan:- Minat peserta didik dalam membaca descriptive text masih rendah.
- Peserta didik tidak faham fungsi sosial dan struktur umum descriptive text.
- Pendidik belum memilih model pembelajaran yang tepat.
- Pendidik belum optimal memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan
Praktik ini penting untuk dibagikan karena selain untuk berbagi pengalaman positif juga dapat menjadi motivasi bagi pendidik khususnya dan rekan pendidik pada umumnya untuk mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam mengatasi permasalahan peserta didik dalam pembelajaran.