Mohon tunggu...
Wiwin Sijabat
Wiwin Sijabat Mohon Tunggu... Lainnya - Profil Pribadi

Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pembangunan Pancabudi Medan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Strategi Pemasaran Mobil Listrik di Indonesia

4 November 2021   22:14 Diperbarui: 4 November 2021   22:23 6173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Strategi Pemasaran Mobil Listrik di Indonesia

WIWIN SIJABAT

NPM : 2115300003

Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Pembangunan Pancabudi Medan Kelas 1 A

Email : wiwinsijabat95@gmail.com

LATAR BELAKANG

Pencemaran udara di perkotaan di Indonesia saat ini sudah menjadi permasalahan yang sangat serius dan menjadi perhatian pemerintah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar minyak yang digunakan oleh kendaraan bermotor yang saat ini sangat meningkat setiap tahunnya. Penggunaan bahan bakar minyak yang tidak di kontrol akan dapat memperparah pencemaran udara yang dampaknya akan menimbulkan kerugian Kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Demi mengurangi pencemaran udara melalui kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak, Pemerintah Indonesia sangat mendorong penggunaan mobil listrik. Mobil listrik dipercaya menjadi solusi dalam mengurangi penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar minyak.

Mendukung program pemerintah tersebut, berbagai perusahaan otomotif berlomba-lomba memproduksi Mobil Listrik. Selain memproduksi perusahaan otomotif juga berlomba-lomba memasarkan produk mobil listrik kepada sebanyak mungkin masyarakat Indonesia. Berbagai strategi manajemen pemasaran diterapkan oleh setiap perusahan untuk memasarkan produk kepada calon konsumen.

PEMBAHASAN

Strategi Pemasaran adalah suatu upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa kepada masyarakat. Pada penyusunan rencana usaha secara menyeluruh dilandasi oleh strategi pemasaran. Penetapan strategi pemasaran digunakan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasaran. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

Fungsi Strategi Pemasaran ialah untuk mengatur jalannya bisnis sehingga koordinasi antar tim pemasaran berjalan secara efektif dan sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Strategi pemasaran juga mengharuskan pelaku bisnis agar dapat memperhitungkan jalannya bisnis pada masa yang akan datang.

Seperti halnya mobil listrik, pemasaran mobil listrik harus dilakukan dengan tepat sasaran dan efektif dan juga dapat memperhitungkan bagaimana mobil listrik dapat semakin berkembang di masa yang akan datang.

Elemen yang penting dalam  membangun strategi Pemasaran :

  • Produk : Pengenalan akan produk yang ditawarkan adalah penting seperti fitur, manfaat serta kebutuhan konsumen. Produk juga harus memiliki tampilan yang menarik mulai dari kemasan , tampilan, garansi kualitas dan lain-lain.
  • Harga : Dalam menentukan harga sangat penting untuk mempertimbangkan posisi bisnis yang ada di pasar saat ini. Juga harus memperhitungkan seperti diskon, pengaturan pembayaran dan proses perkreditan dan layanan pembayaran apapun yang dapat digunakan dalam pembelian produk.
  • Promosi : adalah aktivitas yang membuat produk lebih dikenal oleh konsumen. Promosi dapat dilakukan berupa pameran, atau iklan melalui media elektronik dan media sosial.
  • Tempat : Penting untuk memastikan bahwa produk yang ditawarkan mudah ditemukan atau didapatkan oleh pelanggan.
  • Orang-orang : ialah staf yang memasarkan dan menjual produk. Staf yang ramah dan pintar mengambil hati konsumen menjadi salah satu elemen penting dalam membangu strategi pemasaran.

Beberapa Tantangan Pemasaran Mobil Listrik di Indonesia :

  • Harga Mobil Listrik yang relatif lebih mahal menjadi salah satu kendala pemasaran mobil listrik di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak konsumen mobil masih lebih memilih menggunakan kendaraan konvensional yang menggunakan bahan bajar fosil.
  • Banyak calon konsumen yang menanyakan keandalan dan keamanan baterai mobil listrik dalam kondisi banjir atau jika melalui jalanan yang bisa mengguncang cukup parah.
  • Adanya Peraturan dari Kementerian Perindustrian yang mewajibkan industri otomotif  yang memasarkan produk mobil listrik di Indonesia agar memiliki TKDN sebesar  35 % sampai tahun 2023 dan akan bertambah sampai 40 % setelahnya.

Strategi Pemasaran Mobil Listrik di Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian membuat regulasi terkait Mobil Listrik di Indonesia. Disamping itu Pameran Mobil Listrik juga kerap kali dilakukan untuk mempromosikan dan mengenalkan mobil listrik di Indonesia. Dari Perusahaan otomotif juga berusaha melakukan sosialisasi dan membuat pilihan produk mobil listrik yang terjangkau. Salah satu perusahaan otomotif menerapkan strategi yaitu memadukan  mesin konvensional dengan motor listrik. Perusahaan tersebut memberikan harga yang tidak jauh berbeda antara mobil konvensional dan mobil listrik tersebut.

KESIMPULAN

1. Pemerintah mendukung perusahaan otomotif untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia sebagai salah satu solusi pencemaran udara .

2. Pemasaran mobil listrik di Indonesia sangat giat dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan otomotif.

SARAN

Adapun saran yang diberikan agar Pemerintah secepatnya membuat aturan terkait insentif mobil listrik sehingga harga terjangkau. Dan para perusahaan otomotif semakin memiliki inovasi strategi pemasaran dengan membuat banyak pilihan dan harga yang terjangkau

Daftar Pustaka

 Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018, Tersedia di Internet : https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133 (Diakses pada 4 November 2021)

Nuryanto, E., Muhammad, K. (2018). Tinjauan Pengembangan Mobil Listrik Menuju Teknologi Autonomous Vehicle, Tersedia di internet:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun