Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1
Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Oleh Atanasius Wirasakti Auratu, S.Pd
Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur
Â
Â
Model 4C (Connection, challenge, concept, change)
Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). Model ini cocok untuk digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran. Ada beberapa pertanyaan kunci yang menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini, yaitu:
1) Connection:Â Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak?
2) Challenge:Â Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?
3) Concept:Â Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak?