Mohon tunggu...
Wira D. Purwalodra (Second)
Wira D. Purwalodra (Second) Mohon Tunggu... Dosen - Seorang Pembelajar dan Pencari Kebenaran.

Banyak mimpi yang harus kujalani dengan perasaan syukur dan ikhlas. Mimpi-mimpi ini selalu bersemi dalam lubuk jiwa, dan menjadikan aku lebih hidup. Jika kelak aku terjaga dalam mimpi-mimpi ini, pertanda keberadaanku akan segera berakhir .... dariku Wira Dharmapanti Purwalodra, yang selalu menjaga agar mimpi-mimpi ini tetap indah.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Menembus Batas Metakognitif

5 Agustus 2023   13:58 Diperbarui: 5 Agustus 2023   13:59 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : Dok. Pribadi.

Oleh. Purwalodra

Konsep metakognitif yang menjelaskan kemampuan individu untuk memahami dan mengendalikan proses pemikiran dan belajar mereka sendiri telah menjadi fokus perhatian dalam bidang psikologi dan pendidikan. Namun, di balik penggunaan luas konsep ini, terdapat pertanyaan filosofis yang menarik tentang darimana konsep metakognitif berasal dan bagaimana konsep ini berkembang dalam pemikiran manusia ?!

John Flavell, seorang psikolog kognitif Amerika Serikat, dianggap sebagai pencetus konsep metakognitif pada tahun 1970-an. Flavell memperkenalkan istilah "metakognisi" yang melibatkan pemikiran tentang pikiran atau kemampuan untuk berpikir tentang belajar. Dalam kerangka ini, Flavell mengusulkan bahwa metakognisi membantu individu dalam memahami diri mereka sendiri dan mengendalikan proses pemikiran mereka, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Namun, secara filosofis, asal-usul konsep metakognitif dapat ditelusuri lebih jauh ke pemikiran filsuf-filsuf seperti Plato dan Aristoteles. Plato dalam dialog Phaedrus mengajukan konsep metis atau skill belajar, yang merujuk pada kemampuan untuk memahami, bagaimana kita belajar dan memahami hal-hal lebih baik. Ini mencerminkan inti dari metakognisi yang berpusat pada kemampuan sadar individu untuk memahami proses belajar mereka sendiri.

Aristoteles juga membuat kontribusi penting terhadap konsep metakognitif. Dalam bukunya "Ethics", dia membahas konsep "phronesis," yang sering diterjemahkan sebagai "kebijaksanaan praktis" atau "kecerdasan praktis." Aristoteles menggambarkan phronesis sebagai kebahagiaan yang dihasilkan dari pemahaman diri yang mendalam dan refleksi atas tindakan dan akibatnya. Hal ini dapat dikaitkan dengan pemahaman diri dan pengendalian proses pemikiran yang menjadi ciri utama metakognisi.

Konsep metakognitif kemudian berkembang secara signifikan melalui pemikiran filsuf lainnya. Misalnya, Ren Descartes dengan prinsip "cogito ergo sum" (aku berpikir, maka aku ada) memperkuat pentingnya pemikiran tentang pikiran dalam membedakan manusia dari makhluk lainnya. Di sisi lain, filsuf John Locke menyoroti pentingnya introspeksi atau pengamatan terhadap pikiran dan kesadaran dalam memahami dan memperoleh pengetahuan.

Seiring dengan perkembangan ilmu psikologi dan pendidikan, konsep metakognitif semakin mendapat perhatian dan penelitian yang lebih luas. Banyak teori dan model telah dikembangkan untuk menjelaskan dan mengukur metakognisi, seperti model dua kunci oleh Nelson dan Narens, teori regulasi diri oleh Zimmerman, dan model siklus metakognitif oleh Schraw dan Moshman.

Pengembangan konsep metakognitif juga tercermin dalam ide-ide populer seperti "belajar bagaimana cara belajar" dan penekanan pada penguatan kesadaran diri dan refleksi dalam pendidikan. Konsep ini terus mengalami evolusi dan penggunaannya, baik dalam konteks pendidikan formal maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui tinjauan filosofis ini, kita dapat melihat bahwa konsep metakognitif telah ada dalam pemikiran manusia sejak zaman kuno. Pemikiran filsafat mengenai pemahaman diri, introspeksi, dan pengendalian pikiran memberikan dasar filosofis yang kuat untuk konsep metakognitif yang kita kenal saat ini. Perkembangan konsep ini yang teliti dan terus berkembang seiring waktu telah membantu kita menyadari potensi dan berperilaku dengan cara yang lebih efektif dalam belajar dan berpikir.

Selanjutnya, para Filosof yang menjelajahi konsep metakognitif adalah filsuf Yunani kuno, Socrates. Socrates terkenal dengan metode dialektikanya, yang melibatkan serangkaian pertanyaan dan diskusi untuk mencapai pemahaman yang lebih dalam tentang suatu masalah atau konsep. Melalui pendekatannya yang mengajukan pertanyaan, Socrates mendorong orang untuk merenungkan proses pikiran mereka sendiri dan mengenali kekurangan pengetahuan atau pemahaman mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun