Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesiÂ
Mulai dari Diri Modul 2.3
- Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?
Ya, selalu. Perasaan saya seperti mau ujian nasional ketika sekolah dulu. Deg-degan, grogi, takut salah ngomong/bicara dan sebagainya
- Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.
Saat observasi:
a. Observasi di Kelas: Kepala sekolah mengidentifikasi praktik pengajaran yang efektif, seperti cara mendidik siswa dengan gaya yang berbeda, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, atau strategi manajemen kelas.
b. Pemantauan Interaksi: Kepala sekolah memeriksa interaksi antara guru dan siswa, mengidentifikasi pola komunikasi yang membangun interaksi yang positif
3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat  membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?
Proses supervisi akademik yang ideal memiliki beberapa tahapan yang dirancang untuk membantu pendidik berkembang:
- Perencanaan Awal
      Tujuan Bersama:  Supervisor dan pendidik menetapkan tujuan supervisi yang spesifik dan terukur yang ingin dicapai.
      Evaluasi Kebutuhan: Identifikasi area pengembangan yang relevan dan penting bagi pendidik.
- Observasi
      Pengamatan Langsung: Melibatkan pengawasan pendidikan di kelas, menyoroti praktik mengajar, interaksi dengan siswa,