Mohon tunggu...
Willyam Yohannes Simbolon
Willyam Yohannes Simbolon Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hoby saya bermain game dengan senang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Teknologi terhadap Siswa

8 Juli 2024   17:58 Diperbarui: 8 Juli 2024   17:58 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran telah menjadi semakin umum, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, muncul pula pertanyaan dan kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap siswa.

            Salah satu isu utama yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana penggunaan teknologi dapat memengaruhi perkembangan akademik dan sosial siswa. Penggunaan gadget, akses internet yang luas, dan media sosial telah menciptakan lingkungan belajar yang berbeda dari generasi sebelumnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, serta dampaknya terhadap keseimbangan antara kehidupan online dan offline siswa.

            Selain itu, peran teknologi dalam membentuk gaya belajar siswa dan keterampilan kognitif juga menjadi perhatian penting. Apakah penggunaan teknologi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep-konsep yang kompleks atau justru menghambat perkembangan keterampilan kritis dan analitis mereka? Pertanyaan ini menyoroti pentingnya untuk memahami secara mendalam bagaimana teknologi dapat memberikan kontribusi positif atau negatif terhadap proses pembelajaran siswa.

            Dengan latar belakang tersebut, penelitian mengenai pengaruh teknologi terhadap siswa menjadi sangat relevan dan penting untuk dilakukan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang dampak teknologi, para pendidik dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dalam meningkatkan pembelajaran dan perkembangan siswa.

1. TUJUAN PENELITIAN

            Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi pada siswa. Tujuan penelitian ini dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Menilai dampak positif dari kemajuan teknologi pada proses pembelajaran siswa.
  2. Mengidentifikasi Dampak Negatif Penggunaan Teknologi yang Berlebihan.
  3. Evaluasi Penggunaan Teknologi dalam Proses Pembelajaran.

2. MANFAAT PENELITIAN

            Manfaaat penelitian ini terhadap siswa membantu mengidentifikasi bagaimana teknologi dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangan siswa, serta mengatasi tantangan yang mungkin muncul. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pendidik, pembuat kebijakan, dan siswa untuk membuat keputusan yang lebih baik terkait penggunaan teknologi dalam pendidikan.

3. HASIL PENELITIAN

Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran digital atau Teknologi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran digital berpengaruh positif dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Motivasi belajar siswa untuk menggunakan pendekatan digital sebagai factor penting dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan pemanfaatan dan penggunaan Teknologi dapat mempermudah siswa untuk mendapatkan motivasi langsung dari Teknologi.

Menurut Dinda, siswa SMAN 4 Medan bahwa pembelajaran secara  digital dapat dipahami sebagai proses pendidikan, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membuat pelatihan, untuk mendistribusikan konten pembelajaran, komunikasi antara guru dan siswa. Hal ini bergantung pada guru yang cocok dengan pengajaran kelas untuk memanfaatkan strategi pengajaran yang baik, sesuai dengan iklim kelas dan menciptakan situasi belajar bagi siswa yang mau menggunakan pembelajaran digital sehingga siswa berani mengajukan pertanyaan dalam diskusi dan meningkatkan pembelajaran interaktif online dengan guru.

Menurut Bu Sri Kartini, Guru SMAN 4 Medan bahwa Perkembangan Teknologi dapat membantu Para Guru memungkinkan pendidikan jarak jauh, membantu siswa untuk terus belajar, dan meningkatkan akses pendidikan di berbagai wilayah. Selain itu, perkembangan teknologi para guru dapat melakukan ujian secara digital dengan menggunakan komputer. Namun beliau juga mengatakan bahwa ada juga dampak Teknologi terhadapat siswa karena penggunaan teknologi seperti android siswa jadi ketergantungan dengan android.Di saat jam pembelajaran berlangsung siswa banyak yang menggunakan android dengan tidak memanfaatkan android sebagai mana seharusnya. Contoh nya siswa bermain Game disaat pelajaran berlangsung, atau siswa membuka medsos disaat perlajaran berlangsung. Hal tersebut mempengaruhi fokus siswa terhadap pelajaran.

Pembahasan ini mencakup dampak positif dan negatif dari perkembangan Teknologi terhadap siswa.Siswa perlu diberdayakan dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menggunakan Teknologi secara bertanggung jawab dan aman.

4. KESIMPULAN 

            Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi memiliki pengaruh yang kompleks terhadap siswa SMAN 4 Medan, sementara beberapa siswa merasakan manfaat besar dalam hal akses ke informasi dan peningkatan kolaborasi, yang lain mengalami dampak negatif pada kesehatan mental mereka. Penggunaan teknologi yang bijak dan terarah diperlukan untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan dampak negatifnya terhadap siswa.
            

5. SARAN

Saran kami terhapadap Guru dan siswa terkait kegiatan kami adalah:

1. Saran kami Terhadap pengajar :

a. Memberikan pengawasan yang tepat terhadap penggunaan teknologi oleh siswa, termasuk pemantauan waktu layar dan konten yang diakses untuk memastikan bahwa teknologi digunakan untuk tujuan edukatif.

b. Mengadakan pelatihan rutin bagi guru tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran agar mereka dapat memanfaatkan perangkat digital dengan maksimal dan mengajarkan siswa cara menggunakannya dengan bijak.

2. Saran kami terhadap siswa:

a. Siswa harus mampu untuk mengatur waktu penggunaan teknologi, menghindari distraksi dari media sosial dan game online saat belajar, serta menetapkan batas waktu untuk penggunaan perangkat digital.

b. Mengajak siswa untuk seimbang antara aktivitas online dan offline, termasuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan interaksi sosial secara langsung untuk mengurangi isolasi sosial.

c. Mendorong siswa untuk menggunakan aplikasi dan platform edukatif yang dapat membantu mereka dalam memahami materi pelajaran dan meningkatkan prestasi akademik.

6. DOKUMENTASI

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun