Pertanyaan itulah yang menjadi inti dari kegiatan saya hari ini, Rabu 4 Agustus 2010 di Gedung Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta Selatan. Acara dengan makalah utama dari Bapak Dr. Buranuddin Tola dan Bapak Dr. Agung Purwadi mengambil topik Kemana arah penelitian dan pengembangan kebijakan pendidikan?
Bila membaca presentasi dari pak Burhanuddin Tola, Kepala Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Balitbang Kemendiknas, maka akan kita dapatkan benang merah tentang kegiatan pokok yang menjadi recana kerja dari balitbang, yaitu:
1.      Jaringan penelitian Pendidikan (Simposium Naional)
2.      Pengembangan Proram kerja  Penelitian Pendidikan
3.      Pangkalan Penelitian Tindakan
4.      Education for Sustainable Development (ESD)
5.      Analis cost benefit dan struktur biaya pendidikan
6.      Pengembangan model pendidikan inklusif
7.      Model pendidikan Berbasis local / desentralisasi
8.      Hubungan SPMP, SNP, dan Akreditasi
9.      Pendidikan karakter Bangsa
10.  Pendidikan Kewirausahaan
11.  Pendidik dan tenaga kependidikan
12.  Sertifikasi guru
13.  Buka tutup program studi di PT/Politeknik
14.  Keselarasan Lulusan Dunia pendidikan dan dunia kerja
15.  Penerbitan Jurnal, dll
[caption id="attachment_216118" align="alignleft" width="300" caption="Presentasi Makalah Utama"][/caption]
Masih banyak rencana kerja itu yang sangat mungkin untuk terus diteliti sehingga data dan fakta dapat terkumpulkan dengan baik guna mewujudkan visi dan misi dari Balitbang Kemendiknas. Visi balitbang adalah menjadikan penghasil penelitian kebijakan dan inovasi pendidikan bagi penetapan kebijakan pendidikan nasional. Sedangkan misinya adalah menghasilkan usulan kebijakan pimpinan departemen, mendukung penyelarasan kebijakan pendidikan antara tingkatnasional dan daerah, serta melakukan inovasi dan perekayasaan pendidikan.
Untuk bisa mewujudkan itu semua, tentu dibutuhkan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang mampu memberikan layanan hasil penelitian. Itulah hal inti yang disampaikan oleh bapak Burhanuddin tola.
Bagi saya secara pribadi, penelitian jelas sangat dibutuhkan oleh mereka yang ingin memperbaiki kinerjanya sebagai seorang professional. Apalagi bila ingin menjadi guru dan dosen professional, maka mereka perlu meneliti untuk meningkatkan hasil belajar para peserta didiknya. Hal itupun diamini oleh bapak Agung Purwadi yang juga turut mempresentasikan makalahnya.
Hasil penelitian dan pengembangan pendidikan yang berkualitas menjadi suatu keharusan, mengingat hasil penelitian dan pengembangan akan dimanfaatkan oleh stakeholders dalam merumuskan kebijakan pendidikan dalam mewujudkan  pendidikan yang berkualitas. Apalagi adanya tuntunan keselarasan kebijakan pendidikan antara pemerintah pusat, dan pemerintah daerah. (bersambung)
Salam Blogger Persahabatan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H