Mohon tunggu...
Wijanto Hadipuro
Wijanto Hadipuro Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti dan penulis

Saya pensiunan tenaga pengajar yang senang menulis tentang apa saja. Tulisan saya tersebar di Facebook, blogspot.com, beberapa media masa dan tentunya di Kompasiana. Beberapa tulisan sudah diterbitkan ke dalam beberapa buku.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Anda Menerima E-Mail dari Gojek: Mengubah Lanskap Penelitian Sosial

21 Desember 2024   13:09 Diperbarui: 21 Desember 2024   13:12 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tanggal 20 Desember 2024 saya menerima e-mail dari Gojek. Isinya tentang siapa saya sepanjang tahun 2024 versi Gojek. Apakah saya termasuk si paling royal, bolang, mewah, baik hatinya, paling berbagi, atau si paling hemat. E-mail Gojek ini berisikan jumpa pertama saya dengan Gojek sampai warna-warni keseharian saya bersama Gojek.

Saya semula tidak ingat, bahwa pertama kali saya menggunakan Gojek adalah pada tahun 2019. Maklum, sebelumnya saya menggunakan HP jadul, sehingga jika saya ingin menggunakan jasa Gojek, saya meminta bantuan istri saya untuk memesankannya dari Semarang, termasuk untuk kebutuhan jasa transportasi saya di luar kota Semarang. Sampai dengan awal tahun 2019 masih dimungkinkan istri saya memesan Gojek dari Semarang untuk keperluan transportasi lokal saya di luar kota Semarang. Jika tidak diingatkan oleh Gojek melalui e-mail-nya, saya tidak ingat persis bahwa setelah itu saya berganti HP menjadi lebih canggih dan memesan jasa Gojek sendiri pada tahun 2019.

Dalam e-mail-nya disebutkan berapa kali saya menggunakan jasa GoRide dan GoCar di kota mana saja serta jarak tempuhnya, berapa kali saya membeli makanan menggunakan jasa GoFood dan juga resto favorit saya, pada bulan apa saya paling banyak menggunakan jasa Gojek, berapa kali saya memberikan tip ke pengemudi, dan berapa rupiah saya berhemat karena menggunakan promo Gojek.

Aplikasi dan Kecerdasan Buatan

Aplikasi seperti GoJek memungkinkan pebisnis untuk memperoleh data secara presisi dan detil tentang profil seseorang, seperti profil saya saat menggunakan Gojek. Karena Gojek memiliki data kebiasaan makan saya melalui pesanan makanan melalui GoFood, Gojek bahkan dapat menawarkan restoran terdekat yang menjual makanan tersebut saat saya ada di kota lain.

Gojek juga tahu persis pengemudi mana yang memiliki kinerja yang baik yang selalu memperoleh lima bintang, dan juga penumpang mana yang selalu memberikan penilaian jelek. Data-data seperti ini dapat digunakan untuk berbagai keputusan manajerial, seperti pembinaan kepada pengemudi yang buruk kinerjanya dan juga untuk menggali informasi yang lebih mendalam dari pengguna jasa yang memberikan nilai buruk.

Barangkali yang paling lengkap memiliki profil pribadi kita adalah Google. Google tahu persis hobby kita, bacaan yang kita sukai, tempat yang kita minati, dan lain-lain dari kata kunci yang kita gunakan saat kita mencari sesuatu di Google dan situs yang kita kunjungi. Yang paling fenomenal adalah penggunaan data Facebook pada pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2016 (Bofa, Budi dan Sudirman, 2022), tanpa sepengetahuan pemilik akun Facebook. Data yang digunakan tersebut meliputi nama, jenis kelamin, umur, lokasi, status updates, kesukaan, pertemanan, dan bahkan informasi pribadi yang kemudian diubah menjadi data perilaku. Data tersebut digunakan Donald Trump untuk kampanye digital-nya di tahun 2016.

Di Filipina aplikasi sejenis menjadi salah satu sumber data yang digunakan untuk memprediksi penyebaran penyakit campak (Montalan, dkk., 2019). Penyebaran satu penyakit menular tertentu dapat diprediksi melalui data mobilitas penduduk yang menggunakan transportasi umum. Tentunya transportasi umum tersebut menggunakan cara menempelkan kartu elektronik saat masuk dan keluar halte. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan kecerdasan buatan.

Di Jakarta dan kota lain yang transportasi umumnya menggunakan sistem tapping kartu elektronik, penutupan dan pembukaan rute baru dimungkinkan dilakukan secara lebih akurat dengan melihat kebiasaan pengguna jasa masuk dan keluar halte. Yang paling baru adalah keputusan untuk menutup jasa Transjakarta Koridor 1 dan 2 karena bersinggungan dengan jalur MRT (Kompas.com, 20/12/2024). Keputusan ini akan akurat jika dilakukan analisis terhadap data pengguna koridor tersebut, termasuk keputusan tentang kapasitas MRT di jalur tersebut pada satu waktu tertentu setelah penutupan kedua koridor.

Aplikasi Shopee juga memungkinkan melihat dampak promosi yang dilakukan secara lebih akurat. Berapa pengguna baru yang mengunduh aplikasi Shopee saat promosi dilakukan, produk apa dan siapa yang membeli produk saat promosi dilakukan, adalah beberapa informasi yang dapat diperoleh dari data-data Shopee yang diolah dengan menggunakan kecerdasan buatan.

Peran kecerdasan buatan menjadi semakin nyata saat data-data yang diperoleh dari penggunaan aplikasi dianalisis untuk pengambilan keputusan. Melihat 'bahaya' eksploitasi data seperti ini yang dianalisis dengan kecerdasan buatan, Pemerintah Singapura didorong untuk mengembangkan platform jasa keuangan untuk mengimbangi platform yang dibuat oleh pebisnis swasta (Woods, Bunnell dan Kong, 2023).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun