Mohon tunggu...
Widyani
Widyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pamulang

kesehatan,kecerdasan,dan kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SEL.11.2-T6-8 Aksi Nyata Perspektif Sosio Kultural dalam Pendiidkan Indonesia

31 Juli 2024   11:45 Diperbarui: 31 Juli 2024   12:16 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Intruksi Penugasan

LK Individu 28 

Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog:

Refleksi kegiatan pembelajaran di SMKN 1 Kota Tangerang Selatan
Refleksi kegiatan pembelajaran di SMKN 1 Kota Tangerang Selatan

1. Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawab : Yang saya pikirkan mengenai topik ini sebelum memulai proses pembelajaran diantaranya yaitu pembahasan materi yang akan di bahas sangat menarik karena materi berkaitan dengan Isu-isu penyelenggaraan Pendidikan di sekolah dalam perspektif sosiokultural baik dari segi pendekatan, strategi, metode dan teknik serta materi pembelajran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD.

Selain itu juga tentunya saya berfikir dengan membahas Isu-isu penyelenggaraan pendidikan di sekolah akan lebhi memberikan pengetahuan yang lebih luas lagi bagi saya untuk mengenal apa saja yang sudah terjadi dan berkembang pada pendidikan dulu sampai dengan saat ini.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Jawab : pada bagian eksplorasi konsep banyak hal baru yang telah saya pelajari khusunya melalui video yang telah ditampilkan tentunya disitu saya dapat melihat  bahwa masih banyak daerah-daerah yang masih perlu kita perhatikan dengan lebih teliti lagi mengingat pendidikan yang harusnya memberikan kemudahan pada masyarakat pada video tersebut tampak adanya kesenjangan dalam pendidikan salah satunya pendidikan yang masih memprihatinkan pada suku asmat.

selain dari itu pada eksplorasi konsep juga  menjelaskan secara mendalam mengenai  ide-ide Vygotsky yang dapat membantu saya dalam merubah pendidikan bahwasannya perlu untuk menerapkan teori Vygotsky dalam praktik pendidikan.

3. Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasiJawab : Di ruang kolaborasi topik 6 ini saya bersama dengan rekan Kelompok 4 mendiskusikan mengenai Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan disekolah serta memberikan pendapat masing-masing mengenai cara pandang dan kesiapan dari setiap anggota kelompok  tentang kesiapannya mengejar dengan memperhatikan  Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik pada peserta didik

4. Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawab : pada bagian demontrasi kontekstual tentunya saya dan rekan kelompok saya bersama dengan kelompok lainnya mempresentasikan hasil diskusi sebelumnya di kelas dengan  saling memberikan pendapat masing masing serta berdiskusi melalui kegiatan tanya jawab bersama dengan kelompok lainnya. yang dapat saya pelajari melalui proses demonstrasi ini saya lebih memahami materi terkait pembahasan yang ada di topik 6 seperti lebih mengtahui isu-isu penyelenggaraan pendidikan di sekolah dapat dipengaruhui oleh beberapa  faktor. salah satunya ekonomi, politik dan sosial juga budaya, adapun dari rekan-rekan kelompok lainnya  yaitu saya mendapatkan ilmu bahwa  perlu adanya kerjasama yang baik untuk dapat tampil di depan kelompok lainnya.

5. Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Jawab : sejauh ini yang sudah saya pahami mengenai topik ini yaitu bagaimana hubungan perspektif sosiokultural serta strategi yang digunakan dalam penerapan ZPD dan Bagaimana menghadapi Isu-isu Penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Jawab :  yang saya pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai yaitu saya hanya melihat bahwa banyak kekurangan dalam menjangkau pendidikan, khususnya pada daerah-daerah tertentu. namun setelah melalui kegiatan diskusi dan demonstrasi bersama dengan rekan-rekan kelompok lainnya, saya lebih memahami bahwa Isu-isu penyelenggaraan Pendidikan di sekolah ini banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya faktor politik, seperti adanya perbedaan antara pendidikan atau sekolah-sekolah yang ada di perkotaan dengan sekolah yang ada di pedesaan

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

jawab : adapun yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana mengatasi Isu-isu penyelenggaraan pendidikan dilihat dari perspektif sosiokultural baik sosia, budaya ekonomi dan politik. serta implementasi ZPD pada beberapa sekolah yang masih memprihatinkan seperti di sekolah-sekolah yang ada pada daerah 3T.

6. Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Jawab : yang saya pelajari dari koneksi antar materi ini saya jadi lebih tau bahwa pembahasan materi ini saling berkaitan dengan beberapa topik bahsan yang ada pada mata kuliah lain. seperti topik yang ada di mata kuliah PPL 1 dan 2, topik Filosofi pendidikan, Perkembangan peserta didik dalam pembelajarannya dan mata kuliah Asesmen.

7. Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Jawab ; Tentunya melalui pembelajran ini dapat membantu saya untuk lebih mempersiapkan diri khususnya sebagai calon guru untuk dapat mengatasi Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan di sekolah.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Jawab ; saya menilai kesiapan saya berada pada angka 7-8 mengapa berada pada angka-angka tersebut karena saya masih membutuhkan bantuan dari guru-guru yang berpengalaman untuk berbagi informasi terkait dengan pengalaman mengajar di kelas dan bagaimana harus beradaptasi ketika ditempatkan di sekolah yang ada di daerah yang masih belum mendapatkan fasilitas lengkap dari pemerintah.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Jawab : yang perlu saya persiapkan untuk saat ini adalah lebih banyak memahami Isu-isu penyelenggaraan pendidikan di sekolah dan bagaimana cara mengatasinya, kemudian lebih banyak melakukan diskusi dengan beberapa guru yang lebih berpengalaman, serta mengikuti pelatihan dan seminar untuk dapat lebih mempersiapkan kesiapan saya dalam mengajar

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun