Mohon tunggu...
Widyani
Widyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pamulang

kesehatan,kecerdasan,dan kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Topik 5 Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

15 Juli 2024   09:20 Diperbarui: 15 Juli 2024   09:27 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum mempelajari topik ini, saya berpikir bahwa pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai scaffolding dalam ZPD bukanlah satu-satunya yang mempengaruhi pendidikan dan proses belajar. Pembelajaran di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Semua faktor ini dapat mempengaruhi keterampilan dan pengetahuan siswa yang beragam

2. Eksplorasi Konsep

 Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Dalam topik ini, saya belajar bahwa guru perlu memahami pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai scaffolding dalam ZPD. Ini penting karena dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan siswa. Guru harus memberikan bantuan yang tepat untuk membantu siswa mencapai potensi mereka secara optimal. Penting bagi guru untuk memahami kemampuan siswa agar dapat memberikan stimulus yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Pada tahap ruang kolaborasi, saya dan rekan-rekan saling berbagi pandangan mengenai pembelajaran dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik yang diterapkan sebagai scaffolding dalam ZPD, yang sangat mempengaruhi proses pendidikan dan pembelajaran. selain itu Kami juga berdiskusi tentang kesiapan mengajar dengan memperhatikan pendekatan tersebut untuk kegiatan pembelajaran yang efektif. Pada akhir sesi ini, tentunya kami menyatukan pemahaman tentang persamaan dan perbedaan pendapat terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik scaffolding dalam ZPD pada peserta didik.

4.  Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)? 

Hal penting yang saya peroleh setelah mempelajari topik ini adalah pentingnya memahami penerapan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding dalam ZPD. Ini membantu guru merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kemampuan siswa, serta menjadi fasilitator untuk mengembangkan potensi mereka.

Sejauh ini, yang saya pahami tentang topik ini adalah bahwa melalui pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding dalam ZPD, siswa dapat mencapai potensi maksimalnya. Mereka dapat mengembangkan pemahaman, keterampilan, dan kemampuan yang lebih tinggi melalui kolaborasi, interaksi sosial, dan bimbingan selama proses pembelajaran.

Banyak hal baik yang saya dapatkan setelah mempelajari materi ini, antara lain:

  • Sikap pendidik dalam melatih siswa untuk melihat tindakan mereka sebagai investasi masa depan.
  • Pentingnya mengembangkan aktivitas belajar sesuai dengan usia perkembangan siswa.
  • Memperhatikan ZPD siswa dalam memberikan scaffolding, agar tidak terjadi pengekangan atau pemaksaan kemampuan.
  • Pendidik perlu mengembangkan kemampuan reflektif, baik untuk diri sendiri maupun siswa.
  • Mengembangkan kemampuan hipotesis siswa dalam proses pembelajaran.
  • Menuntun siswa sekolah menengah untuk mengembangkan pengetahuan mereka.

5.  Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini, yang saya pahami tentang topik ini adalah bahwa penerapan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran sebagai scaffolding dalam ZPD sangat berpengaruh dalam pendidikan dan proses pembelajaran. Guru perlu memahami konsep-konsep ini agar dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa dan memberikan bantuan yang tepat untuk mengembangkan potensi mereka serta mencapai pertumbuhan yang optimal. Oleh karena itu, saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang pendekatan, metode, dan model pembelajaran yang sesuai untuk penerapan scaffolding dalam ZPD.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal baru yang saya pahami adalah betapa pentingnya peran scaffolding dalam ZPD untuk membantu siswa mencapai potensi maksimal mereka. Awalnya, saya berpikir bahwa faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik lebih dominan dalam mempengaruhi pembelajaran, tetapi sekarang saya melihat bahwa pendekatan pedagogis yang tepat juga sangat penting.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang pendekatan, metode, dan model pembelajaran yang sesuai untuk penerapan scaffolding dalam ZPD, agar dapat menerapkannya dengan optimal dalam proses pembelajaran..

6. Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Saya belajar bahwa konsep scaffolding dalam ZPD berhubungan erat dengan berbagai teori pendidikan lain yang sudah saya pelajari. Misalnya, konsep ini terkait dengan teori perkembangan kognitif dan sosial siswa, serta prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif. Koneksi ini membantu saya memahami bagaimana menerapkan teori dalam praktik nyata di kelas.

7. Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Pembelajaran ini membantu saya memahami pentingnya merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan potensi siswa. Ini meningkatkan kesiapan saya sebagai guru untuk memberikan bimbingan yang efektif dan memfasilitasi perkembangan optimal siswa.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saya menilai kesiapan saya saat ini sekitar 7. Alasannya adalah saya merasa sudah memahami konsep dasar dan pentingnya scaffolding dalam ZPD, tetapi masih perlu lebih banyak pengalaman praktis dan pengetahuan lebih lanjut tentang berbagai pendekatan dan metode yang bisa diterapkan.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Saya perlu mempersiapkan lebih banyak pengetahuan tentang berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan scaffolding dalam ZPD. Selain itu, saya juga perlu meningkatkan keterampilan praktis melalui latihan dan pengalaman langsung di kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun