Perkembangan pesawat terbang khususnya pesawat penumpang dan barang (airliner) dari waktu ke waktu menunjukan banyak perubahan dalam berbagai hal seperti kecepatan, ukuran, daya jelajah dan lainnya.
Pada hal kecepatan, kelahiran kembali pesawat airliner supersonik yang tengah dikembangkan oleh beberapa perusahaan pengembang pesawat akan mempersingkat waktu tempuh yang signifikan terutama pada penerbangan jarak jauh seperti penerbangan antar benua dan lintas samudera.
Dalam hal ukuran, kita bisa melihat pesawat airliner dengan berbagai ukuran mulai dari kecil, sedang, besar dan hingga super jumbo yang masing masing ukuran menawarkan daya tampungnya kepada operator agar sesuai dengan kebutuhannya masing masing.
Namun untuk bentuknya mungkin akan berbeda di masa mendatang pada pesawat terbang penumpang dan barang dimana saat ini yang umum kita lihat adalah pesawat berbentuk tabung serta dengan rentangan sayap di kedua sisi (tube-wing).
Adalah pesawat Blended Wing Body atau disingkat dengan BWB yang sepertinya akan menggantikan pesawat penumpang dan barang (airliner) berbentuk tabung, pesawat BWB memiliki badan pesawat seperti menyatu dengan sayap tanpa ada batas yang jelas diantara keduanya.
Konsep BWB sendiri bukan sesuatu yang asing di dunia aviasi, pengembangan konsep ini sudah dimulai sejak tahun 1920 oleh beberapa pengembang pesawat, namun hingga desain BWB-17 dari NASA bersama dengan McDonnell Douglas belum ada satupun yang diproduksi dan dipasarkan secara komersial.
Akan tetapi beberapa pengembang dan pabrikan pesawat sepertinya akan kembali lagi ke meja pendesainan mereka pada konsep BWB ini baik untuk pesawat penumpang dan barang maupun militer.
Perkembangan terakhir adalah dari pengembang pesawat BWB yaitu Natilus yang berencana akan menjadi yang pertama memproduksi pesawat airliner BWB secara komersial melalui pesawat yang mereka namakan Horizon.
Pabrikan Airbus juga telah melakukan pengembangan konsep BWB dengan pesawat model bernama MAVERIC (Model Aircraft for Validation and Experimentation of Robust Innnovative Controls), Airbus berencana akan menggantikan keluarga A-320 dengan konsep BWB.
Pihak militer Amerika juga dikabarkan telah melakukan studi untuk mengembangkan pesawat angkut dengan konsep BWB dengan menggandeng perusahaan JetZero, sedangkan pihak Boeing digandeng oleh NASA untuk mengembangkan pesawat tanpa awak dengan konsep BWB pula.