Mohon tunggu...
Widz Stoops
Widz Stoops Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Penulis buku “Warisan dalam Kamar Pendaringan”, Animal Lover.

Smile! It increases your face value.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Liciana, Perawan Terpilih

26 Januari 2020   06:32 Diperbarui: 26 Januari 2020   06:45 577
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber website Museo Thyssen

Saat itu keperawanan tidak hanya sebagai simbol kemodisan, spirit dan raga , tetapi juga simbol kemurnian ritual itu sendiri.

Vestal Licinia tahu pasti bahwa dia tidak boleh membiarkan api Vesta padam. Hidupnya, juga Vestal Virgin lainya serta keselamatan hidup negaranya bergantung pada kobaran api Vesta.

Vestal Licinia belajar bagaimana mengambil air dari sumber air terdekat untuk membersihkan tempat pemujaan, mempelajari kapan jadwal-jadwal ritual di adakan, persiapannya dan bagaimana ritual diadakan.

Pada saat Vestal Licinia menyelesaikan masa latihannya, dia kini berusia 16 tahun.Vestal Liciana menyadari semua tingkah lakunya harus mencerminkan sebagaimana layaknya seorang Vestal Virgin.

Pada saat gilirannya mengambil air, matanya harus tetap menunduk ke bawah dan juga harus selalu fokus pada saat ia melaksanakan ritual.

Vestal Liciana mengabdikan seluruh energinya untuk menjadi Vestal Virgin yang terbaik. Dia sangat takut jika api Vesta padam, Negaranya akan menyalahkan dan menuduhnya tidak perawan lagi.

Sangat takut mereka akan mengorbankan dirinya demi keselamatan Negara terlepas apakah dia bersalah atau tidak.

Vestal Liciana teringat kejadian ketika dirinya masih kecil menyaksikan di jalan dengan mata kepala sendiri. Kini dia mengerti mengapa Vestal Aquilia Severa dikubur hidup-hidup.

Setahun yang lalu api Vesta pernah padam. Keenam  Vestal Virgins saat itu tentu saja tak dapat menyembunyikannya, karena kelangsungan Negara sangat bergantung pada kobaran api Vesta.

Mereka kemudian melaporkan kepada Pendeta yang langsung melakukan investigasi mencari penyebab padamnya api.

Seseorang melaporkan kepada pendeta, bahwa satu dari keenam Vestal Virgins sudah tidak perawan lagi. Di sanalah awal dari berakhirnya Vestal Aquilia Severa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun