Promo pesta diskon 11.11 tengah begitu kencang terasa. Hampir semua marketplace, online shop, dan brand-brand ternama meluncurkan promo dengan label Harbolnas (hari belanja nasional) 11.11 di tanggal cantik 11 November 2020 ini.
Beragam promo diskon tersebut memang terlihat menarik. Apalagi jika yang ditawarkan adalah produk terkenal yang bisa ditebus dengan harga miring. Terkadang seseorang akan langsung bergegas untuk membelinya tanpa pikir panjang.
Padahal dalam hal berbelanja online, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan sampai kita membeli kucing dalam karung, mengingat transaksi dilakukan secara online yang tidak memungkinkan untuk kita melihat dan mengamati produk yang ditawarkan secara langsung.
Marketplace biasanya menyediakan aplikasi dengan fitur-fitur yang memberikan keyakinan lebih bagi konsumen tentang kemanan belanja serta kualitas produk. Misalnya rating bintang berjumlah satu sampai lima sebagai indikator kepuasan pembeli sebelumnya.
Selain itu ada label sebuah toko di marketplace tersebut, biasanya disebut dengan istilah official store untuk toko resmi dan di luar itu berarti penjual biasa atau merupakan reseller. Pelabelan ini menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi calon pembeli.
Ada pula fitur diskusi atau chat untuk menanyakan detail produk serta ketersediaan stok barang. Kemudian terdapat review atau ulasan dari pembeli tentang kualitas produk tersebut.
Fitur rating bintang dan review ini bagi saya sangat penting. Jumlah bintang menunjukkan tingkat kepuasan pembeli, sedangkan melalui review kita bisa membaca ulasan dari para pembeli tentang bagaimana respon penjual, kecepatan pengiriman, kualitas produk dan pengalaman menggunakan produk tersebut.
Namun sayangnya fitur review ini sering dilewatkan oleh para pembeli. Banyak pembeli yang malas menuliskan ulasan dan pengalaman belanjanya, padahal hal ini bisa membantu banyak orang dan juga membantu penjual menaikkan reputasinya.
Kemudian bagi mereka yang memberikan review, kerap menuliskan hal-hal secara singkat dan bahkan tidak menggambarkan bagaimana pengalaman menggunakan produk tersebut. Misalnya hanya menuliskan kata "mantap", "josssss...." atau "okeeee banget...."
Bagi yang sempat menulis agak panjang, seringkali karena faktor terburu-buru dan belum sempat menggunakan barangnya, justru hanya menuliskan dari sisi pengiriman barang saja. Misalnya, "pengiriman cepat, barang selamat sampai tujuan" atau "packing rapi, penjual fast respon".
Tidak ada yang salah dengan jenis review seperti itu, tetapi tidak terlalu banyak membantu, bagi calon pembeli berikutnya.
Ada banyak calon pembeli yang merelakan waktunya untuk membaca ulasan atau review serta membandingkannya dengan produk sejenis lainnya. Maka yang diharapkan adalah ulasan agak panjang yang mendeskripsikan tentang apakah produk berfungsi dengan baik, serta apakah ada kelemahan atau tidak. Syukur-syukur disertai foto produk dari konsumen tersebut.
Pengalaman pengguna tersebut bisa melengkapi pendapat dan kesan pembeli tentang pelayanan penjual dan proses pengiriman. Jika ada kendala dalam pengiriman seperti keterlambatan kurir dan rusaknya kemasan saat pengiriman, bagi saya itu sudah masuk ranahnya pengiriman paket. Komplainnya bukan lagi ke penjual, tapi ke pihak jasa layanan pengiriman paket.
Membaca review jujur dari pembeli jelas akan membantu dalam sebuah keputusan membeli barang secara online. Maka ketika kita sudah menjadi pembeli, menuliskan review secara jujur dan selengkap mungkin tentu akan banyak membantu orang lain dan pihak penjual.
Itulah mengapa saya biasanya menunggu beberapa waktu setelah pemakaian untuk kemudian bisa menuliskan review barang yang sudah saya beli. Memang kita bisa langsung menuliskan review ketika paket baru saja datang dan bahkan belum dibuka sama sekali. Tapi sekali lagi, itu tidak terlalu bermanfaat bagi siapapun.
Nah, untuk itu, yuk kita biasakan menuliskan review setelah berbelanja online berdasarkan pengalaman penggunaan dengan jujur. Selamat berbelanja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H