Mohon tunggu...
Widia Winata Putri
Widia Winata Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWI UNIVERSITAS MERCU BUANA | PRODI SI AKUNTANSI | NIM 43223010201

Mata Kuliah: Pendidikan Anti Korupsi dan Kode Etik UMB. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Apollo Daito, S.E., Ak., M.Si., CIFM., CIABV., CIABG

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kebatinan Mangkunegaran IV pada Upaya Pencegahan Korupsi dan Transformasi Memimpin Diri Sendiri

22 November 2024   04:12 Diperbarui: 22 November 2024   04:12 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 7 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Indonesia sebagai negara berkembang dengan sejarah panjang menghadapi tantangan besar terkait dengan praktik korupsi. Korupsi di sektor publik dan swasta menjadi salah satu penghalang terbesar dalam pembangunan sosial, ekonomi, dan politik. Dalam menghadapi persoalan ini, berbagai pendekatan telah diterapkan, baik yang bersifat struktural maupun budaya. Salah satu pendekatan budaya yang menarik untuk dikaji adalah pemikiran dan kebatinan yang dimiliki oleh tokoh-tokoh budaya Indonesia, seperti Mangkunegaran IV.

What: Apa Kebatinan Mangkunegaran IV?

Kebatinan Mangkunegaran IV adalah pemahaman mendalam tentang kehidupan, yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dan spiritualitas dalam memimpin diri sendiri dan masyarakat. Ia percaya bahwa sebuah perubahan sosial yang signifikan dimulai dari perubahan dalam diri individu. Dalam hal ini, ia menekankan pentingnya introspeksi, kesadaran diri, dan keteguhan hati untuk dapat menjalani kehidupan yang penuh dengan integritas.

Gambar 2 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 2 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Kebatinan Mangkunegaran IV mengintegrasikan nilai-nilai tradisional dengan ajaran moral dan spiritual yang ada di dalam kebudayaan Jawa, termasuk dalam hal ini adalah ajaran-ajaran dari agama Hindu dan Islam yang berkembang di masyarakat pada masa itu. Nilai-nilai kebatinan ini meliputi konsep "manunggaling kawula gusti", yaitu kesatuan antara hamba dan Tuhan, yang mengajarkan agar setiap individu selalu menjaga hubungan dengan Tuhan dan sesama dengan penuh rasa tanggung jawab.

Sebagai seorang pemimpin, Mangkunegaran IV tidak hanya menerapkan kebatinan dalam aspek kehidupan pribadi, tetapi juga dalam gaya kepemimpinannya. Ia memahami bahwa seorang pemimpin harus mampu menjadi teladan dalam segala hal, termasuk dalam menjaga integritas dan moralitas. Dalam upaya pencegahan korupsi, kebatinan ini berfungsi sebagai penuntun dalam menjaga niat dan motivasi yang murni, serta mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan pribadi.

 

Gambar 3 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 3 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Kepemimpinan "Raos Gesang" yang diterapkan oleh Mangkunegaran IV (Paku Buwono IV) memiliki makna yang sangat mendalam, berakar pada kebijaksanaan batin (kebatinan) yang menggabungkan aspek spiritualitas dan kemanusiaan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai empat konsep utama dalam kategori kepemimpinan "Raos Gesang" Mangkunegaran IV yang berfokus pada kualitas diri dan pengelolaan hubungan interpersonal dalam kepemimpinan.

1. Bisa Rumangsa, Ojo Rumangsa Bisa (Bisa Merasa, Bukan Merasa Bisa)

  • Mengajarkan tentang pentingnya empati dan kesadaran sosial dalam kepemimpinan. "Bisa rumangsa" berarti memiliki kemampuan untuk merasakan atau memahami perasaan orang lain dengan tulus, sedangkan "ojo rumangsa bisa" berarti menghindari sikap sombong atau merasa lebih tahu dan lebih bisa dibandingkan orang lain. Dalam kepemimpinan, ini menekankan bahwa seorang pemimpin yang baik harus bersikap rendah hati. Pemimpin tidak boleh merasa superior, tetapi harus dapat merasakan dan menghargai pengalaman dan perasaan orang lain.

2. Angrasa Wani (Berani Salah, Berani Berbuat, Berani Mencoba, Berani Inovasi, Tidak Takut Risiko)

  • Konsep angrasa wani mengajarkan tentang keberanian untuk bertindak, berbuat, dan berinovasi, meskipun ada risiko kegagalan. Seorang pemimpin yang wani tidak takut untuk mengambil keputusan yang berisiko, mencoba pendekatan baru, dan menghadapi konsekuensi dari tindakan tersebut. Pemimpin yang memiliki sifat ini juga tidak takut untuk berbuat salah. Mereka memahami bahwa kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran dan bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan kesempatan untuk berkembang dan belajar serta memiliki keberanian untuk mengambil risiko

3. Angrasa Kleru (Ksatria Mengakui Kesalahan, Bodoh, dan Lain-lain)

  • Mengajarkan pentingnya kejujuran dan kemampuan mengakui kesalahan. Dalam konsep ini, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berani mengakui kekurangan dan kesalahan mereka. Mengakui kesalahan bukanlah tanda kelemahan, tetapi merupakan bentuk tanggung jawab dan kesadaran diri yang mendalam. Pemimpin yang memiliki kualitas angrasa kleru tidak akan menyalahkan orang lain untuk kegagalan, tetapi akan menerima tanggung jawab penuh dan mencari cara untuk memperbaiki keadaan. Mereka juga tidak merasa malu atau takut untuk mengakui bahwa mereka tidak tahu atau tidak memiliki semua jawaban, yang justru akan membuka ruang untuk kolaborasi dan pembelajaran bersama.

4. Bener Tur Pener (Beda Benar dengan Pener pada RW)

  • Mengandung perbedaan antara "benar" yang bersifat normatif dan "pener" yang lebih bersifat moral dan spiritual. "Benar" sering kali merujuk pada sesuatu yang sesuai dengan aturan, hukum, atau norma yang ada, sedangkan "pener" merujuk pada kebenaran yang lebih mendalam, yang datang dari hati nurani dan prinsip moral yang lebih universal. Mangkunegaran IV mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus bisa membedakan antara apa yang benar menurut aturan dan apa yang benar menurut hati nurani. Kebenaran ini mengarah pada tindakan yang tidak hanya benar secara hukum atau norma, tetapi juga sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan kebaikan yang lebih mendalam. "Pener" berarti keberanian untuk memilih tindakan yang lebih adil dan berpihak pada kebaikan bersama, meskipun itu mungkin tidak selalu sesuai dengan hukum atau norma yang ada.

Gambar 4 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 4 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

1. Aja Gumunan (Jangan Mudah Kagum)

  • Prinsip aja gumunan mengajarkan kepada seorang pemimpin untuk tidak mudah terpesona atau kagum terhadap hal-hal yang bersifat sementara atau yang tampak megah di permukaan. Pemimpin yang bijaksana harus mampu menjaga objektivitas dan kewaspadaan dalam melihat segala sesuatu di sekitarnya.
  • Pemimpin yang mengikuti prinsip aja gumunan tidak akan mudah terpengaruh oleh popularitas atau kemegahan, tetapi lebih fokus pada apa yang sesungguhnya penting dan benar. Mereka akan selalu mencari inti dari suatu masalah dan tidak terburu-buru menilai berdasarkan hal-hal yang terlihat di luar.

2. Aja Kagetan (Jangan Mudah Kaget dengan Realitas)

  • Prinsip aja kagetan mengajarkan agar seorang pemimpin tetap tenang dan bijak dalam menghadapi segala situasi atau kenyataan yang ada, termasuk situasi yang tidak terduga. Realitas kehidupan dan dunia kerja sering kali membawa kejutan, baik yang menyenangkan maupun yang mengejutkan. Oleh karena itu, pemimpin harus bisa mengendalikan diri, tidak mudah panik, dan selalu siap mencari solusi untuk mengatasi masalah yang muncul.
  • Pemimpin yang aja kagetan tidak akan terkejut atau terkejut dalam menghadapi tantangan, kesulitan, atau masalah besar. Mereka akan menghadapi segala sesuatu dengan kepala dingin, mencari solusi secara rasional, dan menjaga kestabilan emosi serta fokus pada tujuan jangka panjang.

3. Aja Dumeh (Jangan Mentang-mentang/Sombong)

  • Aja dumeh mengajarkan agar seorang pemimpin tidak bersikap sombong atau merasa lebih dari orang lain karena posisi atau kekuasaan yang dimilikinya. Prinsip ini menekankan pentingnya kerendahan hati, meskipun seorang pemimpin memiliki kekuatan atau pengaruh yang besar. Pemimpin yang menerapkan prinsip aja dumeh akan senantiasa menjaga sikap rendah hati, tidak merendahkan orang lain, dan selalu mengakui kontribusi dari setiap pihak.
  • Pemimpin yang sombong atau merasa lebih dari orang lain sering kali gagal melihat potensi yang ada pada bawahannya dan menghalangi keberhasilan tim atau organisasi. Sebaliknya, pemimpin yang rendah hati akan menginspirasi dan mendorong orang lain untuk bekerja lebih baik dan lebih produktif.

4. Prasaja (Sederhana, Secukupnya)

  • Prasaja berarti seorang pemimpin harus mengutamakan kesederhanaan dalam gaya hidup dan tindakannya. Kepemimpinan yang sederhana bukan berarti kurang ambisius atau tidak memiliki visi besar, tetapi lebih pada kesederhanaan dalam pengambilan keputusan dan gaya hidup yang tidak berlebihan. Pemimpin yang bersikap prasaja akan lebih mudah diterima oleh banyak orang karena mereka tidak menciptakan jarak sosial yang besar antara diri mereka dan orang-orang yang dipimpinnya.
  • Misalnya, seorang pemimpin yang lebih memilih tempat yang sederhana untuk pertemuan dengan tim atau masyarakat, tetapi memberikan perhatian yang lebih pada substansi diskusi daripada penampilan atau kemewahan.

5. Manjing Ajur-Ajer (Cair, Mlebur dengan Semua Kalangan dan Melayani Publik)

  • Prinsip manjing ajur-ajer mengajarkan pemimpin untuk dapat mlebur (bergabung) dengan semua kalangan, baik kalangan bawah maupun atas, dan melayani publik dengan sepenuh hati. Pemimpin yang menerapkan prinsip ini akan selalu terbuka, merendahkan diri, dan tidak membedakan status sosial dalam menjalin hubungan dengan orang lain.
  • Pemimpin yang manjing ajur-ajer tidak merasa lebih tinggi daripada orang lain hanya karena jabatan atau kekuasaan. Mereka berusaha untuk melayani publik, mendengarkan kebutuhan masyarakat, dan memahami bahwa kepemimpinan bukan hanya tentang memberikan perintah, tetapi tentang berkontribusi dan melayani orang lain demi kebaikan bersama.

Gambar 5 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 5 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Asta Brata, yang diambil dari Serat Ramajarwa karya R.Ng. Yasadipura, merupakan ajaran yang mengaitkan sifat-sifat pemimpin dengan elemen-elemen alam semesta yang sakral dan bermakna. Setiap elemen atau sifat yang dijelaskan dalam Asta Brata menggambarkan karakteristik yang diharapkan dimiliki oleh seorang pemimpin agar bisa memimpin dengan bijaksana, adil, dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing prinsip dalam Asta Brata:

1. Ambeging Lintang (Bintang/Petunjuk/Contoh)

  • "Ambeging lintang" berarti pemimpin harus menjadi petunjuk atau contoh yang baik bagi orang lain. Seperti halnya bintang yang memancarkan cahaya dan memberikan petunjuk arah kepada mereka yang berada dalam kegelapan, seorang pemimpin harus bisa memberikan arah, pedoman, dan inspirasi bagi masyarakat atau orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin harus memiliki kejelasan visi dan mampu mengarahkan orang-orang di sekitarnya ke tujuan yang lebih baik.
  • Pemimpin yang mengikuti prinsip ambeging lintang akan selalu menunjukkan integritas dalam tindakannya dan menjadi contoh bagi bawahannya dalam hal etika, moral, dan pengambilan keputusan. Pemimpin ini juga harus memiliki kemampuan untuk mengarahkan masyarakat atau timnya menuju tujuan yang lebih tinggi dengan memberikan contoh perilaku yang baik.

2. Ambeging Surya (Terang/Keadilan/Kekuatan)

  • "Ambeging surya" berarti pemimpin harus menjadi sumber keadilan dan kekuatan yang terang benderang. Surya (matahari) memberikan cahaya yang menyinari seluruh dunia tanpa membeda-bedakan siapa yang layak dan tidak. Begitu juga dengan pemimpin, ia harus adil, tidak diskriminatif, dan memiliki kekuatan untuk membuat keputusan yang benar untuk kepentingan bersama.
  • Pemimpin yang mengamalkan prinsip ambeging surya akan selalu berusaha untuk menjaga keadilan dalam setiap tindakannya. Ia tidak akan membeda-bedakan orang berdasarkan latar belakang atau status sosial, dan akan senantiasa memberikan perhatian yang adil kepada semua orang. Kekuatan yang dimiliki pemimpin juga harus digunakan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan di masyarakat.

3. Ambeging Rembulan (Terang Malam)

  • "Ambeging rembulan" berarti pemimpin harus menjadi sumber penerang pada saat kegelapan atau kesulitan. Seperti halnya rembulan yang menerangi malam hari, seorang pemimpin harus mampu memberikan petunjuk dan solusi saat situasi sulit atau penuh tantangan.
  • Pemimpin yang mengikuti prinsip ambeging rembulan akan hadir sebagai pembimbing di saat-saat penuh ketidakpastian. Dalam masa-masa sulit, pemimpin ini tidak akan menghindar, tetapi justru memberikan arah dan solusi yang dapat membawa perubahan positif bagi organisasi atau masyarakatnya. Ia harus bisa memberikan harapan dan semangat kepada orang-orang yang merasa kehilangan arah.

4. Ambeging Angin (Memberi Solusi/Kesejukan/Nafas Hidup)

  • "Ambeging angin" mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus memberikan kesejukan dan solusi kepada orang-orang di sekitarnya. Seperti angin yang memberikan kesegaran dan kehidupan bagi alam, seorang pemimpin harus mampu menciptakan suasana yang nyaman dan mendamaikan, serta memberikan solusi yang menyejukkan dalam setiap permasalahan.
  • Pemimpin yang memiliki prinsip ambeging angin akan selalu mencari jalan keluar dari setiap konflik atau permasalahan yang ada dengan kepala dingin. Ia harus bisa meredakan ketegangan dan menyejukkan hati orang-orang di sekitarnya, serta memberikan solusi yang dapat diterima oleh semua pihak tanpa menimbulkan kerugian.

5. Ambeging Mendhung (Berwibawa/Angugrah Hujan)

  • "Ambeging mendhung" menggambarkan pemimpin yang memiliki wibawa dan kemampuan untuk memberi berkat atau manfaat, seperti awan yang menurunkan hujan. Seorang pemimpin yang berwibawa akan bisa memberikan hujan pengetahuan, kebijaksanaan, dan perlindungan kepada orang-orang yang dipimpinnya.
  • Pemimpin yang memiliki kualitas ambeging mendhung akan dihormati karena kemampuannya untuk memberikan nasihat yang baik dan keputusan yang membawa manfaat. Ia tidak hanya memberikan arah, tetapi juga memberikan berkah atau manfaat yang dapat membantu perkembangan dan kesejahteraan masyarakat atau organisasi.

6. Ambeging Geni (Api/Menegakkan Hukum)

  • "Ambeging geni" menggambarkan pemimpin yang harus berani menegakkan hukum dan prinsip-prinsip kebenaran dengan tegas. Seperti api yang bisa membakar dan menghancurkan, pemimpin harus memiliki ketegasan dalam memutuskan sesuatu yang salah dan menjaga agar hukum dan keadilan tetap berlaku.
  • Pemimpin yang mengikuti prinsip ambeging geni tidak akan ragu untuk bertindak tegas saat hukum dilanggar atau ketika ada ketidakadilan. Ia harus berani dalam menghadapi tantangan dan melawan keburukan yang ada. Meskipun terkadang keputusan ini bisa tidak populer, pemimpin harus tetap konsisten dalam menegakkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

7. Ambeging Banyu (Air/Laut/Menampung Apapun)

  • "Ambeging banyu" berarti pemimpin harus mampu menampung segala sesuatu, baik itu kritik, masukan, maupun perbedaan pendapat, seperti air yang menampung segala yang ada di dalamnya. Pemimpin harus bijaksana dan lapang dada dalam menerima berbagai hal, dan mampu menjaga keseimbangan dalam setiap keputusan yang diambil.
  • Pemimpin yang memiliki sifat ambeging banyu akan mampu mendengarkan dan menghargai semua suara dan pandangan yang ada, tanpa terbawa emosi. Ia akan bijaksana dalam mengambil keputusan yang dapat mengakomodasi berbagai kepentingan tanpa merugikan pihak manapun. Selain itu, ia juga harus bisa menjaga keseimbangan dan keselarasan dalam organisasi atau masyarakat.

8. Ambeging Bumi (Tanah/Sejahtera/Kuat)

  • "Ambeging bumi" menggambarkan pemimpin yang harus memiliki kekuatan dan kestabilan, seperti bumi yang kokoh dan tidak mudah goyah. Pemimpin harus mampu memberikan rasa aman, stabilitas, dan kesejahteraan kepada masyarakat yang dipimpinnya.
  • Pemimpin yang mengikuti prinsip ambeging bumi akan selalu menjaga kestabilan dan kedamaian dalam masyarakat. Ia harus bisa memberikan rasa aman, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengambilan keputusan. Selain itu, pemimpin juga harus memastikan kesejahteraan sosial dan ekonomi bagi masyarakat dengan kebijakan-kebijakan yang adil dan bermanfaat.

Gambar 6 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 6 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Kepemimpinan dalam tradisi Jawa, khususnya dalam konteks Mangkunegaran IV, mengandung berbagai prinsip dan ajaran yang mendalam mengenai sikap dan kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Nistha, Madya, dan Utama adalah tiga kategori kepemimpinan yang mencerminkan tingkatan atau kualitas yang berbeda dalam kapasitas kepemimpinan. Setiap kategori ini menggambarkan tingkat pencapaian moral dan etika yang harus dicapai oleh seorang pemimpin untuk dapat memimpin dengan efektif dan bijaksana.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang makna dari ketiga kategori ini dalam konteks kepemimpinan Mangkunegaran IV.

1. Nistha (Pimpinan Buruk dan Tidak Benar)

  • Nistha dalam kepemimpinan mengacu pada kondisi pemimpin yang buruk atau tidak benar dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Seorang pemimpin yang berada dalam kategori nistha cenderung tidak memenuhi standar moral atau etika yang seharusnya, sering kali mengambil keputusan yang tidak adil, korup, atau tidak mempertimbangkan kesejahteraan orang banyak. Dalam konteks Mangkunegaran IV, nistha bisa diartikan sebagai pemimpin yang gagal dalam menjalankan amanah atau tidak memegang teguh prinsip kejujuran, integritas, dan kebenaran.
  • Pemimpin yang nistha sering kali mengutamakan kepentingan pribadi atau golongan di atas kepentingan rakyat atau organisasi yang dipimpinnya. Tindakan-tindakannya bisa merusak moral dan kepercayaan masyarakat atau bawahannya. Oleh karena itu, pemimpin yang tidak memenuhi standar nistha harus segera diperbaiki perilakunya, karena mereka dapat membawa kerugian bagi masyarakat yang lebih luas.

2. Madya (Jelas, Tahu Hak dan Kewajibannya)

  • Madya adalah kategori pemimpin yang memiliki pemahaman yang jelas tentang hak dan kewajibannya sebagai seorang pemimpin. Pemimpin dalam kategori madya tahu apa yang harus dilakukan, dan memahami batasan serta tanggung jawab yang ada dalam jabatannya. Mereka cenderung menjalankan kepemimpinan dengan adil dan sesuai dengan aturan, serta bertindak dengan pertimbangan yang bijak. Pemimpin yang madya tidak hanya memiliki pemahaman yang jelas tentang tugasnya, tetapi juga mampu beradaptasi dengan kondisi dan tantangan yang ada.
  • Seorang pemimpin yang berada dalam kategori madya akan melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Mereka tahu kapan dan bagaimana mengambil keputusan yang bijak dan adil. Pemimpin yang madya juga tidak ragu untuk mengakui kelemahan dan kesalahan, serta belajar dari pengalaman untuk menjadi lebih baik dalam memimpin.

3. Utama (Beyond, Melampaui atau Terbaik)

  • tama adalah kategori tertinggi dalam kepemimpinan. Seorang pemimpin yang berada dalam kategori utama adalah seorang pemimpin yang melampaui standar atau mencapai yang terbaik dalam segala aspek kepemimpinan, baik dari segi moral, etika, maupun kemampuan dalam mengambil keputusan. Pemimpin yang utama tidak hanya menjalankan tugas dengan sangat baik, tetapi juga memberikan inspirasi bagi orang lain, menciptakan perubahan yang signifikan, dan membawa keberhasilan yang luar biasa bagi masyarakat atau organisasi yang dipimpinnya. Mereka adalah pemimpin yang tidak hanya cakap secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang luhur dan jiwa pengabdian yang tinggi.
  • Pemimpin dalam kategori utama cenderung memiliki visi yang jauh ke depan dan mampu membawa organisasi atau masyarakat menuju perubahan yang lebih baik. Mereka adalah figur yang sangat dihormati, karena bukan hanya berhasil mencapai tujuan jangka pendek, tetapi juga memiliki dampak positif yang berkelanjutan. Pemimpin ini memiliki keberanian untuk membuat keputusan besar yang mengubah dunia, sambil tetap mempertahankan nilai-nilai luhur dan keadilan.

Gambar 7 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 7 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Dalam tradisi kepemimpinan Jawa, salah satu karya sastra yang sangat dihormati adalah Serat Pramayoga karya Ranggawarsita. Dalam karya ini, terdapat delapan kategori kepemimpinan yang menjadi pedoman bagi seorang pemimpin untuk menjalankan tugasnya dengan bijaksana dan berkeadilan. Kategori-kategori ini memberikan gambaran tentang kualitas-kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal, yang tidak hanya memiliki kekuasaan tetapi juga hati dan integritas yang tinggi. Berikut adalah makna dari kategori kepemimpinan yang diajarkan dalam Serat Pramayoga:

1. Hang uripi (Mewujudkan Kehidupan Baik)

  • Hang uripi mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus mampu mewujudkan kehidupan yang baik bagi rakyat dan masyarakatnya. Pemimpin yang ideal harus berfokus pada kesejahteraan masyarakat dan menciptakan kondisi yang kondusif untuk kehidupan yang lebih baik, baik dari sisi sosial, ekonomi, maupun budaya. Hang uripi juga berarti bahwa seorang pemimpin harus menciptakan suatu sistem yang memberikan peluang bagi setiap individu untuk berkembang dan hidup dengan bermartabat.
  • Pemimpin yang mempraktikkan hang uripi akan berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup rakyatnya melalui kebijakan yang berpihak pada kesejahteraan umum, seperti pendidikan yang berkualitas, akses kesehatan yang merata, dan penciptaan lapangan pekerjaan.

2. Hang rungkepi (Berani Berkorban)

  • Hang rungkepi mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus berani berkorban demi kepentingan orang banyak. Ini berarti bahwa seorang pemimpin harus siap untuk melepaskan kepentingan pribadi, bahkan pada saat-saat sulit, demi kebaikan bersama. Pemimpin yang hang rungkepi akan selalu mengutamakan tugas dan tanggung jawabnya, meskipun itu memerlukan pengorbanan waktu, tenaga, atau bahkan harga diri.
  • Pemimpin yang hang rungkepi tidak hanya berbicara tentang pengorbanan tetapi juga menunjukkan keteladanan dengan cara bertindak. Mereka akan rela mengorbankan kenyamanan pribadinya demi kesejahteraan masyarakat, baik dalam situasi krisis maupun dalam keputusan-keputusan besar yang membutuhkan keberanian.

3. Hang ruwat (Menyelesaikan Masalah)

  • Hang ruwat berarti kemampuan seorang pemimpin untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakatnya. Pemimpin yang hang ruwat tidak hanya bisa mengidentifikasi masalah, tetapi juga bisa merumuskan solusi yang tepat dan efektif. Mereka mampu mengelola konflik, mengatasi hambatan, dan menemukan cara untuk memecahkan masalah secara konstruktif.
  • Pemimpin yang hang ruwat memiliki kemampuan analitis yang baik untuk melihat inti masalah, memahami akar penyebabnya, dan mampu mengarahkan masyarakat menuju solusi yang adil dan berkelanjutan.

4. Hang ayomi (Perlindungan)

  • Hang ayomi adalah kualitas kepemimpinan yang menekankan perlindungan terhadap masyarakat. Pemimpin yang hang ayomi adalah sosok yang memberikan rasa aman dan terlindungi bagi rakyatnya. Mereka melindungi rakyat dari ancaman eksternal dan internal, menjaga stabilitas sosial, dan memastikan bahwa semua anggota masyarakat merasa aman dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pemimpin yang hang ayomi akan fokus pada upaya menjaga ketertiban umum dan menegakkan hukum. Mereka juga memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang diambil berpihak pada kelompok-kelompok yang rentan atau terpinggirkan dalam masyarakat.

5. Hang uribi (Menyala, Motivasi)

  • Hang uribi mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus mampu menyala, yakni menjadi sumber motivasi dan inspirasional bagi rakyatnya. Pemimpin yang hang uribi mampu memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Mereka memberi contoh yang baik dan mendorong orang lain untuk berusaha lebih keras dan lebih baik dalam kehidupan mereka.
  • Pemimpin yang hang uribi adalah sumber semangat yang tidak hanya berbicara tetapi juga bertindak. Mereka memberikan inspirasi melalui perbuatan, serta mampu memotivasi orang lain untuk terus berjuang demi kebaikan bersama.

6. Ha memayu (Harmoni, Keindahan, Kerukunan)

  • Ha memayu mengajarkan tentang pentingnya harmoni, keindahan, dan kerukunan dalam masyarakat. Pemimpin yang ha memayu berusaha menciptakan keharmonisan dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, baik dalam hubungan sosial, politik, maupun ekonomi. Mereka berusaha untuk menjaga keseimbangan dan memastikan bahwa konflik dapat diselesaikan dengan cara yang damai dan produktif.
  • Pemimpin yang ha memayu akan fokus pada penciptaan lingkungan yang harmonis dan damai, di mana semua individu dapat bekerja sama meskipun ada perbedaan latar belakang.

7. Ha mengkoni (Membuat Persatuan)

  • Ha mengkoni mengajarkan bahwa seorang pemimpin harus mampu membuat persatuan dan menyatukan berbagai elemen masyarakat. Pemimpin yang ha mengkoni adalah mereka yang mampu meredakan perbedaan dan mengarahkan energi masyarakat untuk bersama-sama bekerja menuju tujuan bersama.
  • Pemimpin yang ha mengkoni berperan penting dalam menjembatani berbagai kepentingan, ideologi, atau pandangan yang berbeda dan mengarahkan semua pihak untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

8. Ha nata (Bisa Mengatur/Menata)

  • Ha nata adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengatur dan menata segala aspek dalam kehidupan masyarakat atau organisasinya dengan bijaksana. Pemimpin yang ha-nata memiliki kemampuan untuk membuat rencana yang matang, mengorganisir sumber daya secara efektif, dan memastikan bahwa semua berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
  • Pemimpin yang ha nata akan memastikan bahwa segala aspek kehidupan atau organisasi dijalankan dengan sistem yang teratur, efisien, dan terorganisir. Mereka mampu menata segala sesuatu dengan baik sehingga tujuan bersama dapat tercapai dengan sukses.

Dalam tradisi kepemimpinan Jawa, Serat Wedhotomo Mangkunegaran IV mengandung ajaran-ajaran moral dan etika yang sangat berharga, khususnya dalam mengarahkan pemimpin untuk menjalankan tugas dengan bijaksana. Berikut adalah pembahasan mengenai prinsip-prinsip kepemimpinan tersebut, yang terdiri dari berbagai ajaran tentang bagaimana seharusnya seorang pemimpin bertindak secara moral dan etis dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar 8 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 8 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

What: Apa Itu Prinsip Kepemimpinan dalam Serat Wedhotomo Mangkunegaran IV?

Serat Wedhotomo Mangkunegaran IV mengajarkan berbagai prinsip kepemimpinan yang berbasis pada etika moral, hubungan sosial, dan kebijaksanaan dalam menghadapi kehidupan. Beberapa prinsip utama yang disampaikan dalam serat ini adalah sebagai berikut:

  • Eling lan Waspada. Prinsip ini mengajarkan seorang pemimpin untuk selalu mengingat Tuhan (eling Tuhan) dan waspada terhadap sesama serta alam (horizontal dan vertikal). Seorang pemimpin tidak boleh melupakan tugas spiritualnya dan harus selalu menjaga kewaspadaan terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.
  • Atetambo yen wus bucik. Ajaran ini mengingatkan pemimpin untuk tidak menunggu permasalahan berkembang menjadi luka baru mencari solusi. Pemimpin harus bertindak proaktif, menghindari kerugian atau kesalahan dengan perencanaan yang matang.
  • Awya mematuh nalutuh. Pemimpin harus menghindari sifat angkara murka, atau perbuatan nista (perbuatan buruk yang tidak bermoral). Kepemimpinan yang baik harus dilandasi dengan sikap sabar, tidak emosional, dan penuh pengertian.
  • Kareme anguwus-uwus owose tan ana. Seorang pemimpin harus menghindari marah-marah tanpa alasan yang jelas, yang hanya akan menciptakan kekacauan dan kerugian, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
  • Gonyak-ganyuk ngelingsemi. Prinsip ini mengajarkan tentang pentingnya sopan santun dan menjaga kehormatan. Pemimpin yang baik tidak boleh bersikap kurang ajar atau melakukan hal-hal yang memalukan diri sendiri dan orang lain.
  • Nggugu karepe priyangga. Pemimpin harus mampu mengendalikan dirinya, tidak bertindak secara impulsif atau hanya mengikuti kehendak pribadi tanpa memperhatikan konsekuensinya bagi orang lain atau organisasi.
  • Traping angganira. Seorang pemimpin harus mampu menempatkan diri dengan bijaksana, memahami situasi, dan tahu kapan harus bertindak atau berbicara sesuai dengan konteks dan aturan yang berlaku dalam masyarakat atau negara.
  • Bangkit ajur ajer. Pemimpin yang baik harus bisa bergaul dengan semua kalangan, tanpa membeda-bedakan status sosial, jabatan, atau kedudukan, dan melayani rakyat dengan tulus.
  • Mung Ngenaki Tyasing Lyan. Prinsip ini mengajarkan pentingnya untuk tidak menyengsarakan orang lain, meskipun mereka berbeda pandangan, status, atau kedudukan.
  • Den iso mbasuki ujaring janmi. Pemimpin yang bijaksana tidak perlu pura-pura bodoh atau berpura-pura tidak tahu, namun dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan tetap berperilaku baik dan rendah hati.
  • Ngandhar-andhar angendhukur. Pemimpin yang baik harus berbicara dengan jelas dan logis, memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan rendah hati, tidak sombong.
  • Anggung Gumrunggung. Prinsip ini mengingatkan bahwa sifat sombong adalah hal yang tidak pantas bagi pemimpin. Kepemimpinan yang baik tidak bertindak atas dasar kesombongan atau ingin dipuji, tetapi untuk melayani.
  • Lumuh asor kudu unggul. Seorang pemimpin yang baik harus menghindari penghinaan terhadap orang lain, tidak merendahkan atau memandang rendah sesama. Pemimpin yang bijaksana akan selalu menunjukkan sikap yang penuh hormat kepada orang lain, tanpa merasa lebih unggul.

How: Bagaimana Prinsip-Prinsip Ini Diterapkan dalam Kepemimpinan?

Dalam konteks kepemimpinan, prinsip-prinsip dari Serat Wedhotomo Mangkunegaran IV dapat diterapkan melalui beberapa tindakan konkret, yaitu:

  • Menginternalisasi Nilai-Nilai Keagamaan dan Sosial. Pemimpin yang mengingat Tuhan dan waspada terhadap sesama serta alam akan lebih bijaksana dalam mengambil keputusan. Dengan mengedepankan nilai-nilai spiritual, pemimpin dapat memimpin dengan penuh tanggung jawab, mempertimbangkan kepentingan masyarakat secara keseluruhan, bukan hanya kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.
  • Proaktif dalam Menghadapi Tantangan. Prinsip Atetambo yen wus bucik menuntut pemimpin untuk tidak menunggu masalah menjadi besar sebelum bertindak. Pemimpin yang baik akan selalu melakukan antisipasi, merencanakan tindakan sebelum masalah muncul, serta memitigasi risiko-risiko yang ada.
  • Menghindari Perilaku Emosional yang Merugikan. Dengan awya mematuh nalutuh, pemimpin diharapkan bisa mengelola emosinya dengan baik, menghindari perilaku yang dapat merugikan atau merusak hubungan sosial dan organisasi.
  • Menjaga Sopan Santun dan Etika. Pemimpin yang berpegang pada prinsip gonyak-ganyuk ngelingsemi akan selalu menjaga sikap sopan santun dalam berinteraksi dengan orang lain, baik dalam situasi formal maupun informal.
  • Menempatkan Diri dengan Bijak. Traping angganira mengajarkan pemimpin untuk mengetahui kapan harus berbicara, kapan harus mendengarkan, serta bagaimana menanggapi situasi yang ada tanpa merusak keharmonisan.
  • Bersikap Rendah Hati dan Tidak Sombong. Prinsip Anggung gumrunggung mengingatkan pemimpin untuk menghindari kesombongan. Seorang pemimpin yang bijaksana akan terus mengedepankan rasa hormat terhadap orang lain dan tidak mencari pujian.
  • Menerapkan Sikap Hormat kepada Semua Orang. Dengan Lumuh asor kudu unggul, seorang pemimpin akan menjaga sikap rendah hati dan tidak merendahkan orang lain, melainkan berusaha menyemangati dan memberdayakan orang-orang di sekitarnya.

Gambar 9 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 9 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Tiga Martabat Manusia: Wiryo, Arto, dan Winasis dalam Tradisi Jawa

Dalam tradisi filsafat Jawa, terdapat ajaran yang dikenal dengan istilah Tiga Martabat Manusia (Tiga Tingkatan Martabat Manusia), yang terdiri dari Wiryo, Arto, dan Winasis. Ketiga aspek ini merujuk pada kualitas-kualitas utama yang harus dimiliki oleh seorang manusia untuk mencapai hidup yang seimbang, mulia, dan penuh makna. Konsep ini menjadi pedoman dalam kehidupan sosial, etika, dan spiritualitas, yang terus relevan hingga saat ini.

What: Apa Itu Tiga Martabat Manusia?

Tiga Martabat Manusia adalah tiga prinsip utama yang menggambarkan kualitas luhur yang harus dicapai oleh setiap individu dalam perjalanan hidupnya. Ketiga prinsip ini saling berkaitan dan saling melengkapi untuk mencapai kedudukan yang terhormat dalam masyarakat dan kehidupan. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing martabat:

1. Wiryo (Keluhuran)

  • Wiryo merujuk pada keluhuran, kehormatan, atau kemuliaan karakter. Martabat ini berfokus pada aspek moral dan spiritual seorang manusia. Seseorang yang memiliki Wiryo berarti memiliki sifat luhur, memiliki integritas, serta menghargai nilai-nilai kebaikan, kejujuran, dan keadilan. Wiryo menekankan pada pengembangan diri untuk menjadi pribadi yang mulia, yang dihormati oleh sesama karena perbuatan dan akhlaknya.

2. Arto (Kekayaan)

  • Arto berarti kekayaan, baik itu dalam bentuk materi maupun dalam bentuk sumber daya yang bermanfaat untuk hidup. Namun, kekayaan dalam konteks ini tidak hanya sebatas harta atau uang, tetapi lebih luas lagi---kekayaan dalam aspek pemanfaatan sumber daya yang ada untuk kepentingan bersama, kemakmuran, dan kebaikan sosial. Arto mengajarkan bahwa memiliki kekayaan harus disertai dengan rasa tanggung jawab, bukan untuk kesombongan atau keserakahan, tetapi sebagai sarana untuk membantu orang lain dan mencapai kesejahteraan bersama.

3. Winasis (Ilmu Pengetahuan)

  • Winasis merujuk pada ilmu pengetahuan atau kebijaksanaan. Ini tidak hanya berarti pengetahuan akademis atau teknis, tetapi juga kebijaksanaan hidup, kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan membuat keputusan yang bijak dalam setiap aspek kehidupan. Winasis meliputi pengetahuan tentang dunia, tentang diri sendiri, dan tentang hubungan manusia dengan Tuhan dan alam semesta. Seseorang yang memiliki Winasis mampu memberikan solusi dalam permasalahan hidup dan menjadi sumber inspirasi dan pengajaran bagi orang lain.

Gambar 10 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 10 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa poin penting terkait pentingnya spiritualitas dalam kehidupan, khususnya yang berkaitan dengan kesadaran batin dan upaya untuk menjaga keseimbangan hidup melalui tirakat, meditasi, dan kesungguhan dalam doa.

1. Waktu Longgar Dimanfaatkan untuk Kebaikan: Membatinkan Jiwa, Puasa, Ngaji, Tirakat

  • Waktu longgar yang dimiliki oleh setiap individu harus dimanfaatkan untuk kegiatan yang bisa memperkaya jiwa dan batin. Dalam tradisi spiritual Jawa, istilah "membatinkan jiwa" merujuk pada upaya untuk membersihkan hati dan pikiran dari hal-hal yang mengganggu ketenangan batin. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti puasa, mengaji (membaca kitab suci atau teks-teks keagamaan), atau melaksanakan tirakat (usaha atau latihan spiritual yang bertujuan untuk mencapai kesucian dan kebijaksanaan).
  • Puasa dan tirakat tidak hanya sebatas menahan lapar atau melakukan hal-hal tertentu sebagai bentuk pengorbanan, tetapi lebih kepada latihan untuk mengendalikan diri dan menumbuhkan kedamaian dalam jiwa. Dalam pandangan spiritualitas, puasa atau tirakat juga merupakan bentuk penyucian diri, di mana seseorang menghindari nafsu duniawi dan berfokus pada pencapaian spiritual.
  • Ngaji, yang berarti membaca kitab suci atau teks-teks yang membawa pencerahan, adalah sarana untuk membatinkan jiwa dan menggali lebih dalam ajaran hidup yang lebih tinggi. Membaca dan memahami ajaran-ajaran tersebut bisa membantu seseorang menemukan tujuan hidup yang lebih mulia dan mengarahkannya pada kebijaksanaan.

2. Menjaga Batin, Mengurangi Pergaulan yang Tidak Penting

  • Menjaga batin berarti menjaga kedamaian hati dan pikiran, serta menghindari segala hal yang dapat merusak ketenangan jiwa. Salah satu cara untuk menjaga batin adalah dengan mengurangi pergaulan yang tidak penting atau yang hanya membawa dampak negatif bagi kehidupan seseorang. Ini mengajarkan pentingnya berhati-hati dalam memilih lingkungan sosial, serta menghindari percakapan atau kegiatan yang dapat menggoyahkan keyakinan dan kedamaian batin.
  • Pergaulan yang tidak sehat atau tidak memberikan manfaat positif bagi perkembangan jiwa dapat menjadi sumber dari kerisauan, kesedihan, dan kebingungannya hati. Oleh karena itu, penting untuk menyaring dengan bijaksana siapa yang ada di sekitar kita, menghindari pergaulan yang hanya berfokus pada hal-hal duniawi yang sia-sia.

3. Membaca, Belajar, dan Hal-Hal yang Prihatin: Pernahkah Kita Berdoa dengan Sunguh-Sungguh?

  • Aspek membaca, belajar, dan mempedulikan hal-hal yang prihatin adalah bagian integral dari kehidupan spiritual. Membaca dalam konteks ini bukan hanya terbatas pada membaca buku atau teks keagamaan, tetapi juga mencakup belajar untuk memahami realitas hidup dan bertindak sesuai dengan kebijaksanaan yang ditemukan dalam proses tersebut. Di samping itu, doa yang sungguh-sungguh juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan spiritual, di mana doa bukan sekadar rutinitas tetapi sebuah cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dengan penuh keyakinan dan ketulusan.
  • Membaca teks-teks yang membawa pencerahan adalah cara untuk memperkaya diri dengan pengetahuan dan kebijaksanaan yang dapat membantu seseorang dalam menjalani hidup. Dalam tradisi spiritual Jawa, banyak orang yang membaca kitab-kitab kuno, mantra, atau ajaran spiritual untuk menemukan pencerahan.
  • Berdoa dengan sungguh-sungguh adalah bentuk komunikasi dengan Tuhan yang tidak hanya berupa kata-kata, tetapi juga disertai dengan ketulusan hati dan niat untuk melakukan perubahan dalam hidup.

Gambar 11 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 11 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

Lakon Wayang dalam "Serat Tripama/Tripomo": Tiga Ksatria Keteladanan Utama

Berikut adalah pembahasan lebih mendalam tentang makna ketiga ksatria utama tersebut, serta relevansi mereka dalam konteks kepemimpinan dan nilai-nilai kehidupan.

1. Bambang Sumantri / Patih Suwanda (Guna-Kaya, Purun/Kemauan Keras)

  • Guna-Kaya yang berarti kemampuan atau kemahiran yang dimiliki, menggambarkan seseorang yang memiliki potensi atau kapasitas luar biasa dalam bidang tertentu. Dalam hal ini, Bambang Sumantri dikenal sebagai ksatria yang memiliki kemampuan luar biasa dalam berperang dan memimpin.
  • Purun/Kemauan keras menggambarkan sikap seorang ksatria yang tidak mudah menyerah. Meskipun dalam cerita, Bambang Sumantri memiliki adik yang merupakan raksasa, yaitu Sukrosono, dia tetap teguh pada jalan yang benar dan tidak tergoda oleh kekuatan jahat.

2. Kumbakarna, Adik Rahwana (Cinta Tanah Air)

  • Makna dari Cinta tanah air dalam diri Kumbakarna mencerminkan nilai pentingnya loyalitas kepada negara dan bangsa, meskipun sering kali seseorang harus menghadapi dilema moral antara kesetiaan kepada keluarga dan nilai-nilai yang lebih besar, seperti keadilan atau kebenaran.
  • Kumbakarna dikenal sebagai sosok yang bijaksana, namun dalam cerita ia terperangkap dalam loyalitas kepada Rahwana, yang mengarahkannya pada konflik batin antara kewajiban sebagai ksatria dan cinta tanah air yang lebih besar.

3. Adipati Karna (Menepati Janji, Kesetiaan, dan Keteguhan)

  • Menepati janji adalah salah satu nilai utama yang terkandung dalam karakter Adipati Karna. Karna sangat terkenal karena kesetiaannya pada janji yang ia buat kepada Duryodhana, meskipun ia tahu bahwa tindakannya bertentangan dengan kebenaran dan keluarganya.
  • Kesetiaan dan keteguhan Karna pada prinsipnya adalah contoh tentang bagaimana seseorang bisa menjaga kata-katanya dan berpegang teguh pada komitmen, meskipun harus menanggung konsekuensi yang sangat besar.

Gambar 12 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri
Gambar 12 TB-2 Anti Korupsi dan Etik UMB/dokpri

How : Bagaimana penerapan dari Kebatinan Mangkunegaran IV dalam pencegahan korupsi dan transformasi memimpin diri sendiri?

Penerapan kebatinan Mangkunegaran IV dalam pencegahan korupsi dan transformasi memimpin diri sendiri dapat dilakukan melalui pendekatan spiritual dan moral. Ajarannya menekankan bahwa seorang pemimpin harus memiliki pengendalian diri yang kuat dan hidup sesuai dengan nilai-nilai Tri Dharma, yaitu bekerja keras, hidup hemat, dan jujur. Dalam konteks ini, pemimpin diharapkan mampu menahan godaan untuk menyalahgunakan kekuasaan demi kepentingan pribadi.

Selain itu, introspeksi mendalam (mawas diri) menjadi kunci dalam transformasi memimpin diri. Pemimpin diajak untuk mengenali kelemahan dan terus memperbaiki diri agar tidak terjebak dalam perilaku koruptif. Nilai spiritual ini juga mendorong pemimpin untuk menjunjung tinggi tanggung jawab terhadap rakyat, bukan sekadar mengejar keuntungan pribadi.

KESIMPULAN

Kebatinan yang diajarkan Mangkunegara IV juga menekankan transformasi kepemimpinan dimulai dari pengendalian diri. Pemimpin diajarkan untuk introspeksi dan memperkuat kesadaran batin agar tidak tergoda oleh hal-hal material. 

Dengan mengutamakan ketulusan dan keseimbangan batin, pemimpin mampu menghadirkan keadilan dan keberlanjutan dalam kepemimpinan mereka. Prinsip ini mengajarkan bahwa keberhasilan seorang pemimpin tidak hanya diukur dari kekuasaan, tetapi juga dari kemampuannya untuk menjaga integritas dan menjadi teladan moral.

DAFTAR PUSTAKA

S. Wignyo. (2015). Pemikiran Mangkunegaran IV dalam Perspektif Kebatinan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka.

B. Sulistyo. (2011). Kebatinan Jawa dan Spiritualitas dalam Kepemimpinan. Jakarta: Mizan.

Koesoemadinata, S. (2009). Korupsi dan Moralitas: Perspektif Kebatinan dalam Tradisi Jawa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

R. Ng. Yasadipura. (2010). Serat Ramajarwa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suhartono, J. (2017). "Manunggaling Kawula Gusti dalam Kepemimpinan Mangkunegaran IV". Jurnal Kebatinan dan Sosial Budaya.

Ranggawarsita. (1999). Serat Wedhotomo Mangkunegaran IV. Yogyakarta: Penerbit Universitas Gadjah Mada.

Juwono, M. (2015). "Moralitas Kepemimpinan dalam Karya Sastra Jawa: Analisis Serat Wedhotomo". Jurnal Kebudayaan Jawa.

Soerjanto, S. (2016). Kepemimpinan dalam Tradisi Jawa: Tinjauan Etika dan Moral. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Soerjanto, S. (2015). "Makna Tiga Martabat Manusia dalam Pandangan Filsafat Jawa." Jurnal Kebudayaan Jawa.

Mulyadi, D. (2017). Pemikiran Kepemimpinan dan Etika dalam Tradisi Jawa. Jakarta: Penerbit Mutiara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun