Mohon tunggu...
Wibawa Arif Gunawan
Wibawa Arif Gunawan Mohon Tunggu... Seniman - Seniman yang berkuliah S1 di UPI

I LOVE ART

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Instrumental Musik Gaya Gurun Pasir

22 Desember 2022   23:15 Diperbarui: 22 Desember 2022   23:23 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Instrumental Musik dengan Judul SCARY DESERT

Pendahuluan

Scary Desert judul yang saya berikan untuk karya ini terinspirasi dari banyak film yang berlatarkan tempat di gurun pasir. Dimana pada saat di gurun pasir sering diiringi oleh lagu yang khas gaya-gaya arab. Yang mana bias disaksikan ada beberapa instumen yang dimunculkan maupun itu instrument Ritmis atau Melodis. Pada karya ini saya ingin menimbulkan atau menonjolkan satu instrument yang menurut saya pas untuk suasana gurun pasir.

Suling Bangsing/Bamboo Flute , saya ingin menonjolkan alat music melodis ini. karena menurut saya pas dengan suasana yang saya inginkan yaitu suasana menceka,menakutkan atau merinding sesuai dengan judul Scary Desert .

Instrumental ini saya ber nama atau judul Scary Desert  yang menurutsaya dinilai pas .dan instrumental ini saya buat bukan bertuju pada music yang terdiri dari lingkungan gurun pasir.seperti contohnya suara angina dan pasir dll. Namun sebagai pengungkapan tokoh atau orang yang ada pada cerita yang saya jelaskan .yang tersesat dan juga kebingungan .

Landasan Teoritis

Definisi Musik 

Musik disebutkan sebagai bahasa universal, yang penggunanya mencakup seluruh kalangan, yang sudah menjadi kebutuhan dengan jenisnya yang berbeda - beda. Bagi pencipta musik sendiri, musik dapat menjadi media luapan emosi yang menyampaikan perasaan pada pendengar (Sinaga & Khoiriyah, 2017).

 Musik termasuk ke dalam ilmu pengetahuan dan seni yang mencakup kombinasi ritmik dari nada--nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional (Bahari, 2008: 55).

 Kata musik digunakan untuk merujuk kepada bunyi yang diterima oleh seseorang. Setiap bunyi ini memiliki perbedaan bergantung pada sejarah, lokasi, budaya atau selera individu (Halimah, 2016).

 Musik diterima oleh pendengar dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik (Jamalus, 1988:1-2).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun