Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Topik Numerasi: Meningkatkan Kompetensi Murid, dari Kongkret ke Abstrak

10 Maret 2024   11:06 Diperbarui: 10 Maret 2024   11:07 2068
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar pada Topik Numerasi : Meningkatkan Kompetensi Murid

Aksi nyata pada topik Numerasi mengambil tema Penerapan " dari Konkret ke Abstrak"

Materi yang saya ambil pada aksi nyata tema Numerasi adalah Persilangan Monohibrid. Persilangan Monohibrid adalah persilangan dengan 2 sifat berbeda. Supaya peserta didik dapat memahami hasil persilangan monohybrid maka saya menerapkan pembelajaran dari konkret ke abstrak. Dengan tahapan K-G-A yaitu Konkret -- Gambar -- Abstrak. Saya mengajak peserta didik melaksanakan Praktikum Persilangan Monohibrid dengan menggunakan koin uang 500 perak sebagai bentuk konkret.

Berikut adalah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang merupakan Rencana Pembelajaran Praktikum Persilangan Monohibrid

LKPD PRAKTIKUM SIMULASI MONOHIBRID

Tujuan : Melalui pembelajaran saintifik peserta didik dapat menerapkan dengan baik prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkanhukum Mendel dan menyajikan hasil penerapan hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian dan peternakan serta memiliki sifat mandiri, jujur, dan disiplin.

Metode Pembelajaran : Praktikum Monohibrid dan Dihibrid

Praktikum Monohibrid 

Peserta didik diminta untuk melihat video pembelajaran tentang Praktikum Monohibrid menggunakan koin.

https://youtu.be/txTlb20rXJQ

Tujuan : Melakukan simulasi Praktikum Monohibrid

Alat dan Bahan

2 koin uang 500 perak

Alat tulis

Cara Kerja 

Siapkan 2 koin 500 perak , tentukan bagian angka mewakili gen A dan bagian gambar burung garuda mewakili gen a.

A = sisi angka

a = gambar burung garuda

1 koin di tangan kiri adalah mewakili sperma dan satu koin di tangan kanan mewakili ovum

Kemudian secara bersamaan di lempar 2 koin tersebut dan dilihat gambar yang tampak

Kemudian isi di tabel pengamatan

Lakukan sebanyak 50 kali.

Kemudian buat perbandingan genotip antara AA : Aa : aa

Tabel Pengamatan

SpermaOvumTurusJumlah

AA

Aa

aA

aa

  • Pertanyaan
  • Berapa perbandingan AA : Aa : aa ?
  • Apakah perbandingan yang di dapat sesuai dengan perbandingan Monohibrid 
  • AA : Aa : aa = 1 : 2 : 1
  • Buatlah kesimpulan dari praktikum ini !

 Berikut adalah dokumentasi pada saat pembelajaran Praktikum Monohibrid

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Dokumentasi Praktikum Persilangan Monohibrid

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Dari praktikum yang dilakukan, peserta didik dapat mengetahui bahwa koin 500 perak yang mempunya 2 sisi yaitu angka dan gambar, hal ini dapat menjadikan konkret dari arti Monohibrid (2 sifat beda). Selanjutnya 2 peserta didik mewakili sebagai sperma (jantan) dan sebagai ovum (betina) jadi terjadi perkawinan. Kedua peserta didik melempar koin secara bersamaan, maka akan dihasilkan peluang koin setelah dihitung akan menghasilkan persilangan Monohibrid (abstrak). Sehingga peserta didik akan mengerti dan memahami persilangan Monohibrid dengan kegiatan pembelajaran dari konkret ke abstrak.

Berikut adalah Umpan balik peserta didik dengan menggunakan level of reflection

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Deskripsi

Proses saya merancang kegiatan penguatan numerasi menggunakan penerapan konkret ke abstrak yaitu yang pertama saya menentukan materi yaitu persilangan monohybrid. Selanjutnya saya membuat perencanaan yaitu LKPD Praktikum Persilangan Monohibrrid mrnggunaka koin uang sebagai konkret. Selanjutnya dilaksanakan praktikum sehingga peserta didik dapat memehami dengan menuliskan hasil persilangan dan akhirnya dapat menentukan hasil persilangan Monohibrid (abstrak)

Refleksi

Hal yang saya pelajari bahwa sesuatu teori yang berupa abstrak dapat di pelajri dengan meng konkretkan sehingga akan paham dan mengingat lebih lama.

Bagian yang mengubah saya adalah bahwa pembelajaran harus dibuat konkret terlebih dahulu supaya peserta didik lebih mengerti dan menguingat lebih lama.

Langkah konkrit selanjutnya adalah saya akan mencoba untuk materi yang lainnya supaya dapat tercipta pembelajaran yang menyenangkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun