Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar pada Topik Numerasi : Meningkatkan Kompetensi Murid
Aksi nyata pada topik Numerasi mengambil tema Penerapan " dari Konkret ke Abstrak"
Materi yang saya ambil pada aksi nyata tema Numerasi adalah Persilangan Monohibrid. Persilangan Monohibrid adalah persilangan dengan 2 sifat berbeda. Supaya peserta didik dapat memahami hasil persilangan monohybrid maka saya menerapkan pembelajaran dari konkret ke abstrak. Dengan tahapan K-G-A yaitu Konkret -- Gambar -- Abstrak. Saya mengajak peserta didik melaksanakan Praktikum Persilangan Monohibrid dengan menggunakan koin uang 500 perak sebagai bentuk konkret.
Berikut adalah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang merupakan Rencana Pembelajaran Praktikum Persilangan Monohibrid
LKPD PRAKTIKUM SIMULASI MONOHIBRID
Tujuan : Melalui pembelajaran saintifik peserta didik dapat menerapkan dengan baik prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkanhukum Mendel dan menyajikan hasil penerapan hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian dan peternakan serta memiliki sifat mandiri, jujur, dan disiplin.
Metode Pembelajaran : Praktikum Monohibrid dan Dihibrid
Praktikum MonohibridÂ
Peserta didik diminta untuk melihat video pembelajaran tentang Praktikum Monohibrid menggunakan koin.
Tujuan : Melakukan simulasi Praktikum Monohibrid
Alat dan Bahan
2 koin uang 500 perak
Alat tulis
Cara KerjaÂ
Siapkan 2 koin 500 perak , tentukan bagian angka mewakili gen A dan bagian gambar burung garuda mewakili gen a.
A = sisi angka
a = gambar burung garuda
1 koin di tangan kiri adalah mewakili sperma dan satu koin di tangan kanan mewakili ovum
Kemudian secara bersamaan di lempar 2 koin tersebut dan dilihat gambar yang tampak
Kemudian isi di tabel pengamatan
Lakukan sebanyak 50 kali.
Kemudian buat perbandingan genotip antara AA : Aa : aa
Tabel Pengamatan
SpermaOvumTurusJumlah
AA
Aa
aA
aa
- Pertanyaan
- Berapa perbandingan AA : Aa : aa ?
- Apakah perbandingan yang di dapat sesuai dengan perbandingan MonohibridÂ
- AA : Aa : aa = 1 : 2 : 1
- Buatlah kesimpulan dari praktikum ini !
 Berikut adalah dokumentasi pada saat pembelajaran Praktikum Monohibrid
Dokumentasi Praktikum Persilangan Monohibrid
Dari praktikum yang dilakukan, peserta didik dapat mengetahui bahwa koin 500 perak yang mempunya 2 sisi yaitu angka dan gambar, hal ini dapat menjadikan konkret dari arti Monohibrid (2 sifat beda). Selanjutnya 2 peserta didik mewakili sebagai sperma (jantan) dan sebagai ovum (betina) jadi terjadi perkawinan. Kedua peserta didik melempar koin secara bersamaan, maka akan dihasilkan peluang koin setelah dihitung akan menghasilkan persilangan Monohibrid (abstrak). Sehingga peserta didik akan mengerti dan memahami persilangan Monohibrid dengan kegiatan pembelajaran dari konkret ke abstrak.
Berikut adalah Umpan balik peserta didik dengan menggunakan level of reflection
Deskripsi
Proses saya merancang kegiatan penguatan numerasi menggunakan penerapan konkret ke abstrak yaitu yang pertama saya menentukan materi yaitu persilangan monohybrid. Selanjutnya saya membuat perencanaan yaitu LKPD Praktikum Persilangan Monohibrrid mrnggunaka koin uang sebagai konkret. Selanjutnya dilaksanakan praktikum sehingga peserta didik dapat memehami dengan menuliskan hasil persilangan dan akhirnya dapat menentukan hasil persilangan Monohibrid (abstrak)
Refleksi
Hal yang saya pelajari bahwa sesuatu teori yang berupa abstrak dapat di pelajri dengan meng konkretkan sehingga akan paham dan mengingat lebih lama.
Bagian yang mengubah saya adalah bahwa pembelajaran harus dibuat konkret terlebih dahulu supaya peserta didik lebih mengerti dan menguingat lebih lama.
Langkah konkrit selanjutnya adalah saya akan mencoba untuk materi yang lainnya supaya dapat tercipta pembelajaran yang menyenangkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H