Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar pada Topik Asesmen SMP SMA/SMK dengan tema melakukan asesmen awal pembelajaran.
Padaaksi nyata kali ini saya mengambil materi kelas 11 yaitu tentang Sel dan transport membrane. Sebelum pembelajaran dimulai saya membuat Asesmen diagnostic atau asesmen awal yang harus diisi oleh peserta didik secara tertulis, bisa juga menggunakan aplikasi Canva (infografis).
Berikut adalah Rencana Asesmen awal pembelajarn Sel dan transport membrane
Topik                    : Struktur Sel dan Transpor MembranÂ
Hasil Asesmen Diagnostik Peserta didikÂ
Foto pada saat peserta didik melaksanakan Asesmen DiagnostikÂ
 Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke -- 1Â : Pengertian Sel dan Teori tentang Sel
Alokasi waktu 2 Jam Pelajaran (JP) @ 45 menit.
Hasil asesmen awal dari peserta didik serta rencana tindak lanjut dari hasil asesmen dan strategi pembelajaran berdasarkan asesemen awal yang sudah dilakukan, di sampaikan kepada beberapa rekan Guru di sekolah.
Kemudian saya meminta rekan Guru tersebut untuk memberikan umpan balik terhadap asesmen awal dan rencana tindak lanjutnya.
Berikut adalah Dokumentasi Umpan Balik dari Rekan Guru
Deskripsi
Pada aksi nyata kali ini saya membuat asesmen awal berupa asesmen diagnostik non kognitif dan asesmen diagnostuik kognitif.
Yang paling menantang dalam proses aksi nyata ini adalah pada saat membuat refleksi dan rencana tindak lanjut rerhadap hasil asesmen awal dianostiuk yang sudah saya lakukan. Karena kita harus membaca, memahami dan menganalisa sehingga bissa membuat rencana tindak lanjut berupa strategi pembelajaran yang sesuai dengan hasil asesmen awal yang sudah dilakukan.
Refleksi
Perubahan sikap yang saya alami saat melakukan aksi nyata adalah saya lebih berhati-hati atau lebih teliti dalam menentukan atau membuat strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik saya.
Pengetahuan dan ketrampilan yang didapatkan dari proses ini adalah saya jadi tahu dan paham bahwa untuk membuat perencanaan pembelajaran harus berdasar pada asesmen awal yang dilakukan kepada peserta didik.
Hal berbeda yang saya terapkan setelah melakukan aksi nyata ini adalah mulai sekarang saya akan melaksanalan asesmen awal pada peserta didik sebelum membuat perencanaan dalam pembelajaran agar sesuai dengan karakteristik semua peserta didik.
Mudah-mudahan daapat menginspirasi dan bermenfaat.. semangat...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H