Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata PMM Topik Asesmen SMP SMA/SMK Tema Asesmen Awal Pembelajaran

21 Januari 2024   13:16 Diperbarui: 21 Januari 2024   13:27 1569
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran Biologi (dokumentasi probadi)

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar pada Topik Asesmen SMP SMA/SMK dengan tema melakukan asesmen awal pembelajaran.

Padaaksi nyata kali ini saya mengambil materi kelas 11 yaitu tentang Sel dan transport membrane. Sebelum pembelajaran dimulai saya membuat Asesmen diagnostic atau asesmen awal yang harus diisi oleh peserta didik secara tertulis, bisa juga menggunakan aplikasi Canva (infografis).

Berikut adalah Rencana Asesmen awal pembelajarn Sel dan transport membrane

Topik                                      : Struktur Sel dan Transpor Membran 

dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumetasi probadi
dokumetasi probadi
Hasil Asesmen Diagnostik Peserta didik 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Foto pada saat peserta didik melaksanakan Asesmen Diagnostik 

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

 Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke -- 1 : Pengertian Sel dan Teori tentang Sel

Alokasi waktu 2 Jam Pelajaran (JP) @ 45 menit.

dokumen pribadi
dokumen pribadi

Hasil asesmen awal dari peserta didik serta rencana tindak lanjut dari hasil asesmen dan strategi pembelajaran berdasarkan asesemen awal yang sudah dilakukan, di sampaikan kepada beberapa rekan Guru di sekolah.

Kemudian saya meminta rekan Guru tersebut untuk memberikan umpan balik terhadap asesmen awal dan rencana tindak lanjutnya.

Berikut adalah Dokumentasi Umpan Balik dari Rekan Guru

dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi

Deskripsi

Pada aksi nyata kali ini saya membuat asesmen awal berupa asesmen diagnostik non kognitif dan asesmen diagnostuik kognitif.

Yang paling menantang dalam proses aksi nyata ini adalah pada saat membuat refleksi dan rencana tindak lanjut rerhadap hasil asesmen awal dianostiuk yang sudah saya lakukan. Karena kita harus membaca, memahami dan menganalisa sehingga bissa membuat rencana tindak lanjut berupa strategi pembelajaran yang sesuai dengan hasil asesmen awal yang sudah dilakukan.

Refleksi

Perubahan sikap yang saya alami saat melakukan aksi nyata adalah saya lebih berhati-hati atau lebih teliti dalam menentukan atau membuat strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik saya.

Pengetahuan dan ketrampilan yang didapatkan dari proses ini adalah saya jadi tahu dan paham bahwa untuk membuat perencanaan pembelajaran harus berdasar pada asesmen awal yang dilakukan kepada peserta didik.

Hal berbeda yang saya terapkan setelah melakukan aksi nyata ini adalah mulai sekarang saya akan melaksanalan asesmen awal pada peserta didik sebelum membuat perencanaan dalam pembelajaran agar sesuai dengan karakteristik semua peserta didik.

Mudah-mudahan daapat menginspirasi dan bermenfaat.. semangat...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun