Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Diferensiasi Materi Panca Indra Kelas 11 IPA/IPS LM

31 Maret 2023   18:36 Diperbarui: 31 Maret 2023   18:38 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta didik sedang berdiskusi (Dokpri)

Pengertian Pembelajaran Diferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi. 

Pada materi Panca Indra saya mengambil pembelajaran diferensiasi pada produk presentasi. Sebelumnya saya melakukan pemetaan kebutuhan siswa berdasarkan minat siswa, kesiapan siswa dalam menerima materi, dan profil belajar murid. Cara saya melakukan pemetaan dengan memberikan pertanyaan pada siswa bisa melalui google form atau bertanya langsung kepada siswa sehingga kita bisa mengelompokkan siswa berdasarkan minat dan bakatnya.
Untuk pemetaan berdasarkan minat siswa saya menanyakan kepada siswa siapa yang minat dengan literasi ilmiah, media sosial, musik dan public speaking. Kelemahan jika kita mengambil data pemetaan siswa dengan bertanya langsung di kelas, maka siswa akan saling mengikuti teman, karena pastinya mereka akan lebih nyaman bekerja sama dengan teman dekat (bestie) daripada teman yang kurang dekat. Maka lebih baik jika kita memetakan menggunakan googleform.
Untuk pemetaan berdasarkan kesiapan, dapat kita lihat pada google clssroom (aplikasi yang saya pakai selama belajar daring untuk berkomunikasi dengan siswa), di google classroom kita bisa melihat kesiapan siswa dengan tugas yang mereka kerjakan dan upload tugas tepat waktu. Bila sudah pembelajaran tatap muka kita bisa mengadakan pretest untuk mengetahui samapai mana kesiapan murid terhadap materi yang baru.
Untuk membuat pemetaan siswa berdasarkan profil belajar maka kita bisa menanyakan siswa dengan pertanyaan atau bertanya langsung, ataupun kita bisa berdiskusi dengan guru BK dan wali kelas, tentang profil belajar siswa yang kita ajar, apakah termasuk tipe audio, visual atau kinestetik.
Setelah kita dapat data pemetaan siswa maka kita bisa membuat kelompok untuk Pembelajaran Diferensiasi Materi Panca Indra Kelas 11 IPA/IPS LM.

Pembelajaran Diferensiasi pada Materi Panca Indra 

Pembelajaran diferensiasi ini saya lakukan bersama anak-anak kelas 11 IPS 3 yang saya bagi menjadi 5 kelompok sesuai dengan minat dan bakat mereka. Pada pembelajaran materi Panca Indra saya bagi menjadi 2 pertemuan. Pertemuan pertama masing-masing kelompok diminta untuk diskusi membicarakan materi yang akan dipresentasikannya.

Pembelajaran diferensiasi digunakan pada saat presentasi materi sesuai dengan materi yang dipilih dan produknya pun tergantung dengan minat masing-masing

Produk Presentasi :

Kelompok 1 : Panca Indra Kulit (lagu)

Kelompok 2 : Panca Indra Hidung (lagu)

Kelompok 3 : Panca Indra Lidah (lagu)

Kelompok 4 : Panca Indra Telinga (pod cast)

Kelompok 5 : Panca Indra Mata (presentasi ilmiah)

Pada pertemuan kedua diadakan presentasi hasil diskusi minggu sebelumnya. Sebelum tampil, maka Guru membuat Kesepakatan Kelas untuk Aturan Presentasi (Pelaksanaan Budaya Positif)

1.     Waktu presentasi 5 -- 10 menit

2.     Kelompok audience harus memperhatikan kelompok yang tampil

3.     Tidak ada pertanyaan untuk kelompok yang tampil

4.     Kelompok audience berhak untuk menilai kelompok yang tampil

5.     Kelompok yang tampil diperbolehkan untuk mengulang bila memang diperlukan.

Berikut adalah video dokumentasi Pembelajaran Diferensiasi Materi Panca Indra Kelas 11 IPS 3 


Pada akhir pembelajaran di adakan refleksi bersama dan diadakan post test

Post tes yang saya lakukan di kombinasikan dengan permainan supaya anak merasa senang.

Jadi  saya membagikan kertas kepada seluruh murid, selanjutnya saya ajukan satu pertanyaan :

Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa yang kamu ketahui tenang salah satu panca indra

Setelah itu dalam hitungan ketiga saya minta semua murid melempar kertas tersebut dan

hitungan ke lima sampai 10 semua murid harus mencari satu kertas yang bukan miliknya,

selanjutnya saya minta semua murid untuk membaca secara serempak dan dengan lantang.

Alhamdulillah semua murid bahagia dan puas dengan pembelajaran hari ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun