Setelah mendapat ilmu dari pertemuan MGMP Biologi KBB tentang pembelajaran dengan metode Computational Thinking (CT) dalam pembelajaran Sains, akhirnya saya memberanikan diri untuk bisa mempraktekkan pada pembelajaran Reproduksi Sel (Pembelahana Sel) Kelas 12 IPA IPS LM.Â
Pada pembelajaran Reproduksi sel dengan metode Computational Thinking saya bagi menjadi 4 kali pertemuan (4x 45 menit0. Berikut adalah RPP Reproduksi Sel metode CT 2022 Â (Unduh Disini)
Pertemuan PertamaÂ
Pada pertemuan pertama akan melakukan 2 tahap dalam metode Computational thinking yaitu tahap abstraksi dan tahap dekomposisi.
Tahap abstraksi, saya meminta semua peserta didik untuk melihat ketiga video kemudian diminta untuk membuat catatan penting dari ketiga video tersebut.Â
1. Video AmitosisÂ
2. Video Mitosis
3. Video Meiosis
  Tahap DekomposisiÂ
Guru membagi kelas menjadi 13 kelompok terdiri dari kelompokÂ
1) Â Â Interfase
2) Â Â Profase Mitosis
3) Â Â Metafase Mitosis
4) Â Â Anafase Mitosis
5) Â Â Telofase Mitosis
6) Â Â Profase Meiosis 1
7) Â Â Metafase Meiosis 1
8) Â Â Anafase Meiosis 1
9) Â Â Telofase Meiosis 1
10) Profase Meiosis 2
11) Metafase Meiosis 2
12) Anafase Meiosis 2
13) Telofase Meiosis 2Â
 Masing-masing kelompok mempelajari dan berdiskusi sesuai dengan bagiannya dan ditulis di         selembar kertas yang telah disiapkan . Setiap kelompok menyiapkan alat dan bahan untuk praktikum Reproduksi Sel pertemuan selanjutnya. Alat dan bahan berupa : plastisin (lilin malam), piring plastik sebagai alas.  Tonton video praktikum Reproduksi Sel berikut ini
Â
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di LKPD Reproduksi Sel 2022 (Unduh Disini)Â
 Pertemuan Kedua
AlgoritmaÂ
a. Â Â Peserta didik dalam kelompok mengerjakan praktikum reproduksi sel sesuai dengan bagian materinya Â
b. Â Â Kelompok2 kecil bergabung menjadi 2 kelompok besar yaituÂ
1.   Kelompok besar Mitosis yang terdiri dari keloompok kecil Interfase, Profase Mitosis, Metafase Mitasis, Anafase Mitosis dan           Telofase MitosisÂ
2. Â Â Kelompok besar Meiosis terdiri dari kelompok kecil Meiosis 1 dan Meiosis 2
c. Â Â Peserta didik menghafalkan urutan dari proses Mitosis dan Meiosis dengan menggunakan alat peraga yang sudah dibuat.Â
d. Â Â Setiap kelompok wajib mendokumentasikan semua urutan Mitosis dan Meiosis dan memberikan keterangan pada setiap foto yang diambil, laporan dalam bentuk foto berjalan (video)Â
 Pertemuan Ketiga Â
AbstraksiÂ
 Peserta didik diminta untuk melihat video pembelajaran dibawah ini
1. Spermatogenesis dan Oogenesis
2. Makrosporogenesis dan Mikrosporogenesis
Setelah melihat video, peserta didik diminta untuk membuat catatan penting pada kertas yang         diberikan oleh Guru.Â
Dekomposisi
 Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok terdiri dari kelompok
1) Â Â Spermatogenesis
2) Â Â Oogenesis
3) Â Â Makrosporogenesis
4) Â Â Mikrosporogenesis
Pertemuan Keempat :
Algoritma
a. Â Â Peserta didik dalam kelompok mempresentasikan sesuai dengan bagian materi dengan gambar yang sudah dibuat
b. Â Â Pada waktu presentasi, setiap kelompok harus bisa mengurutkan proses pada gambar yang sudah dibuat
c. Â Â Kelompok audiens harus dapat mengulang presentasi dari kelompok yang tampil.
d. Â Â Penilaian antar kelompok
 Pengenalan Patern (Pola)
 Setiap kelompok membuat tabel perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis, perbedaan   Makrosporogenesis dan Mikrosporogenesis
Demikian tadi penjabaran cara saya mengajar dalam pembelajaran Reproduksi Sel dengan metode Computational Thinking (CT). Mudah-mudahan dapat menginspirasi...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H