Mohon tunggu...
weni puspitaningrum
weni puspitaningrum Mohon Tunggu... Guru - GURU

PENDIDIKAN

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK-2. Jurnal Refleksi PPL PPG Daljab Angkatan 2 2023

28 November 2023   20:59 Diperbarui: 29 November 2023   10:29 13703
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama Mapel : PROJECT KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

Tempat Pelaksanaan : SMK Negeri 3 Klaten

Waktu Pelaksanaan : Selasa, 14 November 2023 / 07.45 -- 11.15 WIB

Nama Mahasiswa :  Weni Puspita Ningrum

Nama Guru Pamong : Purwandari, S.Pd, M.Pd

Nama Dosen : Maria Krisnawati. M.Sn


 I. Deskripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran
(Apakah topik dan tujuan yang Anda diajarkan? Inovasi apakah yang Anda lakukan? Mengapa Anda memilih metode tersebut sebagai inovasi pembelajar di kelas Anda?)Topik pembelajaran peluang usaha dan jasa, dalam penggunaan model pembelajaran Project based learning/PJBL. 

Dengan menggunakan langkah- langkah PJBL sebagai berikut penentuan pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal, memantau siswa dan kemajuan proyek, penilaian hasil, evaluasi pengalaman.
Tujuan pembelajarannya pada pertemuan kedua yaitu peserta didik mampu menetapkan jenis usaha dan Peserta didik mampu membuat produk usaha
 Inovasi yang saya lakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbasis TPACK video, gambar, Power point, Penggunaan Handphone, aplikasi canva, Cupcut untuk mengedit video hasil pembuatan produk kerajinan tangan membuat asesoris rambut (bando dan jepit rambut) dari kain perca.

 II. Hal Baik/Manfaat dari Inovasi Pembelajaran
(Hal-hal baik/manfaat apakah yang dirasakan oleh Anda dan siswa/i Anda saat inovasi pembelajaran berlangsung? Mengapa dan kaitkan alasannya dengan materi yang dipelajari pada MK Pendalaman Materi).


 Manfaat yang diperoleh dari inovasi pembelajaran berlangsung yaitu: meningkatkan kreatifitas dan inovasi peserta didik dalam menentukan jenis usaha dan peserta didik mampu dalam membuat produk dari membaca potensi yang ada di eksternal lingkungan SMK yaitu membuat kerajinan tangan asesoris rambut dengan memanfaatkan kain perca.
Model ini sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran, karena bisa membangun kolaborasi dengan baik dalam diskusi kelompok serta peserta didik berinovasi dan kreatif dalam menyelesaikan produk.

III. Tantangan/Masalah yang Dihadapi dari Inovasi Pembelajaran
(Tantangan/masalah apakah yang Anda hadapi saat inovasi diimplementasikan pada pembelajaran? Mengapa dan kaitkan alasannya dengan materi yang dipelajari pada MK Pendalaman Materi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun