Mohon tunggu...
SULISTYANTO FATHONI
SULISTYANTO FATHONI Mohon Tunggu... -

NEGERI Phonsel

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Awas Saldo BRI Minus

5 Mei 2014   04:15 Diperbarui: 4 April 2017   16:49 17540
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

tgl 11 april 2014


jam 14.30


cek rekening lewat internet banking, semua masih kelihatan normal, ada transferan masuk dr klient dll didata administrasi. saldo aman.


jam 14. 45


setoran tunai di BRI unit langganan sejumlah uang cash


jam 15.00


karena akan digunakan untuk transfer pembayaran seperti biasanya cek rekening lewat internet banking, betapa KAGET, tiba-tiba Saldo saya malah minus.


seketika itu konfirmasi ke BRI unit tempat tadi setoran tunai, dapat jawaban sudah masuk, setelah disampaikan tentang keanehan saldo minus tersebut, disarankan konfirmasi ke BRI KCP tempat membuka rekening.


langsung waktu itu juga ke kantor BRI KCP tempat kami buka rekening, dapat jawaban "akan disampaikan ke pihak yang lebih berwenang".


tgl 12 april 2014


ada panggilan dari BRI KCP.


datang dan dijelaskan tentang minus rekening terjadi karena ada pemblokiran karena bahwa pada tgl .. bulan juni 2013 ada transaksi transfer ke rekening yang tidak terdebet.


cukupkah penjelasan tersebut menurut anda.?? dengan kejadian yang sudah hampir 1 tahun berlalu.


maka saya sampaikan permintaan saya untuk dibantu kejelasannya sampai selesai tuntas siapa yang harus bertanggung jawab tentang uang saya yang hilang.


("tidak ada uang yang hilang" kata CS BRI KCP yang menemui saya waktu itu, kata ini seperti "apabila uang anda dicuri ataupun jatuh dan tidak diketemukan, tidak ada yang hilang dari uang itu, tapi ada yang merawat uang anda").


karena ini berkaitan dengan pihak ketiga, yaitu pemilik rekening yang di transfer pada waktu itu.


maka saya minta pada pihak BRI untuk membantu saya menjelaskan kepada pihak ketiga tersebut, ( saya masih berharap, uang saya tidak benar-benar hilang begitu saja ).


karena saya yakin sekali, siapapun pemilik rekening tersebut, sangat berkeberatan untuk mengecek tentang transaksi yang sudah berlalu begitu lama nya.


dalam artian mau mengecek,


1. apakah benar tranfernya masuk,


2. apabila benar transfer tersebut masuk, apakah masuk pada waktu itu.


3. apabila benar masuk pada waktu itu, apakah transfer lewat BRI ini sudah dimasukan dalam pendataan administrasi disana (pihak ketiga) untuk pembayaran. mengingat transaksi saya dengan pihak ketiga tersebut bukan sekali ataupun sepuluh kali yang mudah dalam pelacakan, saya bertransaksi sudah ratusan atau malah ribuan kali, dan hampir tiap hari dan juga tidak hanya memakai rekening ini saja.


4. atau jangan-jangan transferan itu juga baru saja masuk.


* waktu berlalu, tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak BRI. ataupun dari KCP BRI


* Hingga ada suatu kejadian aneh lagi terjadi dengan rekening BRI saya yang lain


tgl 23 april 2014


kegiatan administrasi berjalan normal seperti biasa, cek mutasi rekening semua, untuk memasukan data transferan yang masuk dari klient.


lagi-lagi dikejutkan dengan sebuah transaksi ada transferan masuk dari klient, tapi dikembalikan lagi. padahal tidak ada yang melakukan transfer balik.


lalu siapa yang transaksi.??


dari itu kembali teringat klaim yang belum ada konfirmasi lanjutan dari BRI.


datang lagi ke kantor BRI KCP tempat buka rekening, menanyakan kejadian yang baru saja terjadi sekalian menanyakan kelanjutannya klaim yang dahulu bagaimana, karena sudah hampir 2 minggu tidak ada konfirmasi kelanjutannya.


*note: untuk klarifikasi tentang transfer masuk yang balik lagi, sudah dibantu selesaikan oleh pihak kantor BRI UNIT Limpung (bukan KCP), pada hari itu juga dibantu telp kepada klient saya, dan "selesai".


karena tidak ada CS BRI KCP yang waktu itu memberi keterangan kepada saya, CS BRI KCP yang ada menjawab "besok kembali lagi kesini".


nah ini saya berurusan dengan "BRI" atau "salah satu pegawai BRI".


seharusnya, kalaupun CS tersebut tidak menguasai permasalahan, setidaknya Kepala Kantor setempat bisa mengklarifikasikan kepada saya, karena permasalahan ini sudah lama.


* setelah saya menanyakan hal tersebut pada hari itu, besoknya barulah ada sedikit konfirmasi.


asumsi saya berarti, pihak BRI menyepelekan hal ini, menyepelekan permintaan saya untuk penyelesaian lebih jelas. karena sudah melupakan klaim saya.


dan baru mau konfirmasi lagi karena saya tanyakan ulang.


untuk hal inipun, saya yakin pihak BRI sudah melupakan kasus saya, sampai dengan pihak BRI membaca tulisan ini.


dan setelah baca tulisan inipun, belum tentu pihak BRI mau menyelesaikannya,


karena mungkin pihak BRI menganggap saya ini bukan siapa-siapa,


ya saya memang bukan siapa-siapa, saya hanya nasabah kecil, saya hanya rakyat biasa, saya memang kurang berpendidikan, dan saya tidak mempunyai kekuatan apapun, tidak punya pengaruh apapun.


apalagi sampai dengan penuntutan secara hukum pun, saya pasti berfikir ulang seribu kali, berapa biaya yang harus saya keluarkan, berapa waktu yang harus saya buang.


tgl 24 april 2014


pihak dari BRI KCP tempat buka rekening telp.


namun seperti konfirmasi awal dahulu, hanya menyampaikan tentang minus rekening terjadi karena ada pemblokiran karena bahwa pada tgl .. bulan juni 2013 ada transaksi transfer ke rekening yang tidak terdebet.


tentang harapan saya untuk minta dibantu menjelaskan pada pihak ketiga, CS BRI KCP tersebut hanya menjawab "saya tidak berwenang untuk memutuskan itu"


lagi-lagi saya bingung dan menanyakan, ini saya berurusan dengan siapa, dengan "BRI" atau "salah satu pegawai BRI KCP" (CS tersebut).


yang saya tanyakan ini masalah begini, pihak BRI jangan sepihak begini, tolong bantu saya untuk mencari uang saya yang hilang tersebut. jelaskan kepada pihak ketiga tersebut, dan mintakan kesediaan bantuan untuk mengecek ulang transaksi kami (saya dengan pihak ketiga tersebut).


tapi lagi-lagi yang sya dengar hanya jawaban "saya tidak berwenang untuk memutuskan itu"


terus kepada siapa saya harus meminta penjelasan, sedang pihak BRI yang memberi penjelasan hanya dari CS BRI KCP tersebut (dia tidak berwenang).


saya tahu, CS tersebut tidak berwenang, saya hanya minta tolong sampaikan kepada yang berwenang.


tapi lagi-lagi yang sya dengar hanya jawaban "saya tidak berwenang untuk memutuskan itu"


dan CS bilang "kalo belum puas dengan keterangan yang saya berikan, silahkan sampaikan ke call center"


call center emang bakal beri jawaban apa...???????


ini mutar muter jawaban yang saya peroleh, bikin saya benar-benar emosi.


pihak BRI KCP sepertinya sepele dan menghindari berurusan dengan hal ini,


karena dilihat dari ketidakjelasan ini, sampai tulisan ini saya muat, pihak kepala BRI KCP juga tidak mau menemui saya untuk memberikan keterangan ataupun memberikan sedikit solusi.


atau memang kepala KCP BRI tersebut tidak tahu


kalaupun tidak tahu, kenapa tidak tahu.


nomer rek 219901000009568 KCP Limpung


kepada pihak BRI mohon segera untuk mengklarifikasi hal ini.


NOTE: * setelah cek lagi, data mutasi ada yang berubah antara data yang dahulu dengan yang sekarang, "terlihat sekali kalau (mungkin) ada indikasi kesengajaan pemalsuan data untuk menghilangkan bukti"


silahkan pembaca berpendapat tentang ini.

pada tgl 19 mei, sudah ada pengembalian saldo yg bermasalah tersebut, terimakasih OJK, terimakasih kepad yg sudah memberikan saran untuk menelusuri hal ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun