Mohon tunggu...
Wati Pabalik
Wati Pabalik Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi masak dan piknik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep Modul 2.2 - Forum Diskusi

4 November 2023   18:50 Diperbarui: 4 November 2023   19:11 4358
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

2.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep Modul 2.2 -- Forum Diskusi

Oleh Wati Pabalik, SE, Gr.,

Calon Guru Penggerak A9 Kabupaten Fakfak

Salam dan bahagia seluruh guru-guru hebat di Indonesia. Kembali lagi saya akan menulis Eksplorasi Konsep Modul 2.2 - Forum Diskusi.

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang penerapan 5 kompetensi sosial - emosional (kesadaran diri, manajemen, kesadaran sosial, keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) yang berbasis kesadaran penuh.

Pengantar dan Latar Belakang: 

Bapak Eling adalah seorang guru PPKN SMP selama lebih dari 15 tahun. 5 tahun belakangan, ia juga berperan sebagai wakil kepala sekolah bidang kemuridan. Selain mengajar PPKN, perannya sebagai wakil kepala sekolah memberikannya tanggung jawab untuk merancang kebijakan pendisiplinan murid, melakukan supervisi dan sebagai pendamping dalam kegiatan-kegiatan dan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan kemuridan. Pada bulan September, kepala sekolah menunjuk Bapak Eling sebagai ketua panitia perayaan ulang tahun sekolah.

Selanjutnya disajikan 5 kasus yang terjadi pada Bapak Eling. Bacalah secara berurutan dan lakukan refleksi setelah membaca!

2.2.a.4.1.a. Eksplorasi Konsep - Kasus 1

Bacalah dan lakukan refleksi setelah membaca.

Saat itu jam pelajaran terakhir. Sebelum rapat panitia besar ulang tahun sekolah untuk memfinalisasi acara, Bapak Eling masuk ke kelas 9 untuk mengajar mata pelajaran PPKN. Sejak pagi, Bapak Eling sudah mengajar 3 kelas yang berbeda secara berurutan. Pada pelajaran ini, anak-anak diizinkan menggunakan gawai mereka untuk mengerjakan proyek kelompok. Setelah beberapa saat Bapak Eling melakukan pengecekan apakah setiap murid bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab mereka. Saat mendekati meja salah satu murid, Diana, Pak Eling mendapati muridnya itu sedang menggunakan gawainya untuk mengerjakan tugas pelajaran lain. Bapak Eling spontan mengeluarkan kata-kata dengan nada tinggi. "Jadi ini yang dari tadi kamu lakukan?" Seisi ruang kelas terkejut. Wajah Diana memerah. Ia tampak malu dan tidak menyangka Bapak Eling merespon sekeras itu.

Jawablah pertanyaan berikut.

  1. Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas.
  2. Berdasarkan pemahaman tentang KSE kesadaran diri yang berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah Anda pelajari, bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda.

Jawab:

1. Pak Eling marah dan kecewa karena merasa Diana tidak menghargai Pak Eling. Pak Eling juga ada dalam kondisi yang lelah karena sudah mengajar 3 kelas pada hari itu. Selain itu, banyak tugas yang dibebankan kepada Pak Eling dalam waktu yang bersamaan, sehingga emosinya tidak terkendali saat menghadapi Diana yang melakukan kesalahan.

2. Pak Eling harus mampu merespons situasinya dengan cara yang tepat. Setelah menyadari dan menerima emosinya, Bapak Eling dapat merespons situasinya dengan cara yang tepat. Misalnya, Bapak Eling dapat menghampiri Diana dengan tenang dan menanyakan alasan Diana tidak mengikuti aturan. Bapak Eling juga dapat mengingatkan Diana tentang pentingnya mematuhi aturan.

2.2.a.4.1.b. Eksplorasi Konsep - Kasus 2

Berikut kasus yang terjadi pada Bapak Eling yang pada akhir-akhir ini. Bacalah dan lakukan refleksi setelah membaca.

Setelah kegiatan belajar-mengajar berakhir, Bapak Eling memimpin rapat panitia besar yang akan memutuskan revisi akhir acara. Rapat yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam menghasilkan tugas baru bagi Pak Eling untuk mempelajari perubahan proposal acara. Pak Eling perlu memastikan semua perencanaan, pengaturan personil, dan pengaturan anggaran sudah tepat. Sesuai rencana, panitia acara sudah harus mulai bekerja setelah proposal disetujui oleh kepala sekolah. Oleh karena itu, Bapak Eling diminta untuk mengirimkan proposal ini kepada kepala sekolah selambat-lambatnya lusa. Karena mendahulukan proposal ini, Bapak Eling pun lupa menyiapkan rubrik untuk pembelajaran PPKN keesokan harinya. Paginya, Bapak Eling, masuk kelas dan lupa mengunduh rubrik proyek PPKN sehingga proses pembelajaran sempat tersendat.

Pada akhirnya, semua pekerjaan tidak ada yang terselesaikan sampai sehari sebelum hari pengumpulan.

Pertanyaan diskusi:

  1. Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas
  2. Berdasarkan pemahaman Anda tentang KSE manajemen diri berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah Anda pelajari, bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda

     Jawab:

1. Situasi yang dihadapi Bapak Eling adalah situasi yang dapat menimbulkan stres dan kelelahan.

Pada situasi tersebut, Bapak Eling memiliki tanggung jawab yang cukup berat, yaitu memimpin rapat panitia besar, mempelajari perubahan proposal acara, dan mengirimkan proposal kepada kepala sekolah. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan stres dan kelelahan pada Bapak Eling.

2. Mampu membuat perencanaan dan mengatur waktu

Pada situasi ini, Bapak Eling perlu membuat daftar tugas yang harus diselesaikannya dan memprioritaskan tugas-tugas yang paling penting. Hal ini dapat membantu Bapak Eling untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan lebih efisien. Bapak Eling juga perlu membagi tugas-tugasnya dan berkolaborasi dengan anggota panitia lain agar dapat diselesaikan lebih cepat.

2.2.a.4.1.c. Eksplorasi Konsep - Kasus 3

Saat mempelajari proposal acara perayaan ulang tahun sekolah di antara jam mengajar dan mengoreksi pekerjaan murid-murid, Bapak Eling menyadari salah seorang murid kelas 9 yang berprestasi dalam kejuaraan renang tidak mengumpulkan tugasnya. Murid tersebut mengungkapkan pada Bapak Eling bahwa dia sebenarnya merasakan lelah dan mengantuk saat berada di dalam kelas maupun di rumah karena latihan keras menjelang kejuaraan bulan depan. Bapak Eling menilai, seharusnya murid tersebut bekerja lebih keras sebagai konsekuensi dari pilihannya menjadi murid atlet. Murid tersebut meminta keringanan ataupun kesempatan untuk mengumpulkan tugasnya saat jam pulang sekolah namun Bapak Eling memutuskan tidak menerima dan konsekuensinya adalah murid tersebut tidak mendapatkan nilai tugas.

Pertanyaan refleksi.

  1. Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas.
  2. Berdasarkan pemahaman tentang KSE kesadaran sosial berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah Anda pelajari, bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda.

Jawab:

1. Situasi yang dihadapi Bapak Eling adalah situasi yang dapat menimbulkan konflik.

Pada situasi tersebut, Bapak Eling memiliki dua perspektif/sudut pandang yang saling bertentangan, yaitu perspektifnya sebagai guru yang harus menuntut muridnya untuk disiplin dan memenuhi tugas, serta perspektif muridnya sebagai atlet yang memiliki tantangan dan tanggung jawab yang berbeda dari murid lainnya. Hal ini dapat menimbulkan konflik antara Bapak Eling dan muridnya

2. Mampu memahami perspektif/sudut pandang muridnya 

Pada situasi tersebut, Bapak Eling perlu memahami perspektif muridnya sebagai atlet yang memiliki tantangan dan tanggung jawab yang berbeda dari murid lainnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mendengarkan dengan penuh perhatian dan mencoba untuk melihat situasi dari sudut pandang muridnya.

2.2.a.4.1.d. Eksplorasi Konsep - Kasus 4

Berikut kasus yang terjadi pada Bapak Eling yang pada akhir-akhir ini. Bacalah dan lakukan refleksi setelah membaca.

Setelah selesai memeriksa proposal acara perayaan ulang tahun sekolah, Bapak Eling mengirimkan proposal tersebut kepada kepala sekolah. Ternyata proposal yang dikirimkan oleh Bapak Eling dinilai tidak sesuai oleh kepala sekolah karena isinya harus sesuai dengan pengarahan awal yaitu agar acara lebih banyak melibatkan orang tua murid dan penyesuaian anggaran agar sesuai dengan budget yang diberikan sekolah. Bapak Eling tidak menyangka jika dia harus melakukan koreksi dan koordinasi ulang dengan tim acara. Revisi proposal tentu akan memakan waktu lagi dan Bapak Eling sudah membayangkan ini akan menghambat tugas-tugasnya yang lain. Bapak Eling mengungkapkan hal ini kepada panitia. Bapak Eling mengungkapkan bahwa dia tidak mau mengubah proposal dan meminta Wakil Ketua Panitia tersebut yang merevisi proposal.

Pertanyaan diskusi.

  1. Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas.
  2. Berdasarkan pemahaman tentang KSE keterampilan berelasi berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah Anda pelajari, bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda.

Jawab:

Situasi yang dihadapi Bapak Eling adalah situasi yang dapat menimbulkan konflik.

1. Pada situasi tersebut, Bapak Eling merasa kecewa dan marah karena proposal yang telah disusunnya tidak sesuai dengan harapan kepala sekolah. Hal ini dapat menimbulkan konflik antara Bapak Eling dan panitia acara.

2. Bapak Eling dapat merespon situasinya dengan kompetensi keterampilan berelasi berlandaskan kesadaran penuh: mengajak panitia acara untuk duduk bersama dan mendengarkan keluhan mereka dengan penuh perhatian, mengakui kesulitan yang dihadapi panitia acara, menawarkan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan panitia acara dan tetap memenuhi harapan kepala sekolah, bekerja sama dengan panitia acara untuk merevisi proposal, Dengan merespon situasinya dengan kompetensi keterampilan berelasi berlandaskan kesadaran penuh, Bapak Eling dapat menghindari konflik dengan panitia acara dan membangun hubungan yang positif.

2.2.a.4.1.e. Eksplorasi Konsep - Kasus 5

Berikut kasus yang terjadi pada Bapak Eling yang pada akhir-akhir ini. Bacalah dan lakukan refleksi setelah membaca.

Kepala sekolah memiliki kepercayaan besar pada Bapak Eling serta melihat pengalaman yang dimiliki sudah jauh lebih banyak, ia diberi tanggung jawab ekstra dibanding dengan guru-guru yang lain. Itu sebabnya Bapak Eling dipilih untuk menjadi penanggung jawab acara penting sekolah dan menjadi wakil sekolah di forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Sebaliknya, setelah bekerja selama beberapa tahun di sekolah yang sama, Bapak Eling merasa mulai kewalahan dengan berbagai tanggung jawab tambahan yang harus dijalankan. Awalnya Bapak Eling merasa tugas tambahan tersebut sangat menantang. Meski demikian, sekarang dia tidak merasakannya lagi. Ditambah dirinya merasa akhir-akhir ini, kinerjanya sebagai guru juga semakin menurun. Karena itu, Bapak Eling terpikir untuk menulis surat pengunduran diri.

Pertanyaan diskusi.

  1. Apakah situasi yang dihadapi Bapak Eling? Mohon uraikan dengan singkat, padat, dan jelas.
  2. Berdasarkan pemahaman tentang KSE pengambilan keputusan yang bertanggung jawab berlandaskan kesadaran penuh (mindfulness) yang sudah Anda pelajari, bagaimana Bapak Eling dapat merespon situasi tersebut dengan kompetensi tersebut? Jelaskan alasan Anda

Jawab:

Situasi yang dihadapi Bapak Eling adalah situasi yang dapat menimbulkan konsekuensi penting.

Pada situasi tersebut, Bapak Eling memiliki dua pilihan, yaitu tetap bertahan di sekolah atau mengundurkan diri. Masing-masing pilihan memiliki konsekuensi yang penting. Jika Bapak Eling tetap bertahan, ia harus siap untuk menghadapi berbagai tanggung jawab tambahan yang dapat membebaninya. Jika Bapak Eling mengundurkan diri, ia harus siap untuk menghadapi konsekuensi finansial dan kehilangan pekerjaan.

2. Mampu berpikir secara rasional

Setelah mempertimbangkan semua faktor yang relevan, Bapak Eling perlu berpikir secara rasional untuk membuat keputusan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengesampingkan emosi dan menilai situasi secara objektif.

Bapak Eling dapat mencoba untuk berpikir secara logis dan tidak terburu-buru, perlu berpikir secara rasional untuk membuat keputusan, hal ini dapat di lakukan dengan cara mengesampingkan emosi, berpikir terbuka dan dapat menyampaikan dengan cara baik apa yang dialami dan di rasakan kepada pimpinan agar dapat membantu mencari jalan keluar atau solusi bersama-sama apa yang di alami oleh Bapak Eling.

Demikian Eksplorasi Konsep Forum Diskusi  Modul 2.2  semoga bermanfaat. Terima kasih.

Salam guru penggerak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun