Mohon tunggu...
Waode Sri Martati Laaji
Waode Sri Martati Laaji Mohon Tunggu... Mahasiswa - Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Eksplorer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Kasus Akuisisi dan Penilaian Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 pada Universitas di Perancis Tahun 2020

23 Juni 2024   11:07 Diperbarui: 23 Juni 2024   11:25 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Metode perolehan dan penilaian pengetahuan jarak jauh/dokpri

Pada tanggal 16 Maret 2020, sebagai akibat dari krisis kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya terkait dengan munculnya bentuk baru virus corona (COVID-19), 74 universitas di Perancis menutup pintunya, memaksa hampir 1,6 juta mahasiswa, serta guru mereka, untuk menemukan solusi dan inisiatif yang dapat menjamin kelangsungan pengajaran. 

Penelitian tentang akuisisi dan penilaian pengetahuan jarak jauh selama pandemi menjadi relevan, dengan Universitas Tours dan Universitas Bouira terlibat dalam mencari solusi untuk tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa.

Tantangan yang muncul menekankan pentingnya inovasi dalam metode pengajaran dan penilaian untuk mencapai tujuan pedagogis yang efektif selama periode ini. Pandemi COVID-19 telah signifikan memengaruhi akuisisi dan penilaian pengetahuan jarak jauh. 

Institusi pendidikan beralih ke pembelajaran online sebagai respons terhadap pembatasan fisik, menyebabkan perubahan mendadak dalam metode pengajaran dan penilaian. 

Dampaknya meliputi transisi cepat institusi pendidikan, tantangan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran, gangguan interaksi siswa-guru. Penilaian online, tantangan teknis, dan evaluasi kinerja siswa menjadi fokus dalam penilaian pengetahuan jarak jauh.

Tantangan dalam akuisisi dan penilaian pengetahuan jarak jauh selama pandemi COVID-19 meliputi: transisi mendadak ke pembelajaran online, kesenjangan digital dalam aksesibilitas teknologi, gangguan interaksi siswa-guru, penilaian online yang memerlukan metode yang sesuai, dan evaluasi kinerja siswa yang membutuhkan pendekatan cermat untuk memastikan keadilan dan akurasi.

Secara khusus, tiga masalah bermunculan, mengenai kualitas pendidikan jarak jauh dibandingkan tatap muka pengajaran, penggunaan platform jarak jauh kolaboratif untuk memastikan kelancaran proses pembelajaran, dan, akhirnya, penggunaan alat-alat ini untuk memastikan relevansinya penilaian pengetahuan dan keterampilan siswa.

Profesor Abdeldjalil Ouahabi dari Universitas Tours dan Universitas Bouira, bersama dengan rekan penelitinya, seperti Sbastien Jacques dan Thierry Lequeu, merupakan bagian dari tim peneliti yang melakukan studi tentang akuisisi dan penilaian pengetahuan dalam pendidikan jarak jauh selama pandemi COVID-19. Mereka berkontribusi dalam merancang metodologi penelitian, menganalisis data, dan menyajikan hasil penelitian yang relevan dengan topik tersebut.

Empat kelompok mahasiswa teknik elektronik dan elektro di Prancis dipantau selama periode penahanan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Perkuliahan, tutorial, kerja praktek, dan proyek dilaksanakan menggunakan konferensi video dan alat obrolan Microsoft Teams dan Zoom untuk melengkapi aktivitas yang tersedia melalui lingkungan kerja digital. 

Untuk memastikan kesetaraan di antara semua siswa, terutama mengingat kesenjangan digital, alat/ perangkat lunak/aplikasi akses terbuka telah dipromosikan.

Gambar ini mengilustrasikan pendekatan perolehan dan penilaian pengetahuan jarak jauh diambil dalam artikel ini. Pendekatan ini memiliki empat fase:

Fase 1: Mempersiapkan siswa untuk pembelajaran jarak jauh.

Tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan siswa menghadapi pendidikan jarak jauh. University of tours meminta mahasiswanya untuk membuat akun Microsoft tim ketiga guru yang terlibat dalam penelitian ini hanya tinggal mendistribusikan di masing-masing guru kegiatan mengajar. 

Menggunakan aplikasi Zoom yang tidak memerlukan apapun instalasi tautan dikirim ke siswa. Hasilnya, beberapa siswa yang bersangkutan bisa mengikuti seluruh kegiatan mengajar melalui ponselnya kami juga memilih menggunakan alat Google Drive. Google kemampuan komputasi awan drive dimanfaatkan karena penggunaan digital lingkungan kerja sangat penting selama periode penahanan dan itu membuat berbagai dokumen menjadi lebih mudah.

Fase 2: Fase pembelajaran aktual, yang mana siswa diharapkan memperolehnya pengetahuan, mengembangkan keterampilan, dan membangun prestasi mereka.

Pada tahap 2, siswa kelompok 1 dan 2 sudah mampu mempraktikkan pedagogi pendekatan, yang baru-baru ini diterbitkan dalam literatur yang melihat kebalikan dari pendekatan tradisional urutan pedagogis "kuliah; tutorial; kemudian kerja praktik." Pada kelompok 3 mengikuti pendekatan akademis tradisional, meskipun jumlah perkuliahan (4 jam) rendah untuk memberi mereka lebih banyak kerja praktik (32 jam). 

Di perkuliahan dibagi menjadi kursus-kursus singkat yang masing-masing berdurasi sekitar 20 menit versi gratis Zoom, yang dibatasi hingga 40 konferensi video, memungkinkan hal ini agar lebih mudah dicerna. Sisa kelompok 4 memiliki dua fase belajar selama proyek mereka.

Pada tahap pertama mereka diminta melakukan analisis fungsional suatu sistem elektronik atau sasaran aplikasinya adalah audio. Pendekatan fungsional, dalam definisi sistem elektronik tersebut menerapkan penalaran induktif jenis sebab dan akibat, yang memerlukan, sebelum diagnosis atau pencarian solusi dilakukan, definisi tujuan.

Fase 3: Penilaian pengetahuan dan keterampilan.

Fase ini jelas merupakan fase yang paling banyak menimbulkan pertanyaan, antara lain: Bagaimana cara mengevaluasi pengetahuan dari jarak jauh? Bagaimana memastikan kesetaraan di kalangan siswa dalam hal akses terhadap sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak? Bagaimana cara menghindari kecurangan? Dan bagaimana mencegah teknologi menjadi terlalu mengganggu? Ini semua adalah pertanyaan-pertanyaan yang perlu direnungkan lebih lanjut, yang tidak ingin kami sampaikan di sini.

Fase 4: Evaluasi siswa terhadap pengalaman pembelajaran jarak jauh.

Pada tahap 4, siswa mempunyai kesempatan untuk mengevaluasi kualitas kursus pendidikan jarak jauh titik Hal ini tidak hanya memungkinkan dilakukan penilaian terhadap kualitas penawaran pelatihan, namun juga memperkuat komunikasi dengan siswa yang selalu membutuhkan interaksi tingkat tinggi. Jenis evaluasi ini telah dilaksanakan oleh University of Tours selama bertahun-tahun.

Dalam berbagai survei yang diselesaikan, mahasiswa teknik menyatakan kepuasan mereka terhadap proses pembelajaran, penggunaan alat jarak jauh, dan tingkat penguasaan alat tersebut oleh guru mereka. Hasil berbagai uji pengetahuan menunjukkan bahwa untuk mata kuliah yang sama, pembelajaran jarak jauh tidak menurunkan prestasi mahasiswa teknik. 

Memang benar, mereka memperoleh nilai lokal yang serupa dengan yang diharapkan dalam pengajaran tatap muka. Hasil yang disajikan dalam artikel ini tidak dimaksudkan untuk menyoroti manfaat pendidikan jarak jauh, melainkan untuk membuka perdebatan dan merefleksikan secara lebih luas keberlanjutan transformasi pendidikan di universitas.

Kesimpulan

Penelitian ini menggambarkan kompleksitas dalam mengevaluasi pengetahuan dan pembelajaran dalam konteks pendidikan jarak jauh. Karena jarak fisik antara guru dan siswa, membangun kepercayaan menjadi krusial karena sulit untuk mengawasi secara langsung bagaimana siswa menyelesaikan tugas individu mereka. 

Berbagai pendekatan sedang dieksplorasi untuk membantu guru dalam menilai kinerja siswa, termasuk opsi seperti menghentikan penilaian konvensional, fokus pada penilaian diri, pengembangan portofolio keterampilan yang akan diperoleh pada akhir kursus, dan penyusunan kuis online yang dapat diakses sebelum setiap sesi pembelajaran dimulai.

Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi akuisisi pengetahuan dan evaluasi keterampilan dalam konteks pendidikan jarak jauh selama pandemi COVID-19. Penelitian ini mencoba untuk memahami tantangan dan peluang yang muncul dalam pembelajaran online, serta mencari pendekatan yang efektif dalam menilai pengetahuan dan keterampilan siswa dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh. 

Selain itu, penelitian ini juga menyoroti peran teknologi digital, seperti platform Microsoft Teams dan Zoom, dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan evaluasi kinerja siswa.

Sumber: https://univ-tours.hal.science/hal-03046424/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun