Mohon tunggu...
Wahyu Purnaningtyas
Wahyu Purnaningtyas Mohon Tunggu... Guru - Guru

A teacher in a vocational high school.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

15 November 2022   10:43 Diperbarui: 15 November 2022   10:51 324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi: SMK Manahijul Huda Ngagel-Dukuhseti-Pati

Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai:

1. Dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi (CIRC-Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi teks deskriptif (tentang tempat wisata).

2. Dengan menggunakan alat/media pembelajaran inovatif (power point interaktif, google form, worksheet) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk memahami, menganalisis, dan mempresentasikan hasil diskusi terkait materi teks deskriptif (mendeskripsikan tempat wisata) dengan baik.

Penulis: Wahyu Purnaningtyas, S. Pd

Tanggal: 17 Oktober 2022 (PPL 1)

Situasi:

1. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:

  • Rendahnya kemampuan peserta didik dalam melafalkan kosakata berbahasa Inggris.
  • Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami bacaan dalam bahasa Inggris.
  • Rendahnya minat peserta didik dalam kegiatan literasi, terlebih dalam bahasa Inggris.
  • Guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan belajar mengaja

2. Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu:

  • Dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, peserta didik menjadi sangat antusias dalam kegiatan belajar mulai dari kegiatan pendahuluan dengan apersepsi, tes kemampuan awal, menyanyikan lagu nasional, dan motivasi; kegiatan inti dengan berbagai sintak yang sesuai dengan model yang digunakan; serta kegiatan penutup dengan menyimpulkan materi, motivasi, refleksi, dan evaluasi.
  • Model dan metode pembelajaran lebih bervariasi sehingga suasana belajar menjadi lebih hidup.
  • Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik.
  • Proses pembelajaran menjadi terstruktur.
  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik.
  • Tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran.

3. Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu:

  • Membuat perangkat pembelajaran PPL 1, mendiskusikan dan mempresentasikan dengan rekan PPG, Dosen, dan Guru Pamong.
  • Mempraktekkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat.
  • Menjadi pendamping peserta didik dan fasilitator ketika proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.
  • Menyelesaikan pembelajaran dari awal (pendahuluan) hingga akhir (penutup) dan evaluasi.
  • Mengunggah video mengajar full berdurasi 90 menit.
  • Mengedit video mengajar menjadi 15 menit dan mengunggah dalam LMS yang sudah ditentukan.
  • Bertanggungjawab atas keaslian video dan seisinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun