RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Â
Satuan Pendidikan          : SMK Manahijul Huda
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : X/1
Materi Pokok               : Teks Deskriptif
Alokasi Waktu              : 4 x 45 menit (2 Pertemuan)
Kompetensi Inti (KI)
- Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
- Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.1 Menentukan fungsi sosial teks deskriptif terkait tempat wisata.
3.4.2 Menganalisis struktur teks deskriptif terkait tempat wisata.
3.4.3 Menemukan unsur kebahasaan dalam bentuk teks deskriptif terkait tempat wisata.
3.4.4 Mengklasifikasikan kata kerja dan kata sifat dalam teks deskriptif sederhana terkait tempat wisata.
4.4 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
Membuat teks deskriptif berbentuk brosur terkait tempat wisata.
Mempresentasikan secara lisan teks deskriptif yang telah dibuat terkait tempat wisata melalui video.
Tujuan pembelajaran:
Setelah melakukan pembelajaran pada materi Descriptive text (Describing Place) dengan media power point, diskusi kelompok dan model pembelajaran CIRC, peserta didik dapat:
Menentukan fungsi sosial teks deskriptif terkait tempat wisata dengan benar.
Menganalisis struktur teks deskriptif terkait tempat wisata dengan tepat.
Menemukan unsur kebahasaan dalam bentuk teks deskriptif terkait tempat wisata secara rinci.
Mengklasifikasikan kata sifat dan kata kerja dalam teks deskriptif sederhana terkait dengan tempat wisata dengan baik.
Membuat teks deskriptif berbentuk brosur terkait dengan tempat wisata dengan benar.
Mempresentasikan teks deskriptif secara lisan melalui video dengan terampil dan percaya diri.
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Religius
Percaya Diri
Bersyukur
Tanggung Jawab
Materi pembelajaran
Pengertian Teks DeskriptifÂ
Teks Deskriptif adalah sebuah jenis teks yang menjelaskan secara rinci tentang suatu objek baik itu orang, benda, maupun tempat.
Fungsi Sosial Teks Deskriptif
Social function/purpose of descriptive text is to describe particular person, place or thing. Fungsi/tujuan komunikatif dari descriptive text adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan orang, tempat atau benda tertentu.
- Struktur Teks Deskriptif (generic structure)
- Identification (identifikasi) adalah pendahuluan , berupa gambaran umum tentang suatu topik.
- Description (deskripsi) adalah berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan.
Ciri-ciri Teks Deskriptif
- Menggunakan simple present tense
- Menggunakan attribute verb, seperti be (am, is, are)
- Hanya fokus pada satu objek tersebut.
- Unsur Kebahasaan
- Kata benda yang terkait dengan orang/benda/tempat/binatang
- Kata sifat yang terkait dengan sifat orang/binatang/benda
- Kata kerja bentuk pertama (present tense)
- Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
- Rujukan kata
Metode Pembelajaran
Model      : CIRC (Cooperatif Integrated Reading and Composition)
Metode     : Ceramah, Diskusi, Presentasi
Teknik      : Thi-Sha-Sho (Thinking, Sharing, Shopping)
Media dan Alat/Bahan PembelajaranÂ
Alat              : Media LCD Projector, Laptop, Board Marker dan Papan Tulis
Bahan            : Bahan Tayang (power point), LKPD (worksheet)
Sumber Belajar     :
Kirana dkk. 2022. Modul Belajar Praktis Bahasa Inggris Untuk SMA/MA dan SMK/MAK Kelas X Semester 1. Viva Pakarindo: Klaten-Jawa Tengah.
Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri dan Contoh Deskriptive text.2013 http://www.kursusmudahbahasainggris.com/2013/09/penge rtian-tujuan-struktur-ciri-dan.html diakses pada 22 September 2022
- Henriwati. 2021. Penggunaan Metode Cooperatif Integrated Reading And Composition ( CIRC) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Descriptif Peserta Didik Kelas VIII MTSN 3 Hulu Sungai Utara (Babirik). Diakses 16 September 2022 di https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/1568
- Puspitarini. 2013. Meningkatkan Pembelajaran Membaca Teks Descriptive. Diakses pada 21 September 2022 di https://dinamikaguru.wordpress.com/2013/05/06/meningkatkan-pembelajaran-membaca-teks-descriptive/
- Materi Simple Present Tense diakses pada 22 September di  https://www.youtube.com/watch?v=GVLDo5XgxbA
KEGIATAN
PROSEDUR
PENDAHULUAN
ORIENTASIÂ
* Peserta didik bersama Guru saling memberi dan menjawab salam serta menyampaikan kabarnya masing-masing.
* Salah satu peserta didik memimpin doa sebelum memulai pelajaran. Â
* Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
* Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam setiap kegiatan pembelajaran.
MOTIVASIÂ
* Peserta didik menerima motivasi dari guru (Disiplin).
* Peserta didik bersama guru mengucapkan syukur dan mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan.
APERSEPSIÂ
* Peserta didik menyimak apersepsi dari guru tentang pelajaran sebelumnya dan mengkaitkan dengan pengalamanya sendiri sebagai bekal pelajaran berikutnya.
* Peserta didik diajukan pertanyaan oleh Guru yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Misalnya :
Have you ever visited a tourism place?
What could you find there?
How was the weather there?
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
PEMBERIAN ACUAN
Tes Kompetensi Awal
Descriptive text is . . . .
There are 2 generic structures of Descriptive Text, those are . . . . and . . . .
Tenses used in Descriptive Text is . . . .
INTIÂ
PERTEMUAN 1
Fase 1: Pengenalan Konsep
Guru memberikan contoh teks deskriptif terkait tempat wisata melalui media power point.
Peserta didik menjawab beberapa pertanyaan terkait teks deskriptif.
Guru menjelaskan kepada peserta didik terkait definition, generic structure, and language features secara sederhana.
Guru membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari 4 peserta didik pada tiap-tiap kelompok.
Peserta didik secara bersama-sama mengikuti guru melafalkan beberapa kosakata terkait teks deskriptif.
Fase 2: Eksplorasi dan Aplikasi
Guru membagikan Worksheet (LKPD) kepada setiap kelompok.
Peserta didik bekerjasama membaca dan memahami teks deskriptif dalam LKPD yang disajikan dan menemukan beberapa informasi pokok terkait tempat wisata serta memberikan tanggapan pada worksheet yang telah diberikan oleh guru.
Peserta didik menuliskan kosakata terkait kata kerja dan kata sifat dalam teks deskriptif beserta maknanya dalam worksheet tersebut. (Thinking)
Fase 3: PublikasiÂ
Masing-masing kelompok mengirim perwakilan untuk memaparkan hasil diskusi di depan kelas terkait jawaban pertanyaan dan kosakata yang ditemukan. (Sharing)
Anggota kelompok berlomba untuk mendengarkan presentasi dan mencatat kosakata-kosakata yang belum diketahui didalam buku masing-masing. (Shopping)
Guru memberikan umpan balik dan evaluasi pada masing-masing pemaparan hasil diskusi.
PERTEMUAN 2
Fase 1: Pengenalan Konsep
Guru memperlihatkan brosur terkait tempat wisata kepada peserta didik melalui power point.
Peserta didik mencerna informasi yang ada didalam teks secara berpasangan. (Thinking)
Guru memberikan beberapa pertanyaan terkait informasi yang ada pada brosur tempat wisata tersebut.
Fase 2: Eksplorasi dan Aplikasi
Peserta didik secara berpasangan berdiskusi dan menjawab pertanyaan dari guru secara lisan. (Sharing)
Guru memberikan umpan balik terkait jawaban-jawaban peserta didik.
Guru mengulas tentang brosur tempat wisata tersebut.
Peserta didik mencatat informasi-informasi penting yang sebelumnya belum mereka temukan. (Shopping)
Peserta didik diminta untuk membuat brosur tempat wisata di daerah sekitar dengan mendeskripsikan tempat wisata tersebut.
Peserta didik dipersilakan untuk mengerjakan tugas tersebut dalam smartphone agar bisa berkreasi dengan gambar-gambar yang bersumber dari internet.
Fase 3: Publikasi
Peserta didik mengunggah brosur terkait tempat wisata pada akun Instagram masing-masing.
Peserta didik membuat video terkait pembacaan brosur yang telah dibuat untuk kemudian diupload di youtube.
Peserta didik membuat tangkapan layar sebagai bukti unggah tugas di Instagram dan mengirim link youtube  kepada guru.
PENUTUP
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan melalui google form yang diberikan oleh guru.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan, mengagendakan pekerjaan rumah, dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Guru mengingatkan peserta didik untuk senantiasa rajin belajar dan mempersiapkan untuk materi selanjutnya.
Peserta didik bersama dengan guru berdoa sebelum kelas berakhir.
Guru mengucapkan salam penutup.
- Penilaian Pengetahuan
Uraian
Skor
Jawaban benar
3
Jawaban salah
2
Tidak menjawab
Total nilai:
(Skor x Jumlah soal) Â 2 = Â (3x5) 2 Â Â = 10
     3                   3
Penilaian Diri (dalam Google Form), link:Â
- KEGIATAN TINDAK LANJUT
- Pengayaan
- Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan berupa tambahan materi ajar pengayaan (terlampir di materi ajar)
- RemidialÂ
- Bagi peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial berupa evaluasi tambahan (terlampir di LKPD)
Pati, 22 September 2022
Mengetahui
Kepala SMK Manahijul Huda                      Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Masrukan                               Wahyu Purnaningtyas, S. Pd
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI