Pendalaman Materi
Pembelajaran Mata Kuliah ini dilaksanakan dalam bentuk analisis permasalahan pembelajaran yang ditemui dalam konteks kelas dan/atau sekolah dalam upaya pemecahan permasalahan tersebut. Permasalahan dapat meliputi  literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas tiga langkah: (1) identifikasi masalah, (2) eksplorasi penyebab masalah, dan (3) penentuan penyebab masalah. Aktivitas pembelajaran ini dilakukan secara daring dengan beban belajar 4 (empat) sks. (https://lms06-ppgdj.simpkb.id/)
Pada artikel kali ini saya akan membahas khusus terkait LK. 1.1 Identifikasi Masalah yang saya pelajari dan pahami dari pembelajaran sebelumnya.
Kegiatan Identifikasi Masalah mencakup kegiatan mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran di kelas terkait: penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan khusus, membangun relasi dengan siswa; melakukan disiplin positif, pemberian feedback, metode pembelajaran, masalah motivasi, materi HOTS, literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua siswa, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah terkait lainnya yang menjadi tugas keseharian guru berdasarkan pengalaman mereka saat menjadi guru.Â
LK. 1.1 Identifikasi Masalah berupa tabel yang berisikan tiga kolom isian yaitu: Jenis Permasalahan, Masalah yang Diidentifikasi, dan Analisis Identifikasi Masalah.
A. Jenis Permasalahan
Pada template LK. 1.1 Identifikasi Masalah yang sudah disediakan, terdapat enam jenis permasalahan yang harus kita identifikasi di sekolah kita masing- masing. Poin pentingnya di sini adalah masalah yang kita identifikasi adalah masalah kita pada saat kita mengajar di sekolah kita masing- masing, bukan masalah rekan sejawat kita di sekolah kita, bahkan masalah sekolah lain. Hal ini perlu menjadi perhatian, dikarenakan akan menjadi dasar pembuatan perangkat pembelajaran kita sendiri pada LK berikutnya. Adapun enam jenis permasalahan adalah sebagai berikut.
1. Pedagogik, literasi, dan numerasi,
2. Kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi guru,
3. Membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa,