Pendalaman Materi
Pembelajaran Mata Kuliah ini dilaksanakan dalam bentuk analisis permasalahan pembelajaran yang ditemui dalam konteks kelas dan/atau sekolah dalam upaya pemecahan permasalahan tersebut. Permasalahan dapat meliputi  literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas tiga langkah: (1) identifikasi masalah, (2) eksplorasi penyebab masalah, dan (3) penentuan penyebab masalah. Aktivitas pembelajaran ini dilakukan secara daring dengan beban belajar 4 (empat) sks. (https://lms06-ppgdj.simpkb.id/)
Pada artikel kali ini saya akan membahas khusus terkait LK. 1.1 Identifikasi Masalah yang saya pelajari dan pahami dari pembelajaran sebelumnya.
Kegiatan Identifikasi Masalah mencakup kegiatan mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran di kelas terkait: penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan khusus, membangun relasi dengan siswa; melakukan disiplin positif, pemberian feedback, metode pembelajaran, masalah motivasi, materi HOTS, literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua siswa, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah terkait lainnya yang menjadi tugas keseharian guru berdasarkan pengalaman mereka saat menjadi guru.Â
LK. 1.1 Identifikasi Masalah berupa tabel yang berisikan tiga kolom isian yaitu: Jenis Permasalahan, Masalah yang Diidentifikasi, dan Analisis Identifikasi Masalah.
A. Jenis Permasalahan
Pada template LK. 1.1 Identifikasi Masalah yang sudah disediakan, terdapat enam jenis permasalahan yang harus kita identifikasi di sekolah kita masing- masing. Poin pentingnya di sini adalah masalah yang kita identifikasi adalah masalah kita pada saat kita mengajar di sekolah kita masing- masing, bukan masalah rekan sejawat kita di sekolah kita, bahkan masalah sekolah lain. Hal ini perlu menjadi perhatian, dikarenakan akan menjadi dasar pembuatan perangkat pembelajaran kita sendiri pada LK berikutnya. Adapun enam jenis permasalahan adalah sebagai berikut.
1. Pedagogik, literasi, dan numerasi,
2. Kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas berdasarkan pengalaman mahasiswa saat menjadi guru,
3. Membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa,
4. Pemahaman/ pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa,
5. Materi terkait Literasi numerasi, Advanced material, miskonsepsi, HOTS, serta
6. Pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran.
B. Masalah yang Diidentifikasi
Masalah yang diidentifikasi di sini terkait masalah yang Bapak Ibu alami sendiri pada saat proses pembelajaran di sekolah. Bapak- Ibu bisa menjabarkan secara detail dari setiap Jenis Permasalahannya. Saran saya, minimal Bapak Ibu membuat tiga Masalah yang Diidentifikasi dari setiap Jenis Permasalahan.
C. Analisis Identifikasi Masalah
Terakhir, dari LK. 1.1 Identifikasi Masalah,Bapak Ibu diminta membuat Analisis Identifikasi Masalah. Analisis identifikasi masalah diisikan dengan penyebab dari Masalah yang Diidentifikasi. Saran saya juga, minimal Bapak Ibu membuat tiga Analisis Identifikasi Masalah dari setiap Masalah yang Diidentifikasi.
Demikian sedikit paparan dari saya terkait LK. 1.1 Identifikasi Masalah, semoga sedikit membantu Bapak Ibu yang sedang menyusun LK. 1.1 Identifikasi Masalah. Berikut, saya lampirkan juga contoh LK. 1.1 Identifikasi Masalah versi saya. Adapun untuk kesesuaiannya, Bapak Ibu saya harapkan senantiasa berdiskusi dengan Dosen maupun Guru Pamong Bapak Ibu sekalian. Semoga lancar Bapak Ibu.
Link contoh LK. 1.1 Identifikasi Masalah
https://docs.google.com/document/d/1FhuXGllFFqwDLrUnifl0o7JSyWrm0wiO/edit?usp=sharing&ouid=103955551433371606225&rtpof=true&sd=true
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H