Mohon tunggu...
Wahyu Kurniasih
Wahyu Kurniasih Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang suka memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 1.4. Budaya Positif

28 Agustus 2024   23:00 Diperbarui: 28 Agustus 2024   23:01 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

"AKSI NYATA MODUL 1.4. BUDAYA POSITIF"

 

Oleh : Wahyu Kurniasih

CGP Angkatan 11 Kab. Banyumas

             Pada pembelajaran akhir di Modul 1.4 ini saya melakukan aksi nyata yaitu dengan membuat kegiatan pengimbasan materi untuk rekan-rekan sejawat di sekolah saya. Kegiatan pengimbasan ini sebagai ruang untuk berbagi informasi dan sebagai ruang untuk berkolaborasi antar tenaga pendidik di sekolah saya. Saya berharap ilmu yang saya dapatkan dalam Pendidikan Calon Guru Penggerak ini dapat bermanfaat bagi orang lain terutama rekan kerja saya dalam mendidik putra putri bangsa kita tercinta ini. Kami ingin bersinergi untuk belajar bersama tentang Disiplin Positif dan bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mewujudkannya menjadi budaya positif baik dilingkup kelas maupun sekolah. Dengan waktu kurang lebih satu jam kami di pertemukan dalam sesi kegiatan pengimbasan sederhana sehingga kita dapat saling berbagi ilmu serta pengalaman di kelas kami masing-masing. Harapan saya dengan mengajak rekan satu sekolah akan berdampak lebih luas dalam pengimbasan tentang budaya positif ini.

Pada sesi kegiatan pengimbasan tersebut kami belajar banyak sekali materi modul 1.4 di antaranya adalah :

1. Disiplin positif dan nilai kebajikan universal

2. Motivasi perilaku manusia

3. Keyakinan Kelas

4. Kebutuhan dasar manusia

5. Posisi control guru

6. Segitiga restitusi

Yang saya sampaikan garis besarnya sebagai berikut :

 1. Disiplin positif adalah merupakan suatu cara penerapan disiplin yang mengajarkan anak bertanggung jawab dan menumbuhkan kesadaran diri berdasarkan nilai- nilai kebajikan. Disiplin Positif lebih ke arah disiplin diri yang dapat mengontrol diri dalam melakukan segala tindakan. Disiplin diri dapat membuat murid memahami dan menyadari berdasarkan motivasi internal, bukan akibat paksaan, pujian, ataupun hukuman.

2. Motivasi Perilaku Manusia. Motivasi perilaku manusia meliputi:

a. Untuk mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain.

b. Untuk menghindari ketidaknyamanan atau hukuman.

c. Untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai- nilai yang mereka percaya.

3. Keyakinan kelas/sekolah. Dalam mewujudkan keyakinan kelas, guru berperan dalam mewujudkan terbentuknya keyakinan sekolah atau kelas dengan adanya kesepakatan antara guru dan murid.Keyakinan sekolah atau kelas berupa pernyataan-pernyataan universal yang mudah diingat dan dipahami dan harus diterapkan di lingkungan sekolah.

4. Kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan dasar manusia meliputi:

a. Bertahan hidup

b.Kasih sayang & rasa diterima

c. Penguasaan

d. Kebebasan

e. kesenangan

5. Posisi Kontrol Restitusi. Peran guru di dalam proses pembelajaran:

a. Guru sebagai Penghukum

b. Guru sebagai Pembuat Rasa Bersalah 

c. Guru sebagai Teman 

d. Guru sebagai Pemantau

e. Guru sebagai Manajer

Diantara kelima posisi kontrol tersebut sebaiknya seorang guru menggunakan posisi kontrol sebagai MANAJER. Sebagai Manajer, guru dapat berbuat sesuatu bersama murid, mempersilakan murid bertanggung jawab dan mendukung murid agar dapat menemukan solusi.

6. Segitiga Restitusi.

Tahapan segitiga restitusi meliputi:

a. Menstabilkan Identitas

b. Validasi Tindakan yang Salah

c. Menanyakan Keyakinan

            Demikianlah garis besar materi yang saya sampaikan dalam kegiatan pengimbasan materi modul 1.4 Budaya Positif. Melalui kegiatan kali ini saya berharap rekan sejawat bisa mengimplementasikan sedikit pengetahuan yang didapatkan di kelas mereka masing-masing sehingga budaya positif bisa terwujud di sekolah kami. Tentu banyak sekali hal yang perlu saya perbaiki dalam pelaksanaan kegiatan ini, untuk itu saran dan masukan baik dari fasilitator, pengajar praktik, kepala sekolah dan rekan sejawat akan menjadi sangat berarti untuk perbaikan pada kegiatan- kegiatan yang akan saya lakukan berikutnya.

Salam guru penggerak

Tergerak, bergerak, dan menggerakkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun